Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Pengertian Kontrasepsi dan Jenis Alat Kontrasepsi

Pengertian Kontrasepsi dan Jenis Alat Kontrasepsi | Tips Kesehatan

Alat kontrasepsi merupakan Alat yang digunakan untuk mencegah kehamilan, memiliki expire date (tanggal kadaluarsa) dan penggunaannya dapat dipakai sendiri, namun sebagian alat kontrasepsi juga perlu mendapat bantuan tenaga kesehatan untuk memasangkan alat kontrasepsi tersebut.

Cara kerja kontrasepsi adalah mengusahakan agar tidak terjadi ovulasi, melumpuhkan sp3rm4, menghalangi pertemuan sel telur dengan sperma.

Jenis Kontrasepsi Berasarkan Efektivitas

Jika dilihat dari jangka waktu serta efektifitasnya, alat kontrasepsi ternyata dibagi ke dalam 2 jenis, yaitu kontrasepsi temporer dan kontrasepsi permanen.

1. Jenis Kontrasepsi Temporer (Sementara)

Jenis kontrasepsi temporer atau disebut dengan Metode Kontrasepsi Jangka Pendek, ialah kontrasepsi yang dikenal juga sebagai kontrasepsi tidak tetap karena kemampuan hamil wanita dapat dikembalikan. Kontrasepsi jenis ini dapat dilakukan dengan alat atau tanpa alat bantu.

a. Kontrasepsi Temporer dengan Alat Bantu

Kontrasepsi menggunakan alat bantu banyak ragamnya. Mari kita kelompokan sesuai fungsi nya berikut ini:

  • Memakai alat yang menghalangi terjadinya ovulasi dengan pemakaian hormon, Contohnya : Pil KB, KB Susuk Implant, KB Suntik.
  • Memakai alat yang bertujuan menghalangi fertilisasi sp3rm4 dan ovum atau menghalangi penempelan embrio, Contohnya: KB Spiral IUD, Spermisida/Jeli, Diafragma/Cervical Cup, Kondom, dan Koyo Ortho Evra.
  • dengan kontrasepsi darurat, Alat kontrasepsi darurat dalam bentuk pil, dikenal sebagai after morning pil, diminum setelah s3ngg4ma yang tidak terlindungi. 

b. Kontrasepsi Temporer tanpa Alat Bantu

Kontrasepsi tanpa alat bantu dilakukan dengan cara berikut:

  • Memperpanjang masa menyusui
  • Metode Kalender, tidak melakukan hubungan intim pada waktu masa subur wanita
  • Mengeluarkan sp3rm4 di luar tubuh agar tidak masuk ke dalam uterus wanita (disebut coitus interuptus).
  • Tidak melakukan hubungan suami istri ketika suhu tubuh wanita tinggi. Suhu tubuh ini dapat diukur dengan termometer. Suhu tubuh wanita setelah masa ovulasi meningkat 0,2–0,4 °C.

2. Jenis Kontrasepsi Permanen (Selamanya)

Pilihan ini hanya tepat diambil jika Anda dan pasangan memilih tidak atau sudah tidak ingin memiliki keturunan lagi. Sterilisasi dilakukan dengan cara-cara berikut ini:
a. Tubektomi (tubal ligation) adalah prosedur bedah suka rela untuk menghentikan fertilitas seorang perempuan secara permanen.
b. Implan tuba, berbeda dengan ligasi tuba (tubektomi), metode ini tidak memerlukan prosedur bedah dalam penerapannya tetapi dengan penggunaan implan berupa 2 logam kecil fleksibel berbentuk tabung yang panjangnya kira-kira 4 cm.
c. Vasektomi adalah prosedur klinik untuk menghentikan kapasitas reproduksi pria dengan jalan melakukan operasi kecil sehingga alur transportasi sp3rm4 terhambat dan proses fertilisasi tidak terjadi.

Setelah mencermati berbagai pilihan alat kontrasepsi diatas, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh anda dan disiplin serta patuh mengikuti petunjuk penggunaan, maka akan meningkatkan efektivitas perlindungan alat ini dalam mencegah kehamilan.

Artikel terkait Pengertian Kontrasepsi dan Jenis Alat Kontrasepsi

  • Kelebihan dan Kekurangan KB Susuk Implan

    Kelebihan dan Kekurangan KB Susuk Implan

    Dengan mengetahui Kelebihan dan kekurangan KB susuk implant ini semoga anda mendapatkan informasi yang benar sebelum memutuskan untuk memilih kontrasepsi...

  • Kontrasepsi Temporer (Jangka Pendek): Suntik KB

    Kontrasepsi Temporer (Jangka Pendek): Suntik KB

    Artikel ini membahas mengenai jenis kontrasepsi temporer dengan alat yaitu suntik KB. Berikut Pengertian kontrasepsi injeksi suntik KB, Cara Kerja...

  • Efek Samping KB Susuk Implant

    Efek Samping KB Susuk Implant

    Dibalik kelebihannya, KB susuk implant ternyata memiliki efek samping yang perlu diketahui dan diwaspadai. Berikut efek samping KB susuk implant...

  • Jenis AKDR atau IUD Spiral yang Populer Di Indonesia

    Jenis AKDR atau IUD Spiral yang Populer Di Indonesia

    Alat kontrsepsi dalam rahim (AKDR) IUD spiral yang populer digunakan Di Indonesia ada 4 jenis yaitu Spiral (Lippes Loop), Batang...

  • Manfaat PIL KB untuk Kesehatan dan Kecantikan

    Manfaat PIL KB untuk Kesehatan dan Kecantikan

    Jika kamu baru akan menggunakan alat kontrasepsi pil KB tapi belum mengetahui tentang manfaat pil KB, Selain mencegah kehamilan ternyata...

Pengertian Kontrasepsi dan Jenis Alat Kontrasepsi by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Pengertian Kontrasepsi dan Jenis Alat Kontrasepsi via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status