Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Manfaat Mengetahui Masa Subur

  • 2K
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Manfaat Mengetahui Masa Subur yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Masa subur adalah salah satu bagian dari siklus wanita selain menstruasi yang erat kaitannya dengan kehamilan, dimana seorang wanita melepaskan sel telur yang matang dan siap untuk dibuahi. Dengan kata lain, masa subur disebut juga "masa ovulasi". Rata-rata wanita mengalami masa subur diantara hari ke-10 sampai hari ke-17 tergantung siklus haid/mestruasi masing-masing karena tiap wanita berbeda, ada yang mengalami siklus haid 28 hari ada juga yang 31 hari.

Apa Manfaat Mengetahui Masa Subur Wanita?

Manfaat mengetahui masa subur wanita diantaranya adalah:

  1. Mengetahui kapan waktu yang tepat terjadinya ovulasi untuk melakukan program hamil, jika berhubungan intim saat wanita mengalami masa subur, maka besar kemungkinan seorang wanita dapat hamil, karena sel telur yang dilepaskan pada waktu tersebut sudah matang dan siap untuk dibuahi.
  2. Mengoptimalkan waktu untuk melakukan hubungan intim dengan pasangan tanpa pengaman atau kontrasepsi, hindari berhubungan intim pada waktu masa subur. Berhubungan intim diluar waktu masa subur dapat menjadi KB alami.
  3. Membantu mengidentifikasi masalah infertilitas.
  4. Masa subur juga bisa menjadi metode kontrasepsi alami (mengatur jumlah anak dan jarak kehamilan) yang efektif dan tanpa efek samping. Namun harus sudah benar-benar diketahui kapan masa subur itu datang dan harus mengetahui cara menghitung masa subur supaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Yang pertama harus dilakukan adalah mencatat siklus haid yang berlangsung selama 4-6 bulan, sebab dokter atau bidan perlu mengatahui siklus haid atau menstruasi yang pernah dialami seorang wanita untuk dapat menghitung dan menentukan kapan masa subur yang tepat. Hal tersebut sangat diperlukan untuk membantu dokter dan bidan menegakan hasil penghitungan masa subur tersebut, terlebih jika siklus menstruasi yang dialami memiliki siklus yang tidak teratur.

Konsultasikan kepada Dokter atau Bidan Anda untuk cara penghitungan masa subur yang benar.

Manfaat Mengetahui Masa Subur

Temukan informasi dan tips seputar Manfaat Mengetahui Masa Subur melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel Terkait

  • Tanda Gejala Penyakit Diabetes

    Tanda Gejala Penyakit Diabetes

    Apa sih tanda gejala diabetes? Bagi orang awam mungkin sedikit membingungkan karena gejalanya hampir mirip dengan sakit biasa, berikut penjelasan...

  • Khasiat Tanaman Obat Brotowali

    Khasiat Tanaman Obat Brotowali

    Khasiat tanaman obat brotowali, rasanya yang terkenal pahit ternyata banyak sekali manfaat yang tersimpan didalamnya seperti obat rematik, mengurangi gula...

  • Cara Menggosok Atau Menyikat Gigi Yang Baik Dan Benar

    Cara Menggosok Atau Menyikat Gigi Yang Baik Dan Benar

    Simak cara menggosok atau menyikat gigi yang baik dan benar. Kebanyakan orang menggosok gigi dengan arah horizontal atau menyamping dengan...

  • 4 Fase Dalam Siklus Menstruasi

    4 Fase Dalam Siklus Menstruasi

    Siklus menstruasi merupakan proses pelepasan dinding rahim disertai dengan perdarahan yang terjadi setiap bulan kecuali saat hamil. Siklus mentruasi terjadi...

  • Macam Kelainan Pada Menstruasi

    Macam Kelainan Pada Menstruasi

    Terdapat beberapa macam kelainan pada mestruasi seperti dismenorea, amenorea, oligomenorea, polimenorea, hipomenorea, hipermenorea, menorraghia, metrorraghia, PMS (Pra Menstrual Syndrom).

DMCA.com Protection Status