Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Menu & Jadwal Pemberian MP-ASI Bayi Usia 6-9 Bulan

Menu & Jadwal Pemberian MP-ASI Bayi Usia 6-9 Bulan | Tips Kesehatan

Akhirnya 6 bulan pertama menjadi ibu telah dilalui. Kondisi ibu pun kini sudah stabil, ibu muda sedang asyik-asyiknya menikmati peran menjadi seorang ibu. Selamat kepada jutaan ibu muda yang berhasil memberikan ASI EKSLUSIF.

Namun ditengah kebahagiaan ini, sebagian ibu merasa khawatir mengenai asupan nutrisi selanjutnya untuk si buah hati, karena nutrisi pada ASI hanya dapat memenuhi kebutuhan tubuh bayi sampai ia berusia 6 bulan, setelah itu wajib diberikan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) untuk memenuhi sebagian dari nutrisinya.

Beragam informasi dapat ibu dapatkan di internet, Namun ibu harus mengetahui dasarnya supaya ibu dapat memberikan nutrisi yang terbaik. Berikut menu MP-ASI yang dapat ibu berikan pada bulan pertama bayi mengenal makanan selain ASI: 

#Usia 6 bulan, Minggu pertama dan kedua (tahap pengenalan)

Menu & Jadwal Pemberian MP-ASI Bayi Usia 6-9 Bulan | Dunia Bidan

Pada minggu pertama bayi diberikan makanan berupa buah yang dilumatkan dengan tekstur kental. Seperti : Pisang yang dikerok menggunakan sendok. Ibu bisa menggunakan pisang ambon dan pisang lainnya yang mudah untuk dihancurkan. Selain buah pisang, juga dapat menggunakan buah alpukat matang. Pemberiannya selang seling saja supaya bayi tidak bosan.

#MP-ASI Usia 6 bulan, Minggu Ketiga dan Keempat (tahap pengenalan lebih lanjut)

Menu & Jadwal Pemberian MP-ASI Bayi Usia 6-9 Bulan | Dunia Bidan

Pada minggu ini, ibu boleh menambahkan bubur bayi atau bubur oatmeal, porsinya sedikit-sedikit saja, ibu bisa membuatnya sendiri. Jangan memaksaan kesukaan anak, karena kalau dipaksakan malah anak mengalami diare dan tentunya akan rewel terus.

Pemberian bubur bayi dapat diselingi dengan pemberian buah-buahan seperti pisang kerok atau alpukat kerok. Pada akhir bulan pertama pemberian MP-ASI, artinya beberapa hari lagi sikecil akan menginjak usia 7 bulan, ibu dapat memberikan variasi protein lainnya seperti daging ayam. Horee, semakin beragam makanan sikecil. Ayam bisa direbus kemudian dihancurkan lalu dicampur dengan bubur sayuran.

#MP-ASI Usia 7 dan 9 bulan (anak mulai terbiasa)

Menu & Jadwal Pemberian MP-ASI Bayi Usia 6-9 Bulan | Dunia Bidan

Setelah bayi dapat menerima asupan bubur, ibu boleh mulai membuat variasi menu pada bubur bayi, ibu juga dapat memberikan makanan lainnya seperti cereal, pengenalan buah dan sayuran baru seperti: tahu, tempe, daging ayam, daging sapi, hati ayam, dan sayuran ubi, brokoli, buncis, pepaya, buah pir, kentag dll.

Proses memasaknya masih sama harus dihancurkan, bisa dengan direbus atau dikukus kemudian diblender dan disaring. pokoknya tekstur makanan pendamping bayi usi 6-9 bulan harus lumat dan kental

Contoh bubur bayi yang bisa ibu buat sendiri dirumah:

  • Bubur oatmeal
  • Bubur buah apel (dikukus lalu dilumatkan kemudian disaring)
  • Bubur tepung beras
  • Bubur tofu (hati-hati tofu yang dicampur zat kimia borax, ibu harus selalu selektif dalam memilih bahan makanan untuk si kecil)
  • Bubur wortel (dikukus lalu dilumtkan kemudian disaring)
  • Bubur beras merah
  • Bubur kacang ijo lumat
  • Bubur ubi

Frekuensi pemberian MP-ASI kepada bayi usia 6-9 bulan:

  • 3x makanan lumat dengan porsi secara bertahap ditingkatkan hingga mencapai 2/3 250ml tiap waktu makan.
  • 2-3x makanan selingan seperti buah. porsinya 6-9 sendok setiap makan diberikan secara bertahap.
  • ASI tetap diberikan ya, MP-ASI hanya makanan pendamping, ASI harus tetap diberikan sampai usia bayi 2 tahun.

Jadwal pemberian MP-ASI usia 6-9 bulan:

Menu & Jadwal Pemberian MP-ASI Bayi Usia 6-9 Bulan | Dunia Bidan

Untuk jadwal dan menu MP-ASI usia 6-9 bulan dapat dilihat pada gambar diatas, macam buah dan sayur dapat dikondisikan tergantung kesukaan si kecil. Intinya jangan bosan atau kesal ketika anak tidak menyukai satu jenis maknan, kita harus lebih pandai menyiasatinya, bisa dengan dicampur-campur dengan bahan makanan lainnya.

Baca Juga: Menu & Jadwal Pemberian MP-ASI Bayi Usia 9-12 Bulan
Baca Juga: Menu & Jadwal Pemberian MP-ASI Bayi Usia 12-24 Bulan

Selamat Mencoba! Lainkali akan saya informasikan resep MP-ASI untuk si kecil. Tunggu artikel selanjutnya ya..

Artikel terkait Menu & Jadwal Pemberian MP-ASI Bayi Usia 6-9 Bulan

  • Kandungan Dan Manfaat Air Susu Ibu (ASI)

    Kandungan Dan Manfaat Air Susu Ibu (ASI)

    ASI atau air susu ibu ialah air susu yang diproduksi oleh manusia dan juga makhluk mamalia lainnya, untuk konsumsi bayi...

  • Faktor Penyebab ASI Sedikit

    Faktor Penyebab ASI Sedikit

    Untuk mengatasi kekeringan ASI, payudara harus dipompa setiap hari untuk mengaktifkan kelenjar susu. Manajemen ASI yang buruk mengakibatkan sedikitnya pasokan...

  • Cara Membuat Pure MP-ASI Usia 6 Bulan

    Cara Membuat Pure MP-ASI Usia 6 Bulan

    Berikut contoh cara membuat pure MP-ASI agar anak tidak cepat bosan. Penggunaan lemak pada pure MP-ASI bayi, nama evoo dan...

  • Tips Agar ASI (Air Susu Ibu) Keluar Banyak & Lancar

    Tips Agar ASI (Air Susu Ibu) Keluar Banyak & Lancar

    Tips Agar ASI (Air Susu Ibu) Keluar Banyak & Lancar, salah satunya dari makanan & perilaku ibu menyusui sehari-hari. Pastikan...

  • Menu & Jadwal Pemberian MP-ASI Bayi Usia 12-24 Bulan

    Menu & Jadwal Pemberian MP-ASI Bayi Usia 12-24 Bulan

    Menu & Jadwal Pemberian MP-ASI Bayi Usia 12-24 bulan bayi sudah dapat diberikan menu makanan keluarga, hindari makanan yang dapat...

Menu & Jadwal Pemberian MP-ASI Bayi Usia 6-9 Bulan by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Menu & Jadwal Pemberian MP-ASI Bayi Usia 6-9 Bulan via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status