Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Pengertian Plasenta Dan Letak Plasenta

  • 27K
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Pengertian Plasenta Dan Letak Plasenta yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Pengertian Plasenta (ari-ari)

Plasenta (ari-ari) adalah Jaringan yang terbentuk saat kehamilan terjadi, plasenta berfungsi sebagai pembawa makanan dan oksigen dari ibu ke janin dan mengeluarkan sampah metabolisme dan karbondioksida dari janin dibuang melalui pembuluh darah vena. Maka dari itu plasenta atau ari-ari disebut juga "saudara kembar si bayi" karena ialah yang bersama-sama si kecil saat masih dalam kandungan dan ketika bayi lahir plasenta juga ikut lahir.

Spesifikasi Plasenta (ari-ari)

  1. Plasenta terdiri dari ratusan pembuluh dan vena halus.
  2. Berbentuk seperti gumpalan hati mentah.
  3. Warnanya merah tua
  4. Plasenta terbagi dalam 15-20 tonjolan cotyledon, yang merupakan villi atau tonjolan berbentuk jari.
  5. Ukuran dan berat plasenta disesuaikan dengan ukuran janin.
  6. Plasenta yang sudah dewasa, berbentuk seperti piringan datar dengan berat sekitar 500 gram, diameternya 20 cm (8 inci) tebal bagian tengahnya 2,5 cm (1 inci)

Seperti yang sudah dikemukaan diatas, plasenta adalah penghubung makanan dan oksigen dari ibu menuju janin, berarti terdapat 2 sisi, yang menempel pada rahim ibu dan satu lagi pada janin.

  • Permukaan maternal yang menempel pada rahim ibu, tampak kasar dan memiliki tonjolan yang disebut cotyledon.
  • Permukaan fetus (janin) sangat lembut dengan tali pusar yang biasanya terdapat di bagian tengah. Bila tali pusar di bagian pinggir disebut battledore plasenta.

Letak Plasenta

Plasenta biasanya berada pada bagian atas rahim, tapi bila terdapat di bagian bawah atau samping, maka disebut Plasenta PreviaPerhatikan gambar dibawah ini:

letak plasenta

Keterangan gambar letak plasenta :

A. Letak Plasenta Previa Complete/Totalis (komplit)

Letak Plasenta Previa Totalis atau komplit yaitu bila plasenta menutupi seluruh jalan lahir pada tempat implantasi. Bayi tidak mungkin bayi dilahirkan normal pervaginam, karena risiko perdarahan sangat hebat.

B. Letak Plasenta Previa Parsialis (sebagian)

Letak Plasenta Previa Parsialis (sebagian) yaitu bila hanya sebagian/separuh plasenta menutupi ostium uteri internum (jalan lahir). Pada tempat implantasi inipun risiko perdarahan masih besar dan biasanya tetap tidak dilahirkan melalui pervaginam.

C. Letak Plasenta Previa Marginalis (berada di tepi)

Letak Plasenta Previa Marginalis yaitu plasenta yang tepinya berada pada pinggir ostium uteri internum, menutupi jalan lahir, bisa dilahirkan pervaginam tetapi risiko perdarahan tetap besar.

D. Letak Plasenta Low Lying Placenta (Plasenta Letak Rendah)

Letak Plasenta Previa Low Lying Placenta (Plasenta Letak Rendah) yaitu plasenta yang berimplantasi pada segmen bawah rahim dengan jarak antara tepi bawah plasenta menempel dengan ostium uteri internum hanya kurang lebih 3 cm diatas pinggir pembukaan, sehingga tidak akan teraba pada pembukaan jalan lahir. Risiko perdarahan tetap ada, namun kecil kemungkinan terjadi dan bisa dilahirkan pervaginam dengan aman.

Pengertian Plasenta Dan Letak Plasenta

Temukan informasi dan tips seputar Pengertian Plasenta Dan Letak Plasenta melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel terkait Pengertian Plasenta Dan Letak Plasenta

DMCA.com Protection Status