Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Tanda Gejala Ibu Hamil Mengalami Anemia

  • 3K
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Tanda Gejala Ibu Hamil Mengalami Anemia yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Anemia pada ibu hamil dapat menyebabkan pendarahan, berat bayi lahir rendah, keguguran, jiwa ibu terancam, dan kematian bayi, jika tidak ditangani dan dicegah sedari dini.

Bahaya Anemia Pada Kehamilan (Mansjoer dkk, 2008):

  1. Bahaya anemia pada kehamilan trimester I, anemia dapat menyebabkan terjadinya missed abortion, kelainan congenital, abortus / keguguran.
  2. Bahaya anemia pada kehamilan trimester II, anemia dapat menyebabkan terjadinya partus premature, perdarahan antepartum, gangguan pertumbuhan janin dalam rahim, asfiksia intrapartum sampai kematian, mudah terkena infeksi, hingga kematian ibu.
  3. Bahaya ibu hamil dengan anemia saat persalinan menyebabkan gangguan his primer, sekunder, janin lahir dengan anemia, persalinan dengan tindakan-tindakan tinggi karena ibu cepat lelah dan gangguan perjalanan persalinan perlu tindakan operatif.

TipsKesehatan.org

Bagaimana mengenali anemia pada ibu hamil?

Selain dengan dilakukan pemeriksaan Haemoglobin (Hb) menggunakan HB sahli, anemia dapat dikenali meskipun tanpa menggunakan alat bantu yaitu melalui pemeriksaan fisik dan melihat keadaan umum ibu hamil.

Berikut cara mengenali tanda ibu hamil mengalami anemia (Hunter dkk, 2011)

  1. Berkurangnya konstrasi ibu hamil, terlihat sering melamun.

  2. Mengeluh sering pusing, mual dan mengalami sariawan.

  3. Berkurang nafsu makan dan berefek pada stamina yang kurang bersemangat.

  4. Pandangan berkunang-kunang terutamanya pada saat kondisi yang berubah secara mendadak seperti saat duduk kemudian tiba-tiba harus bangkit.  

  5. Wajah dan bibir tampak pucat, kuku tipis kering, kelopak mata (conjungtiva) tampak pucat.

  6. Rambut kering, tipis dan rapuh atau rontok.

  7. Denyut jantung cepat dan pernafasan juga cepat.

  8. Daya tahan tubuh menurun, akibat jumlah zat besi yang berkurang. Zat besi yang kurang dari 10 g/dL menyebabkan kadar sel darah putih menjadi menurun sehingga kekuatan melawan bakteri pun berkurang.

Upaya pencegahan anemia pada ibu hamil dengan cara ibu hamil banyak mengkonsumsi sayuran, makanan yang mengandung zat besi tinggi, dan mengkonsumsi tablet Fe selama 90 hari, kemudian hindari konsumsi kafein berlebih.

Tanda Gejala Ibu Hamil Mengalami Anemia

Temukan informasi dan tips seputar Tanda Gejala Ibu Hamil Mengalami Anemia melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel terkait Tanda Gejala Ibu Hamil Mengalami Anemia

DMCA.com Protection Status