Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Perkembangan Janin Usia 6 Bulan 24 27 Minggu

  • 10K
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Perkembangan Janin Usia 6 Bulan 24 27 Minggu yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Perkembangan Janin usia 24 minggu (6 bulan) - Peka Rangsangan

Pada minggu ini janin mengalami perkembangan pesat terutama di bagian otaknya, dan akan semakin aktif menggerakan tangan serta kaki yang menendang perut ibunya.  Janin usia 6 bulan memiliki panjang 30-36 cm dan berat yang mencapai 600-800 gram. Organ janin yang terbentuk selama 6 bulan ini adalah:

  • Organ janin yang terbentuk minggu ke 24: Organ intim lebih berkembang, Otak berkembang pesat, Paru-paru berkembang, Sidik kaki dan sidik jari terbentuk. Ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang mengandung omega-3, terutama DHA untuk kecerdasan otak janin.
  • Organ janin yang terbentuk minggu ke 25: Indera lebih sempurna dibandingkan sebelumnya, janin akan mengeluarkan keringat melalui kulit keriputnya dan syaraf optik otak mulai bekerja menjadi lebih peka akan sentuhan.
  • Organ janin yang terbentuk minggu ke 26: Perkembangan sensorik dan motoriknya berkembang pesat pada minggu ini.
  • Organ janin yang terbentuk minggu ke 27: Selain otak yang terus berkembang, bagian mata janin juga sudah dapat digerakan.

Harus sering mengajak si kecil berbicara sebab tulang di bagian telinga bayi mulai mengeras dan bisa mendengarkan secara tajam serta dapat mengenali suara ayah dan ibunya.

Perlu diingat pada bulan ke-6 kehamilan, ibu hamil akan mengalami stretch mark karena perubahan hormon semakin melebar. Hindari mengaruk bagian yang gatal supaya tidak memperparah stretch mark yang sudah ada.

Perkembangan Janin usia 24 minggu (6 bulan) lebih peka terhadap rangsangan. Jika ibu hamil sedih, janin akan memberikan respon dengan menendang-nendang perut ibunya. Selalu ciptakan suasana nyaman untuk ibu hamil untuk menghasilkan karater anak yang selalu riang dan aktif.

Baca Juga: Perkembangan Janin Usia 7 Bulan (28-31 Minggu)

Perkembangan Janin Usia 6 Bulan 24 27 Minggu

Temukan informasi dan tips seputar Perkembangan Janin Usia 6 Bulan 24 27 Minggu melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel terkait Perkembangan Janin Usia 6 Bulan 24 27 Minggu

DMCA.com Protection Status