Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Tips Menggunakan Obat Yang Tepat Baik Dan Benar

  • 833
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Tips Menggunakan Obat Yang Tepat Baik Dan Benar yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Tips Menggunakan Obat yang Tepat, Baik dan Benar

  1. Gunakan obat sesuai aturan pakai yang terdapat pada label atau etiket obat. Obat jenis antibiotik harus dikonsumsi sampai habis.
  2. Tanyakan pada apoteker apabila kurang jelas mengenai obat.
  3. Cek tanggal waktu kadaluarsa obat sebelum menggunakan obat
  4. Hindari dosis ganda, Apabila dalam resep terdapat dua atau lebih obat yang mempunyai khasiat yang samabahkan jika Anda melewatkan dosis minum obat.
  5. Jika lupa menggunakan obat, maka segera gunakan obat ketika ingat jika waktunya tidak berdekatan dengan jadwal minum obat selanjutnya., namun tinggalkan apabila sudah mendekati waktu menggunakan obat selanjutnya.
  6. Simpan obat sesuai dengan petunjuk penyimpanan yang ada dalam kemasan. Kebanyakan obat disimpan dalam wadah tertutup baik, terhindar dari sinar matahari langsung dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.
  7. Musnahkan obat yang rusak atau telah kadaluarsa denga terlebih dahulu dikeluarkan dari kemasannya, kemudian direndam dalam air lalu dipendam dalam tanah.

Gunakan obat dengan bijak, jangan pertaruhkan kesehatan anda dengan mengkonsumsi obat yang sudah rusak karena akan menambah masalah pada kesakitan anda. Perhatikan juga cara menyimpan obat yang baik dan benar Seperti yang dianjurkan oleh menteri kesehatan bidang Farmasi dalam materi promosi GEMA CERMAT (Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat).

Baca Juga: Tips menghindari obat palsu

Tips Menggunakan Obat Yang Tepat Baik Dan Benar

Temukan informasi dan tips seputar Tips Menggunakan Obat Yang Tepat Baik Dan Benar melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel Terkait

  • Cara Cuci Tangan 7 Langkah Yang Baik & Benar

    Cara Cuci Tangan 7 Langkah Yang Baik & Benar

    Mencuci tangan dengan cepat kemungkinan akan ada bagian yang terlewat. Cuci tangan dilakukan kurang lebih 45 detik saja namun efektif...

  • Cara Menyimpan Obat Dengan Baik & Benar

    Cara Menyimpan Obat Dengan Baik & Benar

    Penyimpanan obat yang baik dan benar menurut anjuran menteri kesehatan bidang Farmasi dalam materi promosi GEMA CERMAT (Gerakan Masyarakat Cerdas...

  • Etiologi Penyebab Terjadi Aborsi Abortus Keguguran

    Etiologi Penyebab Terjadi Aborsi Abortus Keguguran

    Etiologi/Penyebab Terjadi Aborsi/Abortus/Keguguran Pada Ibu Hamil Dari Segi Maternal Secara Umum yaitu: Infeksi akut, Infeksi kronis, Penyebab yang bersifat lokal,...

  • Macam Kelainan Pada Menstruasi

    Macam Kelainan Pada Menstruasi

    Terdapat beberapa macam kelainan pada mestruasi seperti dismenorea, amenorea, oligomenorea, polimenorea, hipomenorea, hipermenorea, menorraghia, metrorraghia, PMS (Pra Menstrual Syndrom).

  • 7 Langkah Cara Cuci Tangan

    7 Langkah Cara Cuci Tangan

    7 Langkah cuci tangan merupakan cara membersihkan tangan dengan mengikuti prosedur yang benar untuk membunuh kuman,virus dan bakteri terutama penyakit...

DMCA.com Protection Status