Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Persiapan Sebelum Memandikan Bayi

Persiapan Sebelum Memandikan Bayi | Tips Kesehatan

Banyak orang tua yang tidak tahu, kapan bayi harus mandi dan seberapa sering. Umumnya anak-anak akan mandi dua atau tiga kali dalam sehari. Sementara bayi cukup mandi sekali atau dua kali dalam sehari. Bayi Anda tidak mungkin akan sangat kotor. Bagian yang paling kotor hanya sekitar pantat dan alat kelamin. Itu karena bayi Anda buang air kecil dan buang air besar di atas popok.

Jadi memandikan bayi cukup selama satu atau dua kali dalam sehari pada pagi dan sore hari. Jika Anda tidak ingin memandikan bayi dengan air secara langsung maka bisa mengelapnya dengan kapas yang sudah dicelup dengan air hangat atau dengan waslap bersih. Artikel ini akan membahas mengenai hal yang harus diperhatikan sebelum memandikan bayi baru lahir normal.

Persiapan sebelum memandikan bayi baru lahir normal adalah :

1. Persiapkan air untuk mandi

Saat memandikan bayi, baiknya menggunakan air matang. Suhu air yang disarankan para ahli kesehatan bayi adalah antara 32 – 37 derajat Celsius atau suam-suam kuku. Bunda harus selalu menguji suhu air yang akan digunakan untuk mandi bayi. Menguji suhu sangat penting untuk menjaga agar bayi tidak terlalu kepanasan atau kedinginan. 

2. Persiapkan perlengkapan mandi

Sebelum memandikan bayi, siapkan dulu barang-barang ini ya:

  • Lap yang lembut dan bersih
  • Sabun bayi yang tidak diberi wewangian dan shampo
  • Sikat lembut untuk merangsang kulit kepala bayi
  • Waslap 2 buah
  • Handuk atau selimut
  • Popok bersih
  • Pakaian bersih

Selalu siapkan semua perlengkapan bayi untuk mandi sebelum mengajak bayi masuk ke bak mandi. Semua botol sabun, sampo atau minyak dan produk lain sudah harus dibuka sehingga ketika akan digunakan sudah siap. Cara ini sangat aman untuk mencegah bayi jatuh ketika Anda membuka penutup botol sabun.​

Bunda harus tenang, dan jangan panik saat sedang memandikan bayi.

Taruh bayi di pangkuan kita menggunakan handuk, lalu usap mata bayi dengan lap basah. Lalu beralih ke hidung dan telinga bayi ya, Bun.

Selanjutnya gunakan sedikit sabun untuk badan dan sampo untuk kepalanya, serta jangan lupa untuk membilasnya dengan lembut. Kita perlu perhatikan lipatan di bawah lengan, di belakang telinga, di sekitar leher, dan di area genital.

Jika Anda belum berani memandikan sendiri, sebaiknya cari bantuan orang lain untuk menemani ketika Anda memandikan bayi. Anda bisa meminta bantuan perawat atau ibu yang sudah berpengalaman. Namun Anda tetap harus praktek sendiri sehingga lebih mandiri.

Baca Juga: Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Normal

Memandikan bayi baru lahir jangan terlalu lama, sebab bayi akan mengalami hipotermi kalau terlalu lama terpapar suhu dingin ruangan.

Ketika bayi sudah berumur 6 bulan atau sudah bisa duduk dan sudah siap menggunakan bak mandi, pastikan air di bak mandi tidak lebih dari 2 sampai 3 inci dalamnya ya, Bun. Gunakan salah satu tangan untuk mendukung kepala dan tangan lainnya di kaki bayi. Sambil memandikan bayi, jangan lupa kita ajak mereka bicara.

Yang nggak kalah penting, ketika memandikan bayi, jangan pernah meninggalkan bayi sendiri. Jika Bunda perlu meninggalkan kamar mandi, bungkus bayi dengan handuk dan bawalah dia bersama.

Setelah memandikan bayi, pastikan semuanya benar-benar kering. Segera bungkus dengan handuk kering agar suhu tubuh bayi kembali hangat. Selanjutnya kita bisa memberikan popok dan pakaian untuk bayi.

Artikel terkait Persiapan Sebelum Memandikan Bayi

  • Posisi Ibu Menyusui Bayi yang Paling Benar

    Posisi Ibu Menyusui Bayi yang Paling Benar

    Ibu Menyusui bayi dengan posisi yg benar sangat menentukan keberhasilan menyusui, disamping itu posisi ibu menyusui bayi yang benar juga...

  • Umur Berapa Anak Boleh Menggunakan Gadget

    Umur Berapa Anak Boleh Menggunakan Gadget

    Kapan waktu yang tepat untuk orang tua memperbolehkan anaknya mengakses fitur pada ponsel atau bahkan memiliki ponsel sendiri? berapa persen...

  • Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Normal

    Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Normal

    Waktu terbaik untuk memandikan bayi adalah ketika bayi sudah cukup tidur sehingga tidak rewel, Ibu pasca melahirkan juga harus tahu...

  • Cara Mengatasi Kepala Bayi Peyang / Datar

    Cara Mengatasi Kepala Bayi Peyang / Datar

    Cara mengatasi kepala bayi peyang atau Plagiocephaly dilakukan tergantung pada kondisi anak dan penyebab yang mendasarinya diantaranya: Latihan tengkurap, menggendong...

  • Pemeriksaan Bayi Baru Lahir (Neonatus)

    Pemeriksaan Bayi Baru Lahir (Neonatus)

    Nah itu dia serangkaian pemeriksaan pada bayi baru lahir (neonatus) termasuk test APGAR dan macam-macam refleks pada bayi baru lahir,...

Persiapan Sebelum Memandikan Bayi by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Persiapan Sebelum Memandikan Bayi via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status