Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Manfaat DHA bagi Ibu Hamil dan Janin

Manfaat DHA bagi Ibu