Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Obat Herbal Mata Minus

Obat Herbal Mata Minus | Tips Kesehatan

Mata minus adalah masalah kesehatan pada mata yang juga dikenal sebagai rabun jauh atau myopia. Dengan masalah penglihatan ini, umumnya penderita mengalami kesulitan dalam melihat objek-objek atau tulisan yang berjarak cukup jauh. Semakin besar nilai minus yang diderita, semakin tidak jelas pula penglihatan yang dialami. Tentu saja penyakit mata minus ini akan sangat berbahaya ketika penglihatan semakin kabur dan tidak menggunakan alat bantu melihat apapun.

Penyakit rabun jauh atau mata minus merupakan penyakit yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti rusaknya lensa mata akibat terlalu sering bekerja sambil menghadap layar komputer dalam waktu yang lama, kecelakaan, atau juga karena faktor keturunan.

Masalah mata berupa rabun jauh sebenarnya merupakan masalah yang dapat diatasi dengan mudah jika belum terlalu parah atau minus mata belum terlalu besar (masih di bawah 3). Jika minus mata bukan merupakan masalah yang disebabkan oleh kerusakan lensa atau tidak didapat karena faktor genetik, penyakit mata minus ini dapat diobati secara alami. Beberapa obat herbal untuk mata minus dapat Anda pilih untuk mengatasinya, berikut beberapa pilihannya.

Obat Herbal Mata Minus

Daun Sirih

Daun sirih adalah daun beraroma khas yang bisa kita temukan dengan mudah karena banyak dijual di pasar-pasar tradisional atau bahkan supermarket. Bagi Anda yang bertempat tinggal di area perkampungan, daun sirih ini juga bisa ditemukan tumbuh dengan liar di perkarangan rumah atau sengaja ditanam sebagai tanaman obat.

Daun sirih mengandung beberapa jenis senyawa aktif yang membuatnya efektif sebagai antiseptik, anti bakteri, anti kuman, dan juga anti oksidan. Minyak atsiri yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat dalam mengobati berbagai penyakit, termasuk menyehatkan mata dengan melenturkan otot-otot mata dan mengembalikan kesehatan lensa mata.

Untuk mengobati rabun jauh dengan daun sirih, Anda hanya memerlukan dua lembar daun sirih dan empat buah plester yang akan digunakan sebagai alat perekat. Cara menggunakan daun sirih ini adalah dengan melipatnya menjadi empat, kemudian rekatkan ke kedua mata yang tertutup dengan menggunakan plester di bagian atas dan bawah. Tentu saja, penggunaan daun sirih untuk mengobati rabun jauh ini dilakukan pada malam hari saat tidur. Minyak atsiri yang terkandung di dalam daun sirih akan keluar dan menyehatkan mata, mengeluarkan semua kotoran, dan juga melenturkan otot-otot mata.

Terapi Penglihatan

Masalah mata berupa rabun jauh merupakan masalah yang umumnya terjadi karena lelahnya lensa mata karena terlalu lama melihat objek yang dekat dan bercahaya terang. Untuk mengatasinya, terapi penglihatan dapat menjadi solusi yang sangat efektif. Caranya, usahakan untuk mengistirahatkan mata setiap 30 menit bekerja dengan terus menatap layar komputer. Istirahatkan mata dengan cara melihat objek-objek yang jauh di luar jendela. Usahakan untuk melihat pemandangan yang luas dan berwarna hijau seperti pepohonan atau persawahan.

Kedua, terapi lainnya adalah dengan melihat benda-benda bergerak tanpa menggunakan kacamata. Usahakan agar objek-objek tersebut terlihat jelas dan tidak berbayang sehingga lensa mata Anda dapat terlatih. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan terapi totok mata dari mereka yang ahli dalam hal ini. Totok mata akan melancarkan peredaran darah ke sekitar mata dan melenturkan otot-ototnya, termasuk lensa mata.

Konsumsi Buah dan Sayur yang Menutrisi Mata

Agar mata dapat terus sehat, konsumsi buah dan sayur yang mengandung nutrisi baik bagi mata adalah hal yang sangat penting. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi jus anggur merah dan wortel secara teratur setiap hari. Jus dari kedua bahan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung betakaroten dan pro vitamin A yang sangat menyehatkan untuk mata. Selain itu, Anda juga dapat memilih jenis sayuran dan buah lain yang mengandung nutrisi tinggi untuk menyehatkan mata secara alami. Konsumsi jenis makanan sehat ini juga akan meningkatkan kesehatan tubuh, salah satunya pada mata.

Artikel terkait Obat Herbal Mata Minus

  • Khasiat Dan Manfaat Sirsak Bagi Kesehatan

    Khasiat Dan Manfaat Sirsak Bagi Kesehatan

    Masyarakat Indonesia sudah mengenal tanaman sirsak sebagai obat-obatan untuk mengobati beberapa macam penyakit diantaranya mengobati bisul batu, penyakit tekanan darah...

  • Tips Mengobati Wasir Dengan Bawang Putih

    Tips Mengobati Wasir Dengan Bawang Putih

    Bawang putih memiliki 4 efek penting dalam penyembuhan wasir / ambeien yaitu sebagai antibiotik, antioksidan, menghilangkan bekuan darah dan mengurangi...

  • Alami dan Herbal Mengobati Asam Urat

    Alami dan Herbal Mengobati Asam Urat

    Salah satu penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat dengan tidak terkontrolnya konsumsi makanan dan minuman adalah asam urat....

  • Obat Tradisional Gigi Berlubang

    Obat Tradisional Gigi Berlubang

    Langkah menyembuhkan sakit gigi, nyatanya bisa anda menggunakan obat tradisional sehingga tidak harus dengan memakai obat-obat kimia seperti asam mefenamat...

  • Tanaman Herbal untuk Hipertensi dari Buah dan Sayuran

    Tanaman Herbal untuk Hipertensi dari Buah dan Sayuran

    Tanaman herbal untuk mengobati penyakit hipertensi tidak bisa dijadikan pengobatan utama. Hidup sehat dengan produk herbal, kelebihannya tanpa efek samping...

Obat Herbal Mata Minus by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Obat Herbal Mata Minus via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status