Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Tanaman Herbal untuk Hipertensi dari Buah dan Sayuran

Tanaman Herbal untuk Hipertensi dari Buah dan Sayuran | Tips Kesehatan

Indonesia kaya dengan obat-obatan herbal, mulai dari madu sampai macam-macam apotek hidup ada. Dari sakit pusing biasa sampai sakit kanker bisa disembuhkan oleh tanaman-tanaman dari tanah Indonesia. Tidak perlu lagi mengacu pada produk herbal dari China. Karena produk herbal asli Indonesia sudah mulai mendunia. Dengan dibukanya Open Market 2015, produk herbal buatan Indonesia akan mempengaruhi market share penjualan dari herbal China.

Obat hipertensi juga ada dari produk herbal. Banyak sekali tanaman ataupun buah-buahan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Misalnya mengkudu, kulit manggis, dan seledri. Buah-buahan ini sudah tumbuh dan berkembang di Indonesia, jika repot untuk mengolahnya menjadi jus, bisa saja langsung membeli jadi produk jus tersebut.

Hipertensi dikarenakan tekanan darah sistol/diastolnya naik melebihi normal. Jika tekanan darah terlalu tinggi bisa terjadi stroke dan bisa pula terjadi kematian dengan pecahnya pembuluh darah. Jadi untuk lebih amannya, bagi siapapun yang berumur 40 tahun keatas, lebih baik sudah mulai mengkonsumsi jus buah penurun hipertensi. Minimal untuk antidepresant, agar pikiran lebih tenang dan tekanan darah menjadi normal.

Buah atau sayuran penurun hipertensi /tekanan darah tinggi

1. Daun basil

Daun basil termasuk dalam golongan herbal darah tinggi yang bisa disantap untuk turunkan hipertensi. Komponen bernama eugenol yang dikandung daun basil terbukti bisa mencegah penyempitan pembuluh darah. Namun sayangnya, penelitian ini dilakukan pada hewan uji. Oleh karena itu, riset lebih lanjut yang melibatkan manusia masih dibutuhkan.

2. Kayu manis

Kayu manis dianggap sebagai obat herbal yang ampuh mengatasi hipertensi. Lagi-lagi, riset pada hewan uji membuktikan bahwa kayu manis mampu bertindak sebagai herbal darah tinggi pada tikus. Selain itu, ekstrak kayu manis yang digunakan dalam penelitian itu diberikan lewat infus. Jadi, para ahli belum yakin efektivitas mengonsumsinya secara oral akan memberikan efek yang sama.

3. Kapulaga

Terkenal sebagai bumbu penyedap makanan di Indonesia dan India, ternyata kapulaga juga dianggap sebagai herbal darah tinggi yang bisa mengatasi hipertensi. Sebuah penelitian membuktikan, 20 responden mengalami penurunan tekanan darah tinggi setelah mengonsumsi kapulaga sebanyak 1,5 gram (dalam satu hari) selama 12 minggu.

4. Biji rami

Biji rami adalah herbal darah tinggi yang bisa mengatasi hipertensi karena kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya. Sebuah laporan menunjukkan, mengonsumsi 30-50 gram biji rami per hari selama 12 minggu akan menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam mengobati hipertensi.

5. Bawang putih

Kehebatan bawang putih sebagai bumbu dapur dan menyehatkan tubuh sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Bawang putih bisa membantu tubuh memproduksi lebih banyak nitrogen oksida untuk mencegah ketegangan pada pembuluh darah. Karena inilah, bawang putih dianggap sebagai herbal darah tinggi yang bisa mengatasi hipertensi.

6. Jahe

Dalam berbagai riset pada hewan uji, jahe terbukti bisa meningkatkan sirkulasi darah dan menenangkan otot di sekitar pembuluh darah. Alhasil, tekanan darah tinggi dapat diatasi.Namun tetap saja penelitian pada manusia masih perlu dilakukan untuk membuktikan keampuhan jahe sebagai herbal darah tinggi.

7. Hawthorn

Jangan tertipu dengan penampilan hawthorn dengan duri-duri yang menempel pada batangnya. Sebab, hawthorn juga dianggap sebagai herbal darah tinggi yang ampuh meredakan hipertensi. Dalam sebuah riset terhadap hewan uji, ekstrak hawthorn berhasil menurunkan tekanan darah tinggi sekaligus menyehatkan jantung.

8. Benih seledri

Di Tiongkok, benih seledri telah digunakan sebagai herbal darah tinggi yang dipercaya mampu mengatasi hipertensi. Beberapa penelitian pada hewan uji juga membuktikan, benih seledri berpotensi efektif dalam mengatasi tekanan darah tinggi. Para ahli percaya, sejumlah komponen yang dikandung benih seledri dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

9. Lavender Prancis

Selain digunakan untuk mengusir nyamuk, tumbuhan lavender ternyata dipercaya sebagai tanaman herbal darah tinggi. Dalam beberapa penelitian, lavender terbukti bisa menurunkan detak jantung dan tekanan darah tinggi pada tikus. Oleh karena itu, lagi-lagi riset pada manusia masih diperlukan.

10. Cakar kucing

Cakar kucing, tumbuhan dengan bunga berwarna kuning ini ternyata berguna sebagai herbal darah tinggi? Sebuah penelitian pada hewan uji membuktikan kalau cakar kucing bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Senyawa dalam cakar kucing bekerja pada saluran kalsium di sel tubuh.

Tanaman herbal untuk mengobati penyakit hipertensi tidak bisa dijadikan pengobatan utama. Hidup sehat dengan produk herbal, kelebihannya tanpa efek samping dan aman dikonsumsi jangka panjang. Apalagi kalau berbentuk cairan, cepat diserap oleh tubuh. Akan tetapi, kenali juga penjelasan ilmiah beserta riset yang memperkuat klaim keampuhan berbagai tanaman herbal darah tinggi ini. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi risiko terkena efek sampingnya.

Artikel terkait Tanaman Herbal untuk Hipertensi dari Buah dan Sayuran

  • Khasiat Dan Manfaat Sirsak Bagi Kesehatan

    Khasiat Dan Manfaat Sirsak Bagi Kesehatan

    Masyarakat Indonesia sudah mengenal tanaman sirsak sebagai obat-obatan untuk mengobati beberapa macam penyakit diantaranya mengobati bisul batu, penyakit tekanan darah...

  • Obat Tradisional Gigi Berlubang

    Obat Tradisional Gigi Berlubang

    Langkah menyembuhkan sakit gigi, nyatanya bisa anda menggunakan obat tradisional sehingga tidak harus dengan memakai obat-obat kimia seperti asam mefenamat...

  • Alami dan Herbal Mengobati Asam Urat

    Alami dan Herbal Mengobati Asam Urat

    Salah satu penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat dengan tidak terkontrolnya konsumsi makanan dan minuman adalah asam urat....

  • Tips Mengobati Wasir Dengan Bawang Putih

    Tips Mengobati Wasir Dengan Bawang Putih

    Bawang putih memiliki 4 efek penting dalam penyembuhan wasir / ambeien yaitu sebagai antibiotik, antioksidan, menghilangkan bekuan darah dan mengurangi...

  • Obat Herbal Mata Minus

    Obat Herbal Mata Minus

    Mata minus dikenal sebagai rabun jauh atau myopia. Dengan masalah penglihatan ini, umumnya penderita mengalami kesulitan dalam melihat objek-objek atau...

Tanaman Herbal untuk Hipertensi dari Buah dan Sayuran by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Tanaman Herbal untuk Hipertensi dari Buah dan Sayuran via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status