Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Penyebab Kenapa Terasa Nyeri Saat Melahirkan

  • 876
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Penyebab Kenapa Terasa Nyeri Saat Melahirkan yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Agar ibu hamil mampu mengatasi rasa nyeri saat persalinan, harus mengetahui faktor-faktor penyebab nyeri persalinan terlebih dahulu. Sebanyak 90% rasa nyeri dalam persalinan disebabkan oleh faktor fungsional, dan 10% nya disebabkan oleh faktor fisik ibu hamil sendiri. Berikut tiga faktor fungsional yang mendasari timbulnya nyeri saat melahirkan, yaitu:

1. Relaksasi otot yang tidak sempurna

Hal ini disebabkan oleh ibu hamil yang merasa takut atau tegang terhadap rasa nyeri yang mungkin timbul selama melahirkan, sebenarnya uterus hanya memiliki sedikit reseptor nyeri sehingga kontraksi yang dirasakan semestinya tidak menyebabkan nyeri. Tetapi otot uterus yang terjadi pereganganlah yang menyebabkan ketegangan jaringan otot disekitarnya (otot perut, punggung dan daerah panggul) sehingga secara tidak langsung akan menimbulkan nyeri.

2. Tekhnik pernapasan yang tidak benar

Ibu yang merasa takut dan cemas saat memasuki masa bersalin akan bernapas secara cepat dan dangkal, sehingga dapat menyebabkan turunnya kadar oksigen dalam uterus dan tubuh bayi (yang akan memperberat rasa nyeri) juga dapat menyebabkan nyeri ke seluruh otot rangka. Rasa nyeri bersalin adakalanya dapat sedikit dikurangi dengan menarik nafas secara teratur.

Menarik nafas yang dianjurkan saat persalinan adalah tarikan nafas yang lambat dan dalam biasanya sangat bermanfaat karena secara alamiah dapat mengurangi ketegangan otot-otot sehingga secara tidak langsung akan mengurangi nyeri yang timbul.

3. Posisi tubuh ibu yang tidak tepat

Beberapa posisi tubuh tertentu dapat meningkatkan rasa nyeri, tapi ada juga posisi tubuh ibu hamil yang dapat mengurangi nyeri. Kesalahan posisi ini biasanya disebabkan karena kurangnya pengetahuan atau tidak adanya bantuan dari tenaga kesehatan untuk menentukan posisi yang tepat pada saat melahirkan.

Nahh itu dia faktor fungsional yang mendasari timbulnya nyeri persalinan, sekarang masuk ke faktor-faktor fisik ibu hamil penyebab nyeri saat melahirkan diantaranya:

  • Posisi janin yang sulit
  • Ukuran tubuh bayi
  • Kondisi tertentu pada ibu seperti tekanan darah tinggi, kesehatan yang menurun atau kelelahan
  • Peregangan atau penipisan dan dilatasi serviks.

Persepsi dan daya tahan (toleransi) terhadap rasa nyeri pada masing-masing perempuan tidaklah sama. Sebagian wanita mengalami rasa nyeri lebih awal tetapi ia sanggup menahannya dalam waktu lama.Ada pula yang tidak merasakan nyeri pada awalnya tetapi jika nyeri timbul, ia hanya sanggup menahan nyeri dalam waktu singkat.

Tidak ada teori yang pasti mengenai hal tersebut, tetapi idealnya ibu hamil jangan sampai merasakan nyeri bersalin yang berkepanjangan, sehingga dapat melalui persalinannya dengan baik. Pada umumnya ibu hamil akan merasakan rasa nyeri saat dalam keadaan lelah, merasa takut, cemas, kesepian, atau kandung kemih penuh.

Pada saat rasa nyeri mulai timbul, ibu hamil dapat menguranginya dengan mengambil posisi senyaman mungkin atau adakalanya dokter memberikan obat pereda nyeri.

Penyebab Kenapa Terasa Nyeri Saat Melahirkan

Temukan informasi dan tips seputar Penyebab Kenapa Terasa Nyeri Saat Melahirkan melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel Terkait

DMCA.com Protection Status