Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Penyakit Cacar Air Akibat Virus Varicella Zoster

  • 355
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Penyakit Cacar Air Akibat Virus Varicella Zoster yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Cacar air merupakan jenis penyakit akibat terinfeksi virus herpes yang disebut dengan virus varicella-zoster, dan penyebaran nya sangat cepat alias mudah sekali menular atau tertular, biasanya lebih sering dialami oleh anak-anak dan biasanya hanya dialami sekali seumur hidup. Namun ada juga orang dewasa yang terkena cacar air, penyebabnya karena infeksi virus shingles (herpes zoster), biasanya mereka yang terkena cacar saat dewasa lantaran semasa kanak-kanak belum pernah mendapat cacar. Shingles lebih terasa nyeri dan dapat mengakibatkan komplikasi yang berat.

Penyakit cacar air ini dapat dengan mudah didiagnosis sendiri, orang yang menderita cacar air menimbulkan gejala yang khas yaitu timbul ruam pada kulit seperti melepuh dan terasa gatal. Penyakit ini dapat dicegah dengan Vaksin, pemberian vaksin membuat penyakit ini menjadi lebih ringan.

Penanganan yang umum yaitu meredakan tanda dan gejala penyakit cacar air dengan menerima pengobatan antivirus dan dapat dilakukan sendiri dirumah tanpa harus dirawat, berikan beberapa obat untuk meredakan gejala dan rasa sakit yang dialami penderita cacar berikut ini :

  • Obat golongan analgesik untuk meredakan nyeri,
  • Obat golongan antivirus untuk mencegah penyebaran virus berkembang biak,
  • Obat golongan antihistamin untuk mengurangi atau menghentikan reaksi alergi.
  • Obat oles/salep golongan antivirus untuk mencegah penyebaran virus.

Penyakit cacar air ini dapat sembuh dalam hitungan hari atau minggu, istirahat di rumah, kurangi aktivitas, perhatikan asupan nutrisi, minum obat secara benar dan teratur.

Penyakit Cacar Air Akibat Virus Varicella Zoster

Temukan informasi dan tips seputar Penyakit Cacar Air Akibat Virus Varicella Zoster melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel Terkait

  • Hasil Pap Smear Normal Dan Tidak Normal

    Hasil Pap Smear Normal Dan Tidak Normal

    Artikel ini akan membahas mengenai hasil pemeriksaan Pap Smear (Pap Test). Ada dua kemungkinan hasil dari Pap smear yaitu normal...

  • Bahan Makanan Yang Mengandung Zat Besi Fe

    Bahan Makanan Yang Mengandung Zat Besi Fe

    Wanita cenderung membutuhkan zat besi lebih tinggi daripada laki-laki, maka dari itu penting mengetahui bahan makanan yang mengandung zat besi...

  • Macam Kelainan Pada Menstruasi

    Macam Kelainan Pada Menstruasi

    Terdapat beberapa macam kelainan pada mestruasi seperti dismenorea, amenorea, oligomenorea, polimenorea, hipomenorea, hipermenorea, menorraghia, metrorraghia, PMS (Pra Menstrual Syndrom).

  • Apa Itu Hpht Dan Cara Menghitung Hpht

    Apa Itu Hpht Dan Cara Menghitung Hpht

    Apa Itu HPHT? Bagaimana Menghitung HPHT? HPHT adalah (Hari Pertama Haid Terakhir), cara menghitung HPHT mudah banget. Simak penjelasannya berikut...

  • Tanda Dan Gejala Penyakit Cacar Air

    Tanda Dan Gejala Penyakit Cacar Air

    Penyakit cacar air (Chicken pox) adalah penyakit yang umum ditemukan pada anak-anak dibawah usia 15 tahun, penyebabnya virus herpes yakni...

DMCA.com Protection Status