Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Mengenali Daftar Penyakit Menular Seksual (PMS)

Mengenali Daftar Penyakit Menular Seksual (PMS) | Tips Kesehatan

Infeksi penyakit menular seksual (PMS) biasa disebut sebagai penyakit kelamin. Namun tidak semua penyakit menular seksual adalah penyakit kelamin yaa. Beberapa jenis infeksi bisa ditularkan melalui hubungan sexual namun bukan berarti masuk ke kategori penyakit kelamin, contohnya MENINGITIS. Meningitis dapat menular lewat hubungan seks, tapi cara penularan utamanya adalah lewat sekresi tenggorokan (batuk, meludah, dan berciuman). Oleh karena itu, meningitis tidak termasuk sebagai penyakit kelamin.

Nah loh? Jadi apa saja yang termasuk kategori penyakit menular seksual (PMS) yang Ditularkan melalui hubungan seksual atau kontak kelamin. Berikut daftar penyakit menular seksual:

  1. Clamydia, adalah jenis penyakit seksual yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. 
  2. Sipilis (Raja Singa), adalah penyakit seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum.
  3. Gonore (kencing nanah), adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae.
  4. Trikomoniasis, adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit bersel satu disebut Trichomonas vaginalis.
  5. Herpes, disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV) yang memasuki tubuh melalui luka kecil di kulit atau selaput lendir.
  6. Chancroid, disebabkan oleh bakteri Haemophilus ducreyl. Bisul kecil di alat kelamin akan muncul setelah 1-14 hari seseorang terinfeksi chancroid.
  7. Phthirus pubis (Kutu kemaluan), adalah serangga parasit kecil yang hidup di rambut kasar manusia, termasuk rambut kemaluan. Tidak seperti kutu biasa, kutu kelamin tidak tinggal di kulit rambut. Ia menyebar melalui kontak fisik yang berdekatan, sering kali melalui kontak seksual.
  8. Genital warts (Kutil kelamin), umumnya muncul akibat infeksi HPV (human papillomavirus) tertentu, yaitu HPV 6 dan 11. Selain kutil pada v4gina atau p3nis, HPV juga dapat menyebabkan kanker serviks pada wanita.
  9. Hepatitis, terdiri dari Hepatitis A, B, dan C merupakan virus yang menyerang hati dan dapat ditularkan melalui cairan tubuh ketika berhubungan seks.
  10. HIV termasuk virus yang mematikan, sebab virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh. Ketika sudah berkembang makin parah, virus akan berkembang menjadi AIDS.
  11. AIDS, Pada awalnya AIDS ini ada karena telah mengidap HIV sampai menyebabkan AIDS dan mengganggu kemampuan tubuh melawan infeksi. Virus ini dapat ditularkan melalui kontak dengan darah yang terinfeksi, air mani, atau cairan vagina.
  12. HPV (Human Papilloma Virus), adalah salah satu virus yang umum tertular lewat hubungan seksual tanpa kondom.
  13. Moluskum kontagiosum, merupakan infeksi pada lapisan atas kulit yang disebabkan oleh virus. Kondisi ini menyebabkan kulit memiliki tonjolan, putih, atau berbintil seperti mutiara. Jika terjadi pada daerah kemaluan, dapat menjadi penyakit menular seksual (PMS).

Kita dapat tertular penyakit kelamin dari hubungan seks vaginal, anal, atau oral tanpa kondom dengan seseorang yang sudah lebih dulu terinfeksi. Risiko penularan dapat meningkat terutama jika Anda memiliki luka terbuka di kulit atau kelamin yang bisa jadi gerbang masuknya penyakit.

Artikel terkait Mengenali Daftar Penyakit Menular Seksual (PMS)

  • Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

    Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

    Apa saja manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan? di dalam madu terkandung fruktosa, glukosa, sukrosa, maltosa, air yang bermanfaat bagi...

  • Diagnosa Serta Penanganan Asma dan Bronkitis

    Diagnosa Serta Penanganan Asma dan Bronkitis

    Ketahui Diagnosa dan Penanganan Asma dan Bronkitis, meskipun memiliki tanda dan gejala yang sama, namun keduanya berbeda ditinjau dari penyebab...

  • Pantangan Makanan Untuk Penderita Asam Urat

    Pantangan Makanan Untuk Penderita Asam Urat

    Ada banyak pentangan makanan untuk penderita asam urat diantaranya kacang-kacangan, jeroan, seafood, dendeng olahan, sayuran berwana putih, daun singkong, dan...

  • Jenis Pembalut Wanita

    Jenis Pembalut Wanita

    Pembalut merupakan barang wajib bagi wanita yang pasti akan digunakan setiap periode ketika menstruasi atau pasca melahirkan/keguguran. Jenis pembalut :...

  • Apa Itu Kanker Darah Limfoma?

    Apa Itu Kanker Darah Limfoma?

    Apa Itu Kanker Darah Limfoma? Limfoma merupakan kanker darah pada sistem limfatik. Kanker limfoma adalah kanker yang dimulai pada sel-sel...

Mengenali Daftar Penyakit Menular Seksual (PMS) by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Mengenali Daftar Penyakit Menular Seksual (PMS) via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status