Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Tips Meredakan Demam Ibu Hamil Tanpa Obat

Tips Meredakan Demam Ibu Hamil Tanpa Obat | Tips Kesehatan

Demam memang bisa dikatakan penyakit yang sudah akrab dengan orang indonesia, apalagi ketika cuaca sedang pancaroba demam itu seperti sudah bisa, namun jangan sepelekan demam jika terjadi pada ibu hamil dengan suhu diatas 38'C.

Tips Meredakan Demam Ibu Hamil Tanpa Obat | Dunia Bidan

Penyebab demam pada ibu hamil bisa karena tubuh sedang terinfeksi, baik itu terinfeksi virus maupun infeksi bakteri. Pada kasus infeksi oleh virus TORCH (Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes) dapat menyebabkan kelainan otak, jantung, penglihatan, pendengaran, dan kelainan struktur tubuh. Sementara infeksi saluran kencing dan IMS (infeksi menular seksual) yang disebabkan oleh bakteri bisa menyebar sampai ke kandungan secara langsung maupun lewat sirkulasi darah. Penyebab lainnya bisa karena perubahan suhu tubuh ibu hamil.

Tips meredakan demam pada ibu hamil tanpa obat, Berikut Penjelasannya :

1. Kompres Hangat

Tips Meredakan Demam Ibu Hamil Tanpa Obat | Dunia Bidan

Bila ibu hamil mengalami demam, sebelum minum minum obat, lakukan pertolongan pertama yaitu Kompres hangat. Masyarakat telah keliru mengompres demam dengan air dingin, mereka beranggapan karena suhu tubuh sudah panas maka harus dilawan dengan dingin, namun kompres dingin justru dapat meningkatkan pusat pengatur suhu hipotalamus, mengakibatkan badan menggigil sehingga terjadi kenaikan suhu tubuh.

Dengan kompres hangat, pori-pori akan terbuka mengeluarkan keringat sehingga panas tubuh berkurang melalui proses penguapan. Jika keringat telah keluar, secara alami suhu tubuh akan turun.

2. Menjaga temperatur lingkungan

Tips Meredakan Demam Ibu Hamil Tanpa Obat | Dunia Bidan

Naikan suhu ruangan agar tidak terlalu panas. Ibu hamil tidak dianjurkan untuk terpapar sinar matahari atau berendam di dalam air hangat dalam waktu yang lama karena bisa menyebabkan suhu tubuh semakin meningkat. Sebaiknya ibu hamil jangan mandi dulu sampai keadaan tubuh ibu stabil.

3. Istirahat dan asupan cairan yang cukup

Tips Meredakan Demam Ibu Hamil Tanpa Obat | Dunia Bidan

Perbanyak istirahat, jangan melakukan aktivitas berat. Jika tidur sebaiknya posisi tidur miring kiri atau kaki diganjal bantal. Ibu hamil minimal mengkonsumsi air putih 10gelas/hari.

4. Makan makanan hangat dan bergizi

Tips Meredakan Demam Ibu Hamil Tanpa Obat | Dunia Bidan

Demam biasanya menyebabkan ibu hamil tidak nafsu makan. Meski begitu ibu tetap harus mencukupi asupan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

5. Gunakan pakaian yang tidak terlalu tebal

Tips Meredakan Demam Ibu Hamil Tanpa Obat | Dunia Bidan

Pakailah pakaian yang tidak tebal namun tidak terlalu tipis juga asalkan dapat menyeap keringat dengan baik agar sirkulasi udara ke tubuh berjalan lancar.

Segeralah bawa ke petugas kesehatan didampingi suami atau keluarga untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Jika sakit yang dirasakan ibu hamil tidak kunjung sembuh, minum hanya obat yang diberikan oleh petugas kesehatan. Sebab ada golongan jenis tertentu yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Patuhi cara pakai dan dosis yang benar untuk cara menjaga kehamilan agar tetap sehat.

Artikel terkait Tips Meredakan Demam Ibu Hamil Tanpa Obat

  • Efek Samping Kehamilan Ektopik

    Efek Samping Kehamilan Ektopik

    Wanita yang pernah atau sedang mengalami hamil diluar kandungan (kehamilan ektopik) banyak yang khawatir dan takut jika kejadian buruk akan...

  • Cara Mengetahui Usia Kehamilan Jika Lupa atau Tidak Tahu HPHT

    Cara Mengetahui Usia Kehamilan Jika Lupa atau Tidak Tahu HPHT

    cara mengetahui usia kehamilan jika tidak tahu atau lupa HPHT, caranya dengan Palpasi abdomen ibu hamil oleh bidan atau dengan...

  • Bolehkah ibu hamil makan seblak pedas?

    Bolehkah ibu hamil makan seblak pedas?

    Bolehkah ibu hamil makan seblak pedas? apakah ibu hamil mengetahui dampak negatif jika terlalu banyak atau sering mengkonsumsi makanan seblak...

  • Fungsi Air Ketuban Dan Jenis Kelainannya

    Fungsi Air Ketuban Dan Jenis Kelainannya

    Air Ketuban (cairan amnion) adalah cairan yang bersama janin selama kehamilan diselimuti selaput seperti balon. Kelainan pada air ketuban seperti...

  • Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 1, 2, 3

    Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 1, 2, 3

    Tanda bahaya pada kehamilan Trimester 1, 2, 3 diantaranya mual muntah, demam tinggi, gejala preeklamsia, berat badan Ibu hamil tidak...

Tips Meredakan Demam Ibu Hamil Tanpa Obat by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Tips Meredakan Demam Ibu Hamil Tanpa Obat via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status