Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Sembelit Coba Makanan Pelancar Bab Ini

  • 141
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Sembelit Coba Makanan Pelancar Bab Ini yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Sembelit atau dikenal juga dengan sebutan konstipasi adalah gangguan pada pencernaan yang mengakibatkan orang atau bahkan hewan menjadi sulit untuk buang air besar. Kondisi konstipasi yang cukup parah disebut Obstipasi, dan kelanjutan dari obstipasi adalah kanker usus yang berakibat fatal bagi penderitanya.

Frekuensi buang air besar tiap individu berbeda. Ada banyak sekali penyebab terjadi sembelit, pola makan sangat berpengaruh, apa yang dimakan dan frekuensinya akan menentukan seberapa lancar melakukan buang air besar.

Jika sudah terjadi sembelit, rasanya akan tidak nyaman, perut terasa penuh dan merasakan kesakitan. Sebelum sembelit yang dialami bertambah parah, Anda dapat mengkonsumsi sejumlah makanan yang dapat membantu melancarkan buang air besar (BAB) diantaranya:

Makanan untuk melancarkan BAB

1. Buah-buahan

Pepaya

Pepaya sudah sangat dikenal sebagai buah untuk melancarkan BAB. Kandungan serat dalam pepaya mampu mengubah protein menjadi mudah dicerna oleh usus sebagai pencahar alami.

Namun jangan salah, meskipun pepaya dapat membantu melancarkan BAB ketika sembelit, Anda tidak dianjurkan untuk terlalu banyak mengkonsumsinya karena dapat mengakibatkan diare jika dikonsumsi terlalu banyak.

Semangka

Buah pelancar BAB selanjutnya adalah semangka. Meskipun semangka tidak mengandung banyak serat yang tinggi, tapi kandungan air yang melimpah dalam semangka akan sangat membantu melancarkan pencernaan.

Semangka memiliki kandungan air hingga 92%. Selain itu, semangka juga kaya antioksidan dan memiliki kandungan vitamin A, B, dan C yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh.

Kiwi

Buah kiwi memiliki rasa masam dan manis yang segar ternyata berfungsi juga sebagai obat pencahar alami. Selain karena kandungan seratnya yang tinggi, kandungan enzim actinidain dalam kiwi juga diduga membawa efek positif terhadap sembelit.

2. Produk Probiotik

Sebuah penelitian pada tahun 2014 meneliti konsumsi minuman probiotik tanpa rasa dengan kandungan polydextrose, Lactobacillus acidophilus, dan Bifidobacterium lactis mampu meningkatkan kesehatan usus dan juga dapat membantu melunakkan kotoran. Produk probiotik yang dimaksud adalah yoghurt original dan kefir.

3. Kacang -kacangan

Kacang-kacangan memiliki campuran serat larut dan tidak larut yang keduanya baik untuk pencernaan. Selain pilihannya banyak, kacang-kacangan juga dapat dinikmati dengan berbagai cara yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis kacang-kacangan yang direkomendasikan: Kenari, Almond, Buncis, Kedelai, Lentil, Kacang merah dan
Kacang hijau.

4. Biji-bijian

Makanan pelancar BAB selanjutnya adalah jenis biji-bijian. Beberapa jenis biji yang dipercaya tinggi serat dan baik untuk pencarnaan adalah seperti chia seed dan flaxseed. Biji-bijian ini dapat dinikmati dengan cara dijadikan campuran salad, taburan smoothies, atau menjadi campuran masakan lainnya.

Cara melancarkan BAB dengan mengonsumsi makanan yang disebutkan di atas adalah salah satu cara yang paling mudah dan praktis. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga asupan cairan dengan meminum banyak agar pencernaan lebih lancar. Jika sembelit tidak kunjung sembuh, segera periksa ke dokter, karena mungkin Anda membutuhkan obat untuk melancarkan BAB, jangan dibiarkan sampai parah.

Sembelit Coba Makanan Pelancar Bab Ini

Temukan informasi dan tips seputar Sembelit Coba Makanan Pelancar Bab Ini melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel Terkait

  • Tips Lancar Puasa Bagi Penderita Maag

    Tips Lancar Puasa Bagi Penderita Maag

    Penyakit Maag adalah penyakit yang menyerang lambung dikarenakan kelebihan asam pada lambung sehingga terjadi luka iritasi atau peradangan pada lambung....

  • Apa Itu Kanker Darah Myeloma

    Apa Itu Kanker Darah Myeloma

    Apa itu kanker darah myeloma? kanker darah myeloma merupakan kanker sarah pada sel plasma. Sejumlah besar antibodi disfungsional dalam aliran...

  • Gejala Dan Penyebab Osteoporosis

    Gejala Dan Penyebab Osteoporosis

    Osteoporosis adalah suatu kondisi berkurangnya kepadatan tulang, sehingga tulang menjadi keropos dan lemah. Gejala Osteoporosis : Nyeri Punggung, tubuh membungkuk,...

  • Fakta Hubungan Perokok Dengan Kejadian Hipertensi

    Fakta Hubungan Perokok Dengan Kejadian Hipertensi

    Hipertensi merupakan bagian dari gangguan organ jantung yang disebabkan oleh perilaku individu yang kurang menjaga kesehatan. Menurut teori Blum mengatakan...

  • Cara Membedakan Keputihan Normal Dan Tidak Normal

    Cara Membedakan Keputihan Normal Dan Tidak Normal

    Keputihan atau Fluor Albus merupakan cairan yang keluar dari organ vital wanita. Keputihan dibagi menjadi keputihan normal dan keputihan abnormal/tidak...

DMCA.com Protection Status