Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Vitamin Dan Mineral Untuk Ibu Hamil

Vitamin Dan Mineral Untuk Ibu Hamil | Tips Kesehatan

Bagi wanita hamil, penting sekali memperhatikan kebutuhan nutrisi tambahan seperti vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Ada banyak sekali vitamin dan mineral yang diperlukan oleh ibu hamil dan janin, bisa diperoleh dari konsumsi makanan sehari-hari juga suplemen yang tersedia di apotek. Berikut sumber vitamin dan mineral yang dianjurkan bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

Sumber vitamin dan mineral penting yang dianjurkan bagi ibu hamil diantaranya:

1. Vitamin D (Kalsiferol)

Fungsi vitamin D bagi ibu hamil adalah untuk membantu penyerapan kalsium pada usus dan masuknya kalsium dari darah dan jaringan ke sel-sel tulang untuk menguatkan tulang. Jika kekurangan vitamin D akan memberikan dampak negatif pada tulang sehingga tidak tumbuh secara maksimal.

Ibu hamil bisa mendapatkan asupan vitamin D secara alami dari ikan seperti salmon dan sarden, telur, dan daging. Selain itu, berjemur di bawah sinar matahari merupakan sumber vitamin D terbaik bagi tubuh Anda. Dosis vitamin D yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil adalah minimal 2,5 mg sampai 10 mg.

2. Kalsium

Kalsium memiliki peran penting dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Ibu hamil membutuhkan vitamin D dan kalsium selama masa kehamilan berfungsi untuk menunjang pertumbuhan tulang dan otot, perkembangan jantung dan saraf yang sehat, serta mencegah keracunan dalam kehamilan, mencegah preeklampsia, mencegah pengeroposan tulang ibu.

Dosis kalsium yang dapat dikonsumsi ibu hamil perhari sebanyak 1000-1500 mg. Jika Ibu hamil kurang mengkonsumsi kalsium pada masa kehamilan, maka janin dalam kandungan akan mengambilnya dari cadangan kalsium pada tulang Ibu. Hal ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada ibu dan janin, seperti: risiko osteoporosis, kram selama kehamilan, sakit gigi, dan gangguan pertumbuhan tulang pada janin.

Sumber kalsium alami terdapat pada makanan seperti tahu, tempe, kacang merah, susu kedelai, susu, keju, yogurt, sayuran hijau, ikan sardin, ikan salmon, dan kacang-kacangan.

3. Zat Besi (Fe)

Ibu hamil memerlukan asupan zat besi yang cukup sebagai suplemen pembentukan hemoglobin di dalam tubuh. Fungsi sel darah merah yaitu mengalirkan oksigen keseluruh tubuh dan janin dalam kandungan.

Oleh karena sifatnya yang penting ini sehingga zat besi tergolong pada suplemen wajib yang harus dikonsumsi ibu hamil, biasanya diberikan secara cuma-cuma di posyandu atau puskesmas. Jika ibu hamil kekurangan zat besi (Fe) pada masa kehamilan maka akan mengalami anemia defisiensi zat besi, abortus/keguguran, partus prematurus.

Ibu hamil diwajibkan mengkonsumsi zat besi sebanyak 90 butir selama kehamilan atau sebanyak 30-60 mg/hari.

Perlu diketahui, suplemen zat besi yang wajib dikonsumsi ibu hamil tersebut dapat menimbulkan efek samping berupa konstipasi (susah BAB), diare dan perasaan mual. Sehingga selain mengkonsumsi suplemen zat besi (Tablet Fe) sebagai penunjang, anda juga dapat menemukan zat besi (Fe) ini didalam daging non lemak, sayur hijau, dan kacang-kacangan.

4. Asam Folat

Asam folat merupakan nutrisi penting selama masa kehamilan. Mengkonsumsi asam folat dapat mencegah terjadinya neural tube defect (NTD) yaitu kondisi cacat pada sistem persyarafan bayi.

Neural tube defect (NTD) biasa ditemukan pada bulan pertama kehamilan, sehingga apabila seorang wanita hendak merencanakan kehamilan sebaiknya dapat mulai mengonsumsi asam folat sebanyak 400-800 mcg/hari.

Sumber asam folat dapat ditemukan pada makan sehari-hari seperti:

  • Sayur-sayuran hijau seperti bayam, asparagus, brokoli, kubis, sawi hijau, lobak hijau, dan selada.
  • Buah-buahan seperti alpukat, buah bit, jus jeruk, jus tomat, pepaya, pisang, cantaloupe atau melon jingga.
  • Ikan salmon
  • Hati sapi.
  • Susu dan produk olahannya.
  • Daging unggas.

5. Seng (Zinc)

Vitamin dan mineral penting lainnya yaitu Seng (Zinc). Seng (Zinc) memilki manfaat penting dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu dan janin. Dosis zing untuk memenuhi kebutuhan vitamin bagi ibu hamil adalah 15 mg/hari. Anda dapat menemukan seng (zinc) pada makanan tiram, daging sapi, bayam, biji labu, kacang kacangan dan jamur.

Demikian beberapa vitamin bagi ibu hamil. Anda dapat memenuhi kecukupan nutrisi selama kehamilan dengan bahan alami berupa makanan yang mengandung berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan atau dapat dibantu dengan mengkonsumsi suplemen nutrisi tambahan di apotik terdekat. Konsultasikan kepada Dokter/Bidan untuk informasi selanjutnya.

Artikel terkait Vitamin Dan Mineral Untuk Ibu Hamil

  • Perkembangan Janin Usia 8 Bulan (32-35 Minggu)

    Perkembangan Janin Usia 8 Bulan (32-35 Minggu)

    Perkembangan janin usia kehamilan 8 bulan merupakan masa penting pertumbuhan janin, berat janin akan bertambah secara signifikan pada bulan ini...

  • Waspada, Dampak Negatif Stres Saat Hamil

    Waspada, Dampak Negatif Stres Saat Hamil

    Waspada Dampak Negatif Stres Saat Hamill dapat terjadi karena beberapa kondisi seperti kehamilan yang tidak diinginkan, pengaruh hormonal, masalah ekonomi,...

  • Standar 10T Pemeriksaan Kehamilan Antenatal (ANC)

    Standar 10T Pemeriksaan Kehamilan Antenatal (ANC)

    Pemeriksaan kehamilan dengan standar 10T ANC (Ante Natal Care) dilakukan setelah didapat data diri melalui anamnesa, kemudian ibu hamil akan...

  • Perkembangan Janin Usia 7 Bulan (28-31 Minggu)

    Perkembangan Janin Usia 7 Bulan (28-31 Minggu)

    Perkembangan Janin Usia 7 Bulan, Ibu hamil disarankan melakukan USG pada minggu ini untuk melihat posisi janin, dikhawatirkan posisi janin...

  • Tips Ibu Hamil Bepergian Perjalanan Jauh

    Tips Ibu Hamil Bepergian Perjalanan Jauh

    Tips ibu hamil bepergian melakukan perjalanan jauh atau liburan, boleh jika dilakukan setelah melewati usia kehamilan 12 minggu dan sebelum...

Vitamin Dan Mineral Untuk Ibu Hamil by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Vitamin Dan Mineral Untuk Ibu Hamil via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status