Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Tips Ibu Hamil Bepergian Mudik Dengan Pesawat

Tips Ibu Hamil Bepergian Mudik Dengan Pesawat | Tips Kesehatan

Siapa yang akan mampu menahan rindu kampung halaman ketika masa-masa mudik tiba? pasti tidak ada, tidak ada yang mampu menahan untuk melewatkan mudik meski ia sedang hamil sekalipun. Yaa, masa-masa mudik memiliki daya tarik sendiri dan sudah menjadi tradisi semua orang sibuk mencari tiket jauh dari hari raya agar tidak kehabisan tiket, baik itu tiket bis, kereta atau pesawat.

Berbicara soal ibu hamil melakukan perjalanan jauh, telah kita bahas pada artikel sebelumnya mengenai bolehkah ibu hamil bepergian? hingga saat ini belum ada laporan mengenai adanya bahaya perjalanan udara terhadap kesehatan janin.

Tetapi memang ada beberapa maskapai yang membatasi ibu hamil bepergian dengan pesawat udara, misalnya diperbolehkan jika ia sudah memberikan surat keterangan sehat untuk bepergian diatas usia 32 minggu. Oleh karena itu, ibu hamil penting untuk memeriksa ke maskapai penerbangan yang akan digunakan, apakah ada syarat tertentu untuk penumpang yang sedang hamil yang harus dipenuhi.

Tips ibu hamil mudik menggunakan pesawat:

  1. Mintalah posisi duduk dekat lorong pesawat agar ibu hamil dapat bergerak bebas, misalnya jika ia hendak pergi ke toilet.
  2. Duduk dalam posisi tegak dan menggunakan sabuk pengaman dibawah perut
  3. Konsumsi banyak cairan agar tubuh tidak dehidrasi. Hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh karena dapat menyebabkan retensi cairan.
  4. Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman, anda juga dianjurkan memakai stocking khusus untuk membantu mengurangi risiko trombosis (terbentuknya bekuan darah dalam pembuluh darah)
  5. Sebisa mungkin luangkan waktu untuk berjalan-jalanlah sebentar di lorong agar sirkulasi darah menjadi lancar atau jika tidak memungkinkan lakukan gerakan peregangan pada tungkai tiap beberapa jam sekali.

Meski naik pesawat tergolong aman untuk ibu hamil, namun dapat meningkatkan resiko terjadinya berbagai penyakit seperti oksigen dalam darah menurun, penggumpalan sarah pada pena, dan bahkan sampai mengalami keguguran. Jangan memaksakan untuk pergi jika dokter sendiri tidak menyarankan anda melakukan perjalanan jauh.

Artikel terkait Tips Ibu Hamil Bepergian Mudik Dengan Pesawat

  • Bolehkah Ibu Hamil Bepergian?

    Bolehkah Ibu Hamil Bepergian?

    Kondisi hamil tidak akan memundurkan keinginan seorang traveller untuk bepergian, namun bolehkan ibu hamil bepergian? Kapan waktu yang diperbolehkan untuk...

  • Penyebab dan Faktor Risiko Kehamilan Ektopik

    Penyebab dan Faktor Risiko Kehamilan Ektopik

    Siapa saja yang berisiko mengalami kehamilan ektopik (hamil diluar kandungan)? Cari tahu penyebab dan faktor risiko kehamilan ektopik pada artikel...

  • Kehamilan Kembar (Gemelli)

    Kehamilan Kembar (Gemelli)

    Pengertian kehamilan kembar (Gemelli) adalah suatu kondisi wanita mengandung 2 janin bahkan lebih dalam satu waktu kehamilan. Kehamilan kembar (Gemelli)...

  • Waspada Hipertensi Pada Ibu Hamil

    Waspada Hipertensi Pada Ibu Hamil

    Hipertensi pada ibu hamil atau disebut juga Hypertensi Gravidarum adalah kondisi tekanan darah tinggi wanita ketika hamil mencapai lebih dari...

  • Ketidaknyamanan pada Kehamilan Trimester 1

    Ketidaknyamanan pada Kehamilan Trimester 1

    Ketidaknyamanan kehamilan trimester 1 usia 0 - 12 minggu/3 bulan yang dialami oleh ibu hamil masa kehamilan mengakibatkan perubahan fisik...

Tips Ibu Hamil Bepergian Mudik Dengan Pesawat by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Tips Ibu Hamil Bepergian Mudik Dengan Pesawat via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status