Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Perbedaan HIS Adekuat dan Tidak Adekuat

Perbedaan HIS Adekuat dan Tidak Adekuat | Tips Kesehatan

HIS atau kontraksi merupakan rangkaian rasa mulas yang terjadi ketika menjelang persalinan sehingga menyebabkan serviks membuka dan terjadi persalinan atau karena ada aktivitas lain yang menyebabkan HIS atau kontraksi tiba-tiba muncul meski belum memasuki bulan persalinan biasanya karena faktor makanan atau aktivitas yang melelahkan.

Mengontrol otot polos di rahim (miometrium) sangat penting selama kehamilan dan kelahiran. Oleh karena itu dapat dimengerti bahwa beberapa mekanisme fisiologis (neuronal, hormonal, metabolik, dan mekanik) berperan dalam kontrol aktivitas miometrium.

Karena pengetahuan kita tentang mekanisme kontraksi uterus telah meningkat banyak dalam beberapa tahun terakhir, sekarang mungkin untuk mulai menjelaskannya secara rinci, bagaimana aktivitas kontraktil dapat dimodulasi. Dalam HIS kontraksi persalinan yang normal dikenal sebagai HIS adekuat, ada juga HIS tidak adekuat.

Apa maksud dari HIS atau kontraksi persalinan yang adekuat dan tidak adekuat?

HIS kontraksi persalinan adekuat adalah HIS atau kontraksi yang teratur dan telah memasuki masa persalinan, memiliki interval minimal 2x dalam 10 menit selama 40 detik dan akan semakin bertambah seiring besarnya bukaan persalinan. Normalnya, hingga bukaan lengkap dan kepala sudah crowning HIS adekuat mencapai interval 5x dalam 10 menit selama 45-50 detik. Namun pada beberapa kasus terjadi HIS yang buruk yaitu kelainan pada HIS yang disebut Inersia Uteri dan Tetania Uteri.

Sedangkan HIS atau kontarksi tidak adekuat adalah His atau kontraksi yang tidak teratur dan tidak normal, memiliki interval yang tetap dan tidak bertambah, meskipun bertambah tidak akan seperti His adekuat, dan hal ini akan menyebabkan kemajuan persalinan yang lambat.

Cobalah untuk menghitung sendiri HIS Anda ketika persalinan tiba, semakin sering Anda merasakan HIS saat persalinan maka semakin cepat pula bukaan pada persalinan Anda. Jadi haruslah merasa senang jika HIS anda semakin kuat, mungkin memang sakit dan tidak nyaman.

Cobalah untuk relaks dan melakukan tekhnik pernafasan yang baik dan benar ketika merasakan HIS atau kontraksi persalinan dengan cara menarik nafas dalam dari hidung dan dikeluarkan lewat mulut seperti sedang kepedesan "ssshhaaahhh", jangan malah berteriak atau gelisah seperti adegan dalam sinetron hahhaa, hal tersebut malah akan membuat capek dan rasa sakit HIS yang adekuat pun tidak akan berkurang.

Artikel terkait Perbedaan HIS Adekuat dan Tidak Adekuat

  • Mekanisme Penurunan Kepala Saat Proses Melahirkan Normal

    Mekanisme Penurunan Kepala Saat Proses Melahirkan Normal

    Adapun gerakan-gerakan janin dalam proses persalinan yang biasa disebut dengan mekanisme penurunan kepala saat proses melahirkan normal, diantaranya: Penurunan kepala...

  • Apa Itu Persalinan Anjuran?

    Apa Itu Persalinan Anjuran?

    Persalinan Anjuran adalah persalinan yang berlangsung setelah dianjurkan dengan suatu perbuatan atau tindakan. Misalnya : dengan pemecahan ketuban atau dengan...

  • Tanda Gejala Fisik Depresi Pasca Melahirkan

    Tanda Gejala Fisik Depresi Pasca Melahirkan

    Depresi pasca persalinan merupakan suatu tipe depresi dimana seorang wanita mengalami depresi serius selama bulan-bulan pertama pasca melahirkan. Tanda gejala...

  • Cara Mengatasi Nyeri Saat Melahirkan

    Cara Mengatasi Nyeri Saat Melahirkan

    Berikut tips cara mengatasi nyeri saat melahirkan. Secara umum, nyeri persalinan disebabkan oleh 3 faktor, yaitu lingkungan, emosional dan fisik,...

  • Pematangan Serviks Dengan Kateter Foley

    Pematangan Serviks Dengan Kateter Foley

    Pematangan serviks dengan kateter foley merupakan pilihan lain untuk mematangkan serviks pada induksi persalinan. Kateter Foley dapat digunakan sendiri atau...

Perbedaan HIS Adekuat dan Tidak Adekuat by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Perbedaan HIS Adekuat dan Tidak Adekuat via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status