Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Mitos dan Fakta Tablet Fe Untuk Ibu Hamil

Mitos dan Fakta Tablet Fe Untuk Ibu Hamil | Tips Kesehatan

Tablet Fe atau dikenal dengan tablet tambah darah merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah merah (hemoglobin) dan mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil selama masa kehamilan.

Jika ibu hamil kekurangan zat besi dalam menu makanan sehari-hari dapat menimbulkan penyakit anemia atau yang dikenal masyarakat sebagai penyakit kurang darah (Muchtadi, 2009).

Ibu hamil wajib mengkonsumsi tablet Fe sebanyak 90 butir selama periode kehamilan. Namun, beberapa orang ibu hamil tidak menuruti nasihat untuk meminum tablet Fe yang sudah diberikan oleh Bidan/dokter. Berikut Mitos dan Fakta seputar Tablet Fe untuk Ibu hamil:

Mitos Tablet Fe untuk Ibu hamil yang beredar SALAH di Masyarakat

  1. Mereka beranggapan jika mengkonsumsi tablet Fe, janin mereka akan memiliki bobot tubuh yang besar.
  2. Sulit dalam proses melahirkan.

Fakta atau Manfaat Tablet Fe untuk Ibu Hamil

Tablet Fe sangat penting bagi kesehatan ibu hamil, diantaranya: mencegah terjadinya anemia defisiensi besi, membentuk sel darah merah (haemoglobin), dan dapat mencegah terjadinya perdarahan pada saat persalinan.

Penting! Ketika seseorang akan mengkonsumsi zat besi, hindari teh atau kopi karena dapat mengurangi penyerapan zat besi dalam tubuh.

Penyerapan besi dapat lebih maksimal apabila memakai air minum yang sudah dimasak. Dengan meminum tablet Fe maka tanda-tanda anemia akan menghilang. Namun, jika tidak menghilang berarti anda menderita anemia gizi besi jenis lain (Kusmiyati, 2009).

Artikel terkait Mitos dan Fakta Tablet Fe Untuk Ibu Hamil

Mitos dan Fakta Tablet Fe Untuk Ibu Hamil by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Mitos dan Fakta Tablet Fe Untuk Ibu Hamil via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status