Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Standar Pemeriksaan Antenatal Care (ANC) 7T 10T 14T

Standar Pemeriksaan Antenatal Care (ANC) 7T 10T 14T | Tips Kesehatan

Pelaksanaan pelayanan pemeriksaan Antenatal Care (ANC) memiliki 3 Standar, yaitu Standar 7T, Standar 10T dan yang terbaru adalah standar 14T. Standar 10T merupakan pembaruan dari standar 7T yang telah lebih dulu digunakan oleh tenaga kesehatan sebagai acuan pelayanan pemerikasaan kehamilan. Berikut standar 7T dan 10T akan kita bahas supaya dapat diketahui perbedaannya.

Standar pelayanan atau asuhan 10 T (Depkes RI, 2009) adalah sebagai berikut:

  1. Timbang berat badan dan ukur tinggi badan, ibu hamil harus waspada apabila memiliki tinggi badan 145 cm atau kurang dan mengalami kenaikan berat badan lebih dari 12,5 kg selama kehamilan agar terhindar dari resiko panggul sempit atau ketidak sesuaian antara besar bayi dan luas panggul yang dinamakan CPD (Cepalo Pelvic Disproportion).
  2. Tekanan darah, normal 120/80 mmHg
  3. Nilai Status Gizi Ibu hamil dengan pengukuran LILA (lingkar lengan atas), jika hasil pengukuran menunjukan angka dibawah 23,5 cm ibu hamil tersebut dinyatakan KEK (Kurang Energi Kronik)
  4. Pengukuran TFU (Tinggi Fundus Uteri), hasil pengukuran harus sesuai antara usia kehamilan dan besarnya ukuran rahim ibu hamil.
  5. Tentukan presentasi janin dan denyut jantung janin (DJJ), dengan cara palpasi abdomen Leopold dan auskultasi denyut jantung janin menggunakan funduscope (manual) atau dengan doppler (digital).
  6. Skrining status imunisasi Tetanus dan berikan imunisasi Tetanus Toksoid (TT) bila diperlukan.
  7. Pemberian Tablet zat besi minimal 90 tablet selama kehamilan.
  8. Test laboratorium (rutin dan khusus), diantaranya pemeriksaan haemoglobin (Hb) dalam darah, Protein dan glukosa dalam urine.
  9. Tatalaksana kasus, memberikan solusi atas keluhan dari ketidaknyamanan yang dialami oleh ibu hamil.
  10. Temu wicara (konseling), termasuk Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) serta KB pasca persalinan

Standar pelayanan atau asuhan 7 T, adalah sebagai berikut:

  1. Timbang berat badan dan ukur tinggi badan
  2. Pengukuran tekanan darah
  3. Pengukuran tinggi fundus uteri (TFU)
  4. Pemberian imunisasi Tetanus Toksoid (TT) lengkap
  5. Pemberian tablet besi (Fe) sebanyak 90 butir selama kehamilan
  6. Test terhadap penyakit menular seksual (PMS) untuk mengetahui sedari dini apabila ibu hamil mengalami gonorhea dapat ditangani sebelum kelahiran bayi, sangat beresiko apalagi jika berniat melahirkan secara normal pervaginam, ditakutkan kena ke mata bayi dan menimbulkan infeksi serta kebutaan.
  7. Temu wicara dalam rangka persiapan rujukan

Standar pelayanan antenatal care (ANC) 10T dan 7T tidak nampak jauh perbedaan, hanya ada penambahan saja untuk menambah kelengkapan pemeriksaan guna menghindari kesalahan dalam mendiagnosa dan melakukan tindakan. Oleh karena itu, penjelasan 7T tidak begitu banyak karena sudah dibahas pada standar pelayanan ANC 10T.

Ternyata selain standar pelayanan antenatal (ANC) 7T dan 10T, diketahui pelayanan pemeriksaan kehamilan mengalami update ilmu lagi tentang asuhan antenatal care (ANC) menjadi 14T, kira-kira ditambahin pemeriksaan apa aja yaaa? Simak penjelasannya dibawah ini.

