Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Tips Mencegah Wasir

Tips Mencegah Wasir | Tips Kesehatan

Wasir adalah salah satu jenis gangguan kesehatan yang sangat menyakitkan namun juga memalukan. Wasir itu sendiri adalah sebuah kondisi dimana terjadinya peradangan atau pembengkakan yang terjadi di dalam saluran anus atau di bibir anus itu sendiri. Dalam kamus, Hemoroid atau wasir atau ambeien adalah pembengkakan vena di dalam anus bagian bawah.

Hemoroid ada dua macam, yaitu internal dan eksternal. Hemoroid internal dimana pembengkakan terjadi didalam anus atau rektum bawah. Sedangkan Hemoroid eksternal berada di luar pembukaan anus dimana pembengkakan terjadi di luar atau menonjol keluar dari rektum sehingga dapat terlihat dengan jelas.

Tips keseharian yang bisa dilakukan untuk mencegah wasir

1. Mengkonsumsi banyak makanan berserat

Wasir disebabkan oleh adanya tekanan yang sangat besar pada daerah anus atau pada bagian bawah rektum. Tekanan ini bisa terjadi karena banyak hal dan salah satunya adalah penekanan feses yang keras serta pemaksaan pada waktu mengejan. Hal ini sebenarnya bisa dicegah dengan banyak mengkonsumsi serat yang akan membuat feses menjadi lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan.

2. Konsumsilah air yang cukup

Mengkonsumsi air putih sekitar 2 liter (sekitar 8 gelas) setiap harinya memiliki banyak sekali manfaat kesehatan termasuk diantaranya adalah membantu proses buang air besar menjadi lebih lancar. Konsumsi air yang cukup juga bisa didapatkan bukan hanya dengan minum air putih namun juga dengan makan buah-buahan berair, susu dan sumber cairan lain (selain kopi dan teh yang bisa menyebabkan diuretik ).

3. Menjaga asupan garam

Konsumsi garam yang berlebihan bukan hanya bisa memicu terjadi tekanan darah tinggi namun bisa juga menyebabkan cairan dalam tubuh menjadi menyusut. Bila cairan dalam tubuh kurang, bisa memicu terjadinya pembengkakan di beberapa jaringan tubuh termasuk di daerah rektum.

4. Hindari mengejan pada saat buang air besar

Dengan mengkonsumsi serat dan minum yang cukup, proses buang air besar bisa berjalan lancar tanpa perlu bersusah payah untuk mengejan.

6. Mengurangi mengangkat beban yang terlalu berat

Penelitian menunjukkan kelebihan beban pada tubuh bagian bawah, dapat menekan pembuluh darah di sekitar anus dan menyebabkan hemaroid. Jadi, ketika berolahraga angkat beban, ingat untuk bernapas secara teratur untuk meringankan beban dan tekanan pada kuartal belakang tubuh Anda. 

7. Menurunkan berat badan

Berat badan berlebih meningkatkan resiko seseorang untuk menderita wasir dan juga berbagai jenis penyakit lainnya.

8. Menghindari duduk dalam jangka waktu lama

Duduk dalam waktu yang terlalu lama dalam jangka waktu yang panjang dipercaya meningkatkan resiko seseorang terkena wasir. Bila pekerjaan Anda menuntut Anda untuk duduk sepanjang hari, Anda bisa mensiasatinya dengan melakukan perenggangan setiap satu jam sekali atau berdiri dan berjalan-jalan sesekali.

9. Olahraga secara teratur

Melakukan beberapa olahraga ringan secara teratur adalah salah satu kunci penting dalam upaya pencegahan berbagai jenis penyakit termasuk wasir.

10. Jangan menahan BAB 

Menahan keinginan untuk BAB karena alasan tidak ada toilet. Hal ini sebenarnya bisa meningkatkan risiko kekambuhan hemoroid. Menahan  kotoran  terlalu lama dapat membuatnya mengeras dan kering di dalam usus dan akhirnya susah untuk dikeluarkan, menurut Cleveland Clinic.  Jadi, upayakan untuk BAB sebelum bepergian atau berusalah lebih keras mencari toilet umum saat muncul keinginan BAB ketika Anda jauh dari rumah.

