Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Penatalaksanaan Kehamilan Ektopik Terganggu (KET)

Penatalaksanaan Kehamilan Ektopik Terganggu (KET) | Tips Kesehatan

Kehamilan ektopik terganggu (KET) merupakan kondisi gawat darurat yang harus segera diketahui oleh petugas medis karena kondisi ini bisa membahayakan nyawa ibu dan janin. Kehamilan ektopik merupakan kehamilan yang menjadi salah satu penyebab tingginya Angka Kematian Ibu (AKI).

Diagnosis kehamilan ektopik terganggu (KET) ditegakkan kepada pasien dalam usia reproduktif dengan anamnesa, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang.

  • Hasil anamnesis diketahui mengeluhkan nyeri perut bawah yang hebat dan tiba-tiba disertai keluhan perdarahan per vaginam setelah keterlambatan haid.
  • Pada pemeriksaan fisik ditemukan tanda-tanda akut abdomen, kavum Douglas menonjol, nyeri goyang porsio, atau massa di samping uterus.
  • Dan pada pemeriksaan penunjang, dituemukan adanya riwayat penggunaan AKDR, infeksi alat kandungan, penggunaan pil kontrasepsi progesteron dan riwayat operasi tuba serta riwayat faktor-faktor risiko lainnya memperkuat dugaan KET. Lebih bagus jika dilakukan pemeriksaan penunjang dengan USG dan pemeriksaan kadar HCG.

Baca Juga: Penyebab dan Faktor Risiko Kehamilan Ektopik

Penatalaksanaan Kehamilan Ektopik Terganggu (KET)

Penatalaksanaan kehamilan ektopik tergantung pada lokasi kehamilan dan tampilan klinis. Selain itu, perlu dibedakan antara kehamilan ektopik yang belum terganggu dari kehamilan ektopik terganggu (KET) sebab penatalaksanaannya berbeda.

Seorang pasien yang terdiagnosis kehamilan tuba dan masih dalam kondisi baik dan tenang, memiliki 3 pilihan, yaitu penatalaksanaan ekspektasi (expectant management), penatalaksanaan medis dan penatalaksanaan bedah. Penatalaksanaan kehamilan ektopik terganggu (KET) oleh dokter specialis kandungan.

Artikel terkait Penatalaksanaan Kehamilan Ektopik Terganggu (KET)

  • Arti Puka-Puki Dalam Kehamilan

    Arti Puka-Puki Dalam Kehamilan

    Apa arti Puka-Puki Dalam Kehamilan? Simple saja jawabannya, Puka adalah punggung Kanan, dan Puki adalah punggung kiri. Hahhh artinya cuma...

  • Perkembangan Janin Usia 6 Bulan (24-27 Minggu)

    Perkembangan Janin Usia 6 Bulan (24-27 Minggu)

    Perkembangan Janin usia 24 minggu (6 bulan) lebih peka rangsangan. Harus sering mengajak berbicara sebab tulang telinga bayi mulai mengeras...

  • Makanan Penyubur Untuk Pria dan Wanita Agar Cepat Hamil

    Makanan Penyubur Untuk Pria dan Wanita Agar Cepat Hamil

    Makanan penyubur untuk pria dan wanita agar cepat hamil tauge atau kecambah? Iya Tauge, tumbuhan tauge sangat dipercaya dari ratusan...

  • Ketuban Pecah Dini (KPD)

    Ketuban Pecah Dini (KPD)

    Apa itu Ketuban pecah dini (KPD) atau premature rupture of membranes (PROM) adalah kondisi membran selaput ketuban pecah sebelum memasuki...

  • Fungsi Air Ketuban Dan Jenis Kelainannya

    Fungsi Air Ketuban Dan Jenis Kelainannya

    Air Ketuban (cairan amnion) adalah cairan yang bersama janin selama kehamilan diselimuti selaput seperti balon. Kelainan pada air ketuban seperti...

Penatalaksanaan Kehamilan Ektopik Terganggu (KET) by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Penatalaksanaan Kehamilan Ektopik Terganggu (KET) via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status