Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Umur Berapa Anak Boleh Menggunakan Gadget

Umur Berapa Anak Boleh Menggunakan Gadget | Tips Kesehatan

Pertanyaan paling besar hampir seluruh orang tua didunia, sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk orang tua memperbolehkan anaknya mengakses fitur pada handphone atau bahkan memiliki ponsel sendiri? berapa persen orang tua yang memperbolehkan anaknya menggunakan ponsel sendiri? Apa yang harus dilakukan orang tua terhadap anak yang sudah kecanduan gadget?

Miris sekali melihat perkembangan anak-anak indonesia dewasa ini. Sekarang sudah jarang sekali ditemukan anak-anak bermain permainan tradisional. iyaa ga bu ibu? Padahal dulu zaman nya kita bermain seru ya..

Umur Berapa Anak Boleh Menggunakan Gadget

Anak zaman sekarang mainnya gadget, saya tidak mengatakan salah, boleh saja asal dengan pengawasan orang tua, karena zaman sudah berkembang dan teknologi semakin canggih. Namun yang menjadi perhatian adalah apabila anak umur 3 tahun bahkan bayi pun sudah mengenal gadget, dan andalannya adalah menangis jika tidak diberikan gadget, bikin bingung yaa. Akhirnya diperbolehkanlah anak-anak menggunakan gadget.

Umur Berapa Anak Boleh Menggunakan Gadget

Dikutip dari Mobile Device Usage Among Young Kids pada Studi Asia Tenggara November 2014 yang ditugaskan oleh Samsung Kidstime dengan responden sebanyak 2500 orang tua di Singapura, Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Filipina, memaparkan :

  • 98% dari orang tua di Asia Tenggara izinkan anak untuk menggunakan gadget. Anak usia 3-5 tahun menggunakan gadget untuk game (25% vs 29%) dan unutk pendidikan (26% vs 27%). Dan penggunaan gadget dari usia 6 sampai 8 tahun menggunakan gadget lebih banyak untuk game (29% vs 37%) dan kurang untuk pendidikan (20% vs 22%).
  • Anak-anak cenderung menggunakan gadget dari 1 jam per duduk. Sementara banyak orang tua dalam penelitian ini mengizinkan gadget digunakan anak-anak mereka, kebanyakan dari mereka juga percaya dalam melatih batas dan batasan untuk menyaring waktu.
  • 67% orang tua di SEA membiarkan anak-anak mereka menggunakan gadget, 18% hanya dalam keadaan tertentu dengan pengawasan orangtua, 14% anak-anaknya bahkan sudah memiki gadget sendiri.

Orang tua adalah pengguna utama lantas siapa yang akan mengawasi anak-anaknya?
Meskipun kebanyakan orang tua mengizinkan penggunaan perangkat oleh anak mereka, tetapi 77% dari mereka secara pribadi memonitor apa yang dikonsumsi dan dilihat anak-anak mereka dari gadget. Hanya 11% yang mengizinkan anggota keluarga lainnya memantau anak-anak mereka, sementara 2% tidak memonitor sama sekali. Orangtua di Thailand adalah perangkat terbesar yang memonitor di angka persentase 89%, sedangkan orang tua di Singapura monitor yang paling tidak aktif (74%).

Umur Berapa Anak Boleh Menggunakan Gadget

Penggunaan perangkat anak-anak sebagian besar di rumah (99%) dan paling sedikit di sekolah (17%). Perangkat terkadang digunakan di restoran (70%), saat bepergian (71%) atau di tempat teman (40%). Penggunaan di sekolah rendah karena beberapa alasan.

Usia berapa anak boleh memiliki ponsel atau gadget sendiri?

Tidak ada patokan yang spesifik diusia berapa, karena tingkat kedewasaan anak berbeda-beda, pendidikan moral yang diajarkan dirumah juga berbeda. Hal yang dapat orang tua lakukan adalah dengan terjun langsung memantau informasi apa saja yang anak anda cari di internet.

Apa yang harus dilakukan orang tua terhadap anak yang sudah kecanduan gadget?

1. Jika anak anda masih kecil, alihkan perhatiannya dengan mengajaknya bermain, ikut sertakan dia dalam memasak, atau jalan-jalan meski hanya keliling komplek.

2. Jika anak sudah besar, anda dapat mengubah setingan pada ponsel anak agar tidak dapat melihat gambar atau video berbau sex dan sara

3. Jika anak ingin memiliki ponsel sendiri untuk menghubungi temannya, saya rasa anak SD belum memerlukan ponsel sendiri, untuk menghubungi teman bisa dari ponsel orang tua.

4. Berikan jadwal untuk bermain gadget, sekalian mengajarkan anak disiplin tentang waktu.

5. Jangan terbujuk rayu atau tangisan anak yang meminta ponsel atau gadget.

6. Berikan pengertian dari hati ke hati dengan penuh kasih sayang, pasti anak juga akan mengerti. apalagi sebelum ia kecanduan gadget, orang tua sudah terlebih dahulu mengalihkan perhatian bahwa dengan usia yang masih dini tidak baik sering-sering bermain gadget dan memiliki ponsel sendiri.

Artikel terkait Umur Berapa Anak Boleh Menggunakan Gadget

  • Perawatan Bayi Prematur

    Perawatan Bayi Prematur

    Pengertian Bayi Prematur adalah bayi yang lahir pada kehamilan 37 minggu atau kurang. Perawatan bayi prematur diantaranya perawatan metode kangguru...

  • Tanda Menyusui Bayi Dengan Baik dan Benar

    Tanda Menyusui Bayi Dengan Baik dan Benar

    Tanda posisi menyusui bayi yg baik dan benar sangat menentukan keberhasilan menyusui, disamping itu akan meminimalisir ibu mendapat mastitis atau...

  • Cara Memandikan Bayi Prematur yang Benar

    Cara Memandikan Bayi Prematur yang Benar

    Memandikan bayi prematur harus lebih ekstra hati-hati. Selalu jaga kehangatan bayi prematur saat mandi, karena bayi prematur rentan terkena hipotermia....

  • Cara Memotong Kuku Bayi yang Baik & Benar

    Cara Memotong Kuku Bayi yang Baik & Benar

    Kuku bayi umumnya sangat cepat tubuh, boleh dipotong tapi harus dilakukan secara hati-hati, ketahui cara memotong kuku bayi jangan sampai...

  • Bahaya Kejang Pada Anak dan Cara Mengatasinya

    Bahaya Kejang Pada Anak dan Cara Mengatasinya

    Sebagai orangtua, jika anak mengalami kejang mohon untuk tidak panik, sebab kepanikan akan memberikan efek negatif kepada anak. Coba untuk...

Umur Berapa Anak Boleh Menggunakan Gadget by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Umur Berapa Anak Boleh Menggunakan Gadget via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status