Berbagai tindakan pencegahan tersebut perlu dilakukan sejak dini dan bukan hanya saat gejala-gejala wasir mulai dirasakan. Namun, ada kalanya penyakit ini tidak bisa dihindari. Untuk Anda yang menderita penyakit wasir, berbagai tindakan yang masuk dalam tindakan pencegahan diatas tetap perlu dilakukan. Selain itu, ada juga beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit dan juga untuk menyembuhkan wasir itu sendiri, berupa:

  • Berendam dalam air hangat Hal ini bisa membantu untuk melancarkan peredaran darah di daerah anal dan sekitarnya
  • Memberikan kompres dingin, Kompres dingin yang ditempelkan pada area yang membengkak bisa membantu mengecilkan pembengkakan
  • Jagalah kebersihan pada daerah intim dan sebaiknya tidak menggunakan bahan-bahan kimia atau yang mengandung alkohol serta pewangi untuk daerah tersebut
  • Mengkonsumsi obat. Ada berbagai jenis obat pereda rasa nyeri yang bisa dikonsumsi untuk meredakan rasa sakit yang muncul
  • Memilih pengobatan herbal. Ada berbagai jenis bahan alami yang bermanfaat untuk wasir.
  • Penggunaan bahan alami tergolong aman, mudah didapatkan, terjangkau dan bisa memberikan hasil yang lebih efektif dibandingkan obat konvensional.

Sebaiknya jika anda memiliki tanda gejala wasir atau ambeien segera periksa ke dokter, dan jalani hidup sehat serta makanan yang sehat. 

Pada kasus wasir yang parah, tindakan pembedahan atau operasi adalah satu-satunya jalan keluar. Banyak orang yang enggan untuk melakukan tindakan yang satu ini karena bukan hanya biayanya yang cukup mahal, proses penyembuhannya sendiri juga bisa cukup lama. Oleh karena itu, jalan terbaik untuk menghindari operasi adalah dengan melakukan berbagai upaya untuk tidak mengidap wasir sejak dini alias melakukan tindakan pencegahan.

Artikel terkait Tips Mencegah Wasir

  • Diagnosa Serta Penanganan Asma dan Bronkitis

    Diagnosa Serta Penanganan Asma dan Bronkitis

    Ketahui Diagnosa dan Penanganan Asma dan Bronkitis, meskipun memiliki tanda dan gejala yang sama, namun keduanya berbeda ditinjau dari penyebab...

  • Jenis Pembalut Wanita

    Jenis Pembalut Wanita

    Pembalut merupakan barang wajib bagi wanita yang pasti akan digunakan setiap periode ketika menstruasi atau pasca melahirkan/keguguran. Jenis pembalut :...

  • Fakta Hubungan Perokok Dengan Kejadian Hipertensi

    Fakta Hubungan Perokok Dengan Kejadian Hipertensi

    Hipertensi merupakan bagian dari gangguan organ jantung yang disebabkan oleh perilaku individu yang kurang menjaga kesehatan. Menurut teori Blum mengatakan...

  • Pantangan Makanan Untuk Penderita Asam Urat

    Pantangan Makanan Untuk Penderita Asam Urat

    Ada banyak pentangan makanan untuk penderita asam urat diantaranya kacang-kacangan, jeroan, seafood, dendeng olahan, sayuran berwana putih, daun singkong, dan...

  • Sembelit? Coba Makanan Pelancar BAB ini

    Sembelit? Coba Makanan Pelancar BAB ini

    Sembelit atau dikenal juga dengan sebutan konstipasi adalah gangguan pada pencernaan yang mengakibatkan orang atau bahkan hewan menjadi sulit untuk...

Tips Mencegah Wasir by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Tips Mencegah Wasir via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status