Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Perbedaan AHA BHA PHA Bahan Skincare

Perbedaan AHA BHA PHA Bahan Skincare | Tips Kesehatan

AHA, BHA, dan PHA adalah tiga jenis asam hidroksi (hydroxy acids) yang banyak digunakan sebagai bahan produk kecantikan, perawatan kulit, dan kosmetik. Meskipun berbasis asam, ketiga zat ini terbentuk alami dan cenderung aman digunakan untuk kulit.

Fungsi utama dari kandungan AHA, BHA, dan PHA adalah sebagai agen pengelupasan kulit yang efektif. Ketiga kandungan ini juga digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, meregenerasi kulit, dan mencerahkan kulit.

Perbedaan AHA BHA PHA

Apa Itu AHA (Alpha Hydroxy Acid)?

AHA adalah jenis asam hidroksi yang larut dalam air dan ditemukan secara alami di buah manis, produk susu, dan sumber nabati yang difermentasi. AHA adalah agen exfoliator kulit yang efektif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam, mencerahkan kulit, dan juga memiliki sifat antipenuaan.

Apa Itu BHA (Beta Hydroxy Acid)?

BHA adalah jenis asam hidroksi yang larut dalam minyak dan ditemukan secara alami pada pohon willow, minyak wintergreen, dan birch manis. Kandungan BHA dapat meresap lebih dalam ke pori-pori kulit, sehingga pengelupasan sel-sel kulit mati lebih efektif.

Produk dengan BHA lebih cocok untuk mereka yang memiliki jerawat, komedo, atau milia. Kandungan BHA juga dapat membersihkan sebum, minyak berlebih, mengatasi peradangan kulit, dan membersihkan kulit.

Apa Itu PHA (Poly Hydroxy Acid)?

Poly Hydroxy Acids adalah keluarga terakhir dari jenis hydroxy acids dengan struktur molekul yang lebih besar dari Alpha Hydroxy Acid. PHA memiliki bentuk asam (acid) paling lembut dan fokus membersihkan sel kulit mati di permukaan kulit. Kandungan PHA dapat membersihkan kulit tanpa iritasi sehingga sangat cocok untuk kulit kering atau jenis kulit sensitif.

Hydroxy Acids Sifat  Ukuran Molekul  Jenis Kulit 
Alpha Hydroxy Acid Larut dalam air

Kecil (bekerja di permukaan kulit)

Kulit normal, kering, dan kombinasi
Beta Hydroxy Acid Larut dalam minyak Sangat kecil (bekerja di permukaan kulit dan masuk ke pori-pori) Kulit berminyak, berjerawat, dan komedo
Poly Hydroxy Acid
Larut dalam air
Besar (hanya bekerja di permukaan kulit) Kulit sensitif dan kulit sangat kering

Walaupun ketiga jenis asam hidroksi ini memiliki sifat, jenis, dan cara aplikasi yang berbeda akan tetapi sama-sama untuk membantu pengelupasan sel kulit mati. Pilih produk dengan bahan AHA, BHA, dan PHA sesuai dengan permasalahan kulit  yang anda hadapi .

Artikel terkait Perbedaan AHA BHA PHA Bahan Skincare

  • Penyebab Jerawat pada Wajah

    Penyebab Jerawat pada Wajah

    Jerawat sering mengganggu penampilan terutama ketika muncul pada wajah sering membuat anda merasa nyeri sekitar wajah serta memberikan bekas yang...

  • Cara Menghilangkan Selulit Secara Alami dan Obat

    Cara Menghilangkan Selulit Secara Alami dan Obat

    Cara Menghilangkan Selulit (Obat-obatan) dengan krim kulit yang mengandung Kafein, Retinol, Tretinoin, Ekstrak kolagen dan Centella asiatica. Sedangkan Cara Menghilangkan...

  • Tips Sederhana Agar Wajah Bersih Bersinar

    Tips Sederhana Agar Wajah Bersih Bersinar

    Kecantikan kulit wajah bersih bersinar mungkin terkadang merupakan hal yang sulit untuk dilakukan, tapi tips cara sederhana ini dapat anda...

  • 7 Macam Jerawat dan Cara Mengatasinya

    7 Macam Jerawat dan Cara Mengatasinya

    Banyak sekali Jenis jerawat yang sering muncul pada wajah, seperti : Blackhead, Whitehead, Papula, Pustula, Cystic /Kistik, Nodul, dan Hormonal....

Perbedaan AHA BHA PHA Bahan Skincare by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Perbedaan AHA BHA PHA Bahan Skincare via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status