Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Perkembangan Bayi Baru Lahir Pada Minggu Pertama

  • 80
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Perkembangan Bayi Baru Lahir Pada Minggu Pertama yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Minggu pertama dan kedua pasca persalinan adalah tahap perkenalan kebiasaan antara bayi dengan orangtua dan lingkungan sekitar. Penting untuk menciptakan suasana tenang dan nyaman untuk bayi, meskipun pendengaran dan penglihatannya belum berfungsi sempurna namun ia mampu merasakan suasana sekitar. Yuk kenali perkembangannya:

Perkembangan Bayi Baru Lahir Pada Minggu Pertama Kelahiran

1. Perkembangan Fisik

Pada minggu pertama kelahiran, bayi akan kehilangan beberapa ons dari berat badannya. Ibu tidak perlu khawatir jika tubuh mungil si kecil tampak menyusut, perlahan berat badannya akan naik dan akan menyusu lebih sering.

Bayi akan mengalami fase Growth Spurt, di mana terjadi percepatan pertumbuhan sehingga seolah menjadi rewel ketika ingin menyusu lebih sering. Tidak apa-apa, penuhi saja keinginannya.

2. Kemampuan Motorik kasar

Bayi akan terlihat cukup sering meregangkan otot tangan dan kakinya, itu termasuk kondisi normal yang akan dilakukan oleh bayi baru lahir, sebab selama 9 bulan didalam rahim yang sempit dengan pergerakan yang minim, bayi Anda memerlukan waktu untuk meregangkan otot-otonya.

Perlahan seiring bertambahnya usia, leher bayi akan terlihat memanjang dan mampu mengangkat sedikit kepalanya. Meskipun bayi seperti ingin mengangkat kepala, leher dan kepala bayi masih lemas, namun Anda dapat sesekali menelungkupkan bayi di dada dan harus tetap diawasi ya, Bu.

Belum banyak yang bisa dilakukan bayi pada awal kelahirannya, Bayi akan cenderung terlihat tidur dan bangun ketika lapar atau merasa tidak nyaman dengan popok atau baju yang basah, segera penuhi keinginannya agar tidak rewel dan Ibu dapat beristirahat.

3. Kemampuan Motorik halus

Jika motorik halus berhubungan dengan gerakan, sebaliknya dengan motorik halus. Motorik halus pada bayi baru lahir adalah mampu untuk mengkoordinasi gerakan otot-otot kecil dari anggota tubuh seperti menoleh bila disentuh pipinya ke kanan dan kiri mencari sumber sentuhan.

Jangan bersedih hati, jika si kecil tidak melihat atau membalas senyuman, sebab jarak pandang si kecil masih pendek sekitar 25-30cm saja, sehingga hanya mampu melihat wajah ibu ketika menyusu atau digendong.

Nah itu dia perkembangan bayi baru lahir pada minggu pertama, lebih dominan ke penyesuaian kebiasaan. Kebanyakan bayi yang baru lahir, termasuk sampai usia 1 minggu, rentan terkena masalah kesehatan seperti sakit kuning atau jamur di mulut. Anda tidak perlu cemas berlebihan, segera beritahu dokter Anda jika terdapat masalah tersebut. 

Perkembangan Bayi Baru Lahir Pada Minggu Pertama

Temukan informasi dan tips seputar Perkembangan Bayi Baru Lahir Pada Minggu Pertama melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel Terkait

DMCA.com Protection Status