Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Tanda Menyusui Bayi Dengan Baik dan Benar

Tanda Menyusui Bayi Dengan Baik dan Benar | Tips Kesehatan

Dari posisi cara menyusui diatas pastinya kenyamanan akan dirasakan bayi. Diantara Tanda-tanda bayi telah berada dalam posisi menyusu yang baik adalah:

  1. Seluruh tubuhnya berdekatan dan terarah pada pada ibu.
  2. Mulut dan dagunya berdekatan dengan payudara.
  3. Areola tidak terlihat dengan jelas
  4. Bayi terlihat melakukan isapan yang lamban dan dalam serta menelan ASI-nya.
  5. Bayi terlihat tenang dan senang.
  6. Ibu tidak merasakan adanya nyeri pada puting susu.

Tips ibu menyusui bayi

  • Sebaiknya ibu menyusui belajar untuk memperagakan menyentuh bibir atas bayi dengan puting susu ibu. Sasarannya adalah memposisikan bibir bawah paling sedikit 1,5 cm dari pangkal puting susu.
  • Bayi harus mengulum sebagian besar areola puting ke dalam mulutnya, bukan hanya ujung puting susunya. Hal ini akan memungkinkan bayi menarik sebagian dari jaringan payudara masuk ke dalam mulutnya ddengan lidah dan rahang bawah.
  • Bila diposisikan dengan benar, sinus laktiferus akan berada di dalam rongga mulut bayi. Puting susu akan masuk sampai sejauh langit-langit lunak (velum palatinum) dan bersentuhan dengan langit-langit tersebut. Sentuhan ini akan merangsang refleks mengisap.
  • Rahang bawah bayi menutup pada jaringan payudara, pengisapan akan terjadi dan puting susu ditangkap dengan baik didalam rongga mulut, sementara lidah memberi penekanan yang berulang-ulang secara teratur sehingga ASI akan keluar dari duktus laktiferus.

Posisi ibu menyusui bayi yang baik dan benar sangat menentukan keberhasilan menyusui, disamping itu posisi yang benar saat menyusui serta dukungan dari Ayah ASI juga akan meminimalisir ibu mendapat mastitis atau ASI yang kurang lancar.

Baca Juga: Tips Agar ASI (Air Susu Ibu) Keluar Banyak & Lancar
Baca Juga: Daftar Makanan Untuk Melancarkan ASI

Artikel terkait Tanda Menyusui Bayi Dengan Baik dan Benar

  • Rumus Cara Menghitung Taksiran Berat Janin

    Rumus Cara Menghitung Taksiran Berat Janin

    Rumus cara menghitung taksiran berat janin terbagi 2 cara yaitu jika sudah masuk PAP dan belum masuk PAP. Dalam artikel...

  • Pubertas Dini dan Pubertas Terlambat

    Pubertas Dini dan Pubertas Terlambat

  • Apa Penyebab Obesitas Pada Anak?

    Apa Penyebab Obesitas Pada Anak?

    Obesitas adalah kondisi medis seseorang yang mengalami kelebihan lemak didalam tubuhnya sehingga menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan bahkan dapat berujung...

  • Posisi Perlekatan Menyusui Bayi yang Benar

    Posisi Perlekatan Menyusui Bayi yang Benar

    Proses menyusui tidak akan berhasil jika ibu tidak mengetahui posisi perlekatan saat menyusui antara put!ng dan mulut bayi yang baik...

  • Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Normal

    Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Normal

    Waktu terbaik untuk memandikan bayi adalah ketika bayi sudah cukup tidur sehingga tidak rewel, Ibu pasca melahirkan juga harus tahu...

Tanda Menyusui Bayi Dengan Baik dan Benar by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Tanda Menyusui Bayi Dengan Baik dan Benar via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status