Standar pelayanan atau asuhan 14T, adalah sebagai berikut:

  1. Timbang berat badan (T1)
    Ukur berat badan dalam kilo gram tiap kali kunjungan. Kenaikan berat badan normal pada waktu hamil 0,5 kg per minggu mulai trimester kedua atau tidak melebihii 12 kg selama kehamilan.
  2. Ukur tekanan darah (T2)
    Tekanan darah yang normal 110/80 – 140/90 mmHg, bila melebihi dari 140/90 mmHg perlu diwaspadai adanya preeklamsi.
  3. Ukur tinggi fundus uteri atau TFU (T3)
    Hasil pengukuran TFU harus sesuai dengan usia kehamilan
  4. Pemberian tablet Fe sebanyak 90 tablet selama kehamilan (T4)
  5. Pemberian imunisasi TT (Tetanus Toksoid) (T5)
  6. Pemeriksaan Hb (T6)
  7. Pemeriksaan VDRL (T7) merupakan pemeriksaan untuk mendeteksi munculnya antibodi terhadap bakteri Treponema pallidum, sering direkomendasikan dokter bila seseorang memiliki gejala penyakit sifilis atau berisiko tinggi terkena penyakit sifilis.
  8. Perawatan payudara, senam payudara dan pijat tekan payudara (T8), harus rutin dilakukan sejak masa kehamilan untuk merangsang produksi ASI pada masa laktasi yang akan datang.
  9. Pemeliharaan tingkat kebugaran / senam ibu hamil (T9), bertujuan untuk meregangkan otot-otot ibu hamil yang tertarik oleh berat janin serta melemaskan otot-otot reproduksi sebelum persalinan agar lentur ketika tiba proses persalinan.
  10. Temu wicara dalam rangka persiapan rujukan (T10)
  11. Pemeriksaan protein urine atas indikasi (T11)
  12. Pemeriksaan reduksi urine atas indikasi (T12)
  13. Pemberian terapi kapsul yodium untuk daerah endemis gondok (T13)
  14. Pemberian terapi anti malaria untuk daerah endemis malaria (T14)

Demikian penjelasan mengenai standar pelayanan asuhan antenatal care (ANC) 7T, 10T dan 14T. Paling umum digunakan adalah standar 10T, namun dibeberapa daerah endemis malaria sudah mulai diterapkan standar pelayanan antenatal care 14T. 

Artikel terkait Standar Pemeriksaan Antenatal Care (ANC) 7T 10T 14T

  • Bolehkah ibu hamil makan seblak pedas?

    Bolehkah ibu hamil makan seblak pedas?

    Bolehkah ibu hamil makan seblak pedas? apakah ibu hamil mengetahui dampak negatif jika terlalu banyak atau sering mengkonsumsi makanan seblak...

  • Penyebab dan Faktor Risiko Kehamilan Ektopik

    Penyebab dan Faktor Risiko Kehamilan Ektopik

    Siapa saja yang berisiko mengalami kehamilan ektopik (hamil diluar kandungan)? Cari tahu penyebab dan faktor risiko kehamilan ektopik pada artikel...

  • Kandungan Dan Manfaat Granola Untuk Ibu Hamil Menyusui

    Kandungan Dan Manfaat Granola Untuk Ibu Hamil Menyusui

    Granola merupakan campuran berbagai jenis makanan, ada buah kering, gandum, hingga kacang-kacangan. Begitu banyak kandungan serta manfaat granola bagi ibu...

  • Pengertian Molahidatidosa (Hamil Anggur), Penyebab dan Tanda Gejala

    Pengertian Molahidatidosa (Hamil Anggur), Penyebab dan Tanda Gejala

    Apa itu Molahidatidosa Hamil Anggur adalah kelainan pertumbuhan pada janin yang tidak berkembang. Cari tahu Pengertian molahidatidosa, penyebab molahidatidosa dan...

  • Bolehkah Ibu Hamil Bepergian?

    Bolehkah Ibu Hamil Bepergian?

    Kondisi hamil tidak akan memundurkan keinginan seorang traveller untuk bepergian, namun bolehkan ibu hamil bepergian? Kapan waktu yang diperbolehkan untuk...

Standar Pemeriksaan Antenatal Care (ANC) 7T 10T 14T by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Standar Pemeriksaan Antenatal Care (ANC) 7T 10T 14T via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status