Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Perkembangan Janin Trimester 1 Usia 4-12 Minggu

Perkembangan Janin Trimester 1 Usia 4-12 Minggu | Tips Kesehatan

Seperti pada gambar diatas mengenai perkembangan janin usia 4 minggu sampai 12 minggu sudah nampak sebagian anggota tubuh janin. Dimulai dari proses pembentukan zigot menjadi embrio hingga janin.

Pada proses terjadinya kehamilan bermula ketika sel telur berhasil dibuahi oleh sp3rm4, dalam perjalanan dari ovarium menuju ke rahim, sel telur tersebut akan membelah melalui beberapa fase yaitu fase morula, blastula, gastrula, dan oorganogenesis hingga menjadi embrio. Mari simak tahapan perkembangan janin hingga usia 12 minggu atau 3 bulan.

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 4 Minggu (1 Bulan)

Perkembangan janin usia kehamailan 4 Minggu (1 bulan)

Usia 0-4 minggu terjadi proses pembelahan sel hingga menjadi embrio. Setelah terjadi implantasi atau menempelnya zigot pada dinding rahim, akan mulai terjadi pelepasan hormon HCG (untuk menilai tes kehamilan).

Embrio adalah mudighah atau calon janin, istilah ini merupakan sebutan untuk bakal janin dari usia 4 minggu hingga usia 13 minggu. Bagian embrio yang tidak menempel pada rahim akan tumbuh menjadi tulang belakang, tulang ekor, tulang iga, dan sistem syaraf pusat.,

Plasenta dan tali pusat sudah bekerja sepenuhnya pada minggu ini, jantung mulai berfungsi dan berdetak. Pada akhir minggu keempat, ukuran janin yang berbentuk 1.000 kaki lebih besar daripada sel telur yang dibuahi dengan panjang 7mm atau 5/16 inch sudah membentuk kepala, bakal jantung, tangkai tali pusat dan segera disusul oleh pembentukan cikal bakal organ ginjal, rahang bawah, tulang-tulang leher, wajah, tangan, serta kaki.

Ibu hamil harus menjaga janin sebaik mungkin karena masa ini disebut masa kritis. Janin yang masih dalam proses pembentukan awal memiliki kondisi yang lemah.

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 8 Minggu (2 Bulan)

Perkembangan janin usia kehamailan 8 Minggu (2 bulan)

Pada usia ini, embrio sudah berukuran panjang sekitar 2.5-3 cm atau 1 inch. Bagian wajah mulai tampak nyata membentuk dahi, mata membentuk pigmen, pangkal hidung, dan telinga luar yang sudah terbentuk sempurna.

Bagian Lengan dan kaki sudah terbagi menjadi komponen paha, kaki, tangan, lengan, dan bahu. organ reproduksinya mulai terbentuk begitu juga dengan kartilago dan tulang. Selain itu organ lainnya seperti ronga mulut, cikal bakal gigi dan lidah, alat kelamin, serta sel-sel pembentuk bulu mata mulai berkembang. Seluruh organ internal janin sudah terbentuk.

Pada akhir minggu ini, janin sudah mampu mendengar. Pergerakan pertama janin dapat dideteksi melalui USG. Jantung berdetak dengan frekuensi 120 kali/menit.

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 12 Minggu (3 Bulan)

Perkembangan janin usia kehamailan 12 Minggu (3 bulan)

Pada usia ini, embriao berukuran 6-8 cm atau 2 inch dan semua organ vital bayi sudah terbentuk. Otot akan merespon dan sudah dapat menendang.

Pada usia kehamilan 12 minggu, dokter kandungan dapat mendiagnosa penyakit keturunan semisal thalassemia dan down sindrom, yang bisa dilakukan lewat pemeriksaan Chorion Villus (CVS) guna memastikan ada atau tidaknya kerusakan pada kromosom. Kelainan kromosom dapat terjadi karena akibat pengaruh virus, bakteri, penyakit maupun zat berbahaya lain yang menyerang sel-sel embrio atau ada kelainan kromosom pada orang tua.

Pada akhir trimester pertama, rasa mual dan lelah anda biasanya sudah berkurang atau hilang. Janin usia tiga bulan akan mengalami cegukan yang normal terjadi. Cegukan terjadi dengan frekuensi hingga 90 kali dalam satu jam. Cegukan pada janin berfungsi untuk memperkuat otot-otot pada bagian organ pernafasan.

Bahaya pada kehamilan trimester 1 adalah keguguran. Pada wanita yang mudah keguguran, sebaiknya di usahakan untuk tidak melakukan hubungan badan pada saat hamil muda dan jika dilakukan pun harus dengan hati-hati.

Baca Juga: Perkembangan Janin Usia 4 Bulan (16-19 Minggu)​
Baca Juga: Ketidaknyamanan pada Kehamilan Trimester 1

Artikel terkait Perkembangan Janin Trimester 1 Usia 4-12 Minggu

  • BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah)

    BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah)

    BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah) adalah bayi lahir dengan berat badan rendah atau kurang dari 2500 gram. Ada beberapa macam...

  • Menerapkan Pendidikan S3ks Dini Pada Anak

    Menerapkan Pendidikan S3ks Dini Pada Anak

    Bentengi anak dengan pendidikan seks sedari dini supaya anak bisa menjaga dirinya sendiri dari tindakan asusila. Ajarkan anak baik laki-laki...

  • Ciri Pubertas Anak Laki-laki, Orangtua Wajib Tahu!

    Ciri Pubertas Anak Laki-laki, Orangtua Wajib Tahu!

    Ciri Pubertas Anak Laki-laki juga akan mengalami banyak perubahan fisik selama masa pubertas. Tubuhnya menjadi lebih kuat, suaranya pecah saat...

  • Apa yang terjadi jika anak menelan permen karet?

    Apa yang terjadi jika anak menelan permen karet?

    Bagaimana jika permen karet tertelan dan tersedak? Permen karet tidak bisa dicerna karena ada kandungan lilin dari getah (Bahan utama...

  • Manfaat Kapsul Vitamin A Biru dan Merah

    Manfaat Kapsul Vitamin A Biru dan Merah

    Pemberian Vitamin A sebanyak 2 kali pada februari dan agustus untuk anak umur 6-59 bulan dapat mencegah kekurangan Vitamin A...

Perkembangan Janin Trimester 1 Usia 4-12 Minggu by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Perkembangan Janin Trimester 1 Usia 4-12 Minggu via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status