Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Tanda Persalinan/Melahirkan Sudah Dekat

Tanda Persalinan/Melahirkan Sudah Dekat | Tips Kesehatan

Ketika sudah memasuki usia kehamilan 38 minggu, Ibu hamil sudah harus mempersiapkan persalinan meliputi barang bawaan yang wajib dibawa saat bersalin juga persiapan mental ibu dalam menyambut kelahiran si kecil.

Tanda persalinan sudah dekat dikategorikan sebagai tanda kemungkinan, tanda awal dan tanda positif. Kategori ini membantu memutuskan kapan ibu benar-benar mengalami persalinan. Perhatikan bahwa tidak semua tanda ini mungkin di alami dan bahwa tanda-tanda tersebut tidak harus terjadi berurutan. Simak selangkapnya dibawah ini:

Tanda Persalinan Melahirkan Sudah Dekat Waktunya dikategorikan sebagai berikut.

1. Tanda Kemungkinan Persalinan adalah bisa atau tidak menjadi awal dari persalinan, waktu akan menentukan.

  • Sakit pinggang: Nyeri yang terasa ringan, namun mengganggu dapat hilang dan terasa disebabkan oleh kontraksi dini.
  • Kram pada perutbagian bawah: Seperti kram menstruasi, dapat disertai rasa tidak nyaman di paha. Dapat terus menerus atau terputus.
  • Tinja yang lunak: Buang air beberapa kali dalam beberapa jam, dapat disertai dengan kram perut atau gangguan pencernaan.
  • Desakan untuk bebenah: Lonjakan energi yang mendadak menyebabkan anda banyak melakukan aktivitas ekstra ini sebagai tanda bahwa mempunyai kekuatan dan stamina untuk menjalani persalinan, cobalah menghindari aktifitas yang melelahkan. seperti: anda ingin segera naik ke tempat tidur dan memulai mengedan padahal pembukaan serviks belum lengkap.

2. Tanda Awal Persalinan adalah tanda perkembangan. tetapi tetap dikaitkan dengan proses persalinan awal atau pra-persalinan.

  • Kontraksi yang tidak berkembang: Kontraksi cenderung mempunyai panjang, kekuatan dan frekuensi yang sama. Kontraksi pra-persalinan dapat berlangsung singkat atau terus menerus selama beberapa jam sebelum berhenti atau mulai berkembang menyebabkan pelunakan dan penipisan dari leher rahim, meskipun sebagian besar pembukaan belum terjadi sampai nanti anda mengalami tanda positif.
  • Keluar lendir bercampur darah yaitu berupa aliran lendir yang bernoda darah dari v@gina disebabkan oleh Dilatasi serviks. Dapat berlangsung beberapa jam sebelum persalinan. Hal tersebut normal terjadi dan ibu diharapkan jangan cemas ketika mengalami kejadian tersebut. 
  • Rembesan cairan ketuban dari v@gina, disebabkan oleh robekan kecil pada membran plasenta. Umumnya terjadi beberapa jam atau sehari sebelum persalinan berlangsung. Diharapkan untuk segera memeriksakan ke Bidan jika ibu merasa khawatir dengan hal tersebut.

3. Tanda Positif adalah tanda paling jelas bahwa leher rahim melebar. 

  • Kontraksi yang berkembang: terasa lebih lama, lebih kuat atau lebih dekat jaraknya biasanya disebut "sakit" atau "sangat kuat" di daerah perut menjalar sampai ke pinggang.
  • Aliran cairan ketuban yang deras dari v@gina disebabkan oleh robekan membran yang besar, sering disertai dengan kontraksi yang berkembang.
  • Pelebaran leher rahim yang membuka sebagai respon terhadap kontraksi yang berkembang, dapat diketahui oleh Bidan melalui pemeriksaan dalam VT (V@gina to see).

Ketika ibu bersalin sudah mencapai tanda awal persalinan diharapkan sudah berada di fasilitas kesehatan pilihan, baik itu tempat praktek Bidan, klinik bersalin, puskesmas, atau rumah sakit. 

Kenapa tidak boleh bersalin atau melahirkan di rumah pasien?

Menurut peraturan pemerintah yang tertulis dalam Permenkes No. 97 Tahun 2014 Pasal 14 ayat (1) yang berbunyi persalinan harus dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) tidak berarti adanya larangan bidan untuk melakukan persalinan di luar Fasyankes.

Sebab lain dari peraturan yang telah ditetapkan oleh kementrian kesehatan adalah Ketika melahirkan dirumah pasien sangat beresiko karena minimnya peralatan yang tersedia di rumah pasien tersebut, dikhawatirkan persalinan yang berlangsung normal pada awalnya, namun kemudian terjadi penyulit atau keadaan bayi yang buruk ketika lahir sehingga membutuhkan pertolongan alat segera. Itulah kenapa tidak boleh melahirkan di rumah pasien.

Artikel terkait Tanda Persalinan/Melahirkan Sudah Dekat

  • HIS atau Kontraksi Persalinan

    HIS atau Kontraksi Persalinan

    Seperti apa rasanya His atau kontraksi persalinan? Berikut panduan untuk tahu jenis HIS kontraksi persalinan sejati atau kontraksi palsu (braxton...

  • Mekanisme Penurunan Kepala Saat Proses Melahirkan Normal

    Mekanisme Penurunan Kepala Saat Proses Melahirkan Normal

    Adapun gerakan-gerakan janin dalam proses persalinan yang biasa disebut dengan mekanisme penurunan kepala saat proses melahirkan normal, diantaranya: Penurunan kepala...

  • Proses Persalinan (KALA I/1, II/2, III/3, IV/4)

    Proses Persalinan (KALA I/1, II/2, III/3, IV/4)

    Proses persalinan normal terdiri dari beberapa fase diantaranya kala 1 pembukaan, kala 2 persalinan (kelahiran bayi), kala 3 pengeluaran plasenta,...

  • Baby Blues Syndrom, Depresi Ringan Pasca Melahirkan

    Baby Blues Syndrom, Depresi Ringan Pasca Melahirkan

    Apa itu Syndrom Baby Blues atau maternal syndrom adalah suatu kondisi gangguan psikologis yang dialami oleh 50%-80% ibu pasca melahirkan....

  • Apa Itu Persalinan Anjuran?

    Apa Itu Persalinan Anjuran?

    Persalinan Anjuran adalah persalinan yang berlangsung setelah dianjurkan dengan suatu perbuatan atau tindakan. Misalnya : dengan pemecahan ketuban atau dengan...

Tanda Persalinan/Melahirkan Sudah Dekat by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Tanda Persalinan/Melahirkan Sudah Dekat via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status