Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Manfaat Melakukan Senam Hamil

Manfaat Melakukan Senam Hamil | Tips Kesehatan

Senam hamil adalah kumpulan gerakan senam yang dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kebugaran dan sebagai metode pelemasanan otot-otot agar tidak kaku menjelang persalinan. Senam hamil dapat dilakukan sendiri maupun mengikuti kelas senam hamil yang telah dijadwalkan oleh Bidan atau dokter kandungan.

Manfaat senam hamil bagi kesehatan:

  1. Menjaga kesehatan dan kebugaran ibu hamil
  2. Meningkatkan kinerja otak dan konsentrasi ibu hamil, karena ibu hamil harus mengingat serangkaian gerakan senam tersebut.
  3. Menambah stamina agar tidak lesu dan lemas
  4. Melancarkan proses persalinan, tubuh ibu hamil yang terbiasa bergerak maka otot-ototnya akan lentur dan memudahkan proses pembukaan persalinan. Berbeda dengan ibu hamil yang sehari-harinya diisi dengan tidur dan malas-malasan, bisa terlihat saat proses persalinan terjadi biasanya suka lama menunggu pembukaan menjadi lengkap.
  5. Senam hamil dapat membantu melatih pernapasan, pernapasan yang baik sangat bermanfaat saat proses persalinan tiba, ibu hamil yang mampu mengatur tarikan dan keluaran napan, waktu menekan pun berhasil dilalui dengan mudah.
  6. Berlatih posisi yang baik untuk melahirkan.
  7. Membantu mengontrol berat badan saat hamil, ibu hamil tidak boleh terlalu gemuk sebab berbagai penyulit persalinan akan muncul kepada ibu hamil dengan obesitas (kegemukan).

Hati-hati ketika hendak melakukan senam hamil dirumah, mintalah orang lain untuk menemani. Lebih baik lagi jika ibu hamil mengikuti kelas senam hamil karena jelas instrukturnya dan jelas pula pengawasannya.

Artikel terkait Manfaat Melakukan Senam Hamil

Manfaat Melakukan Senam Hamil by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Manfaat Melakukan Senam Hamil via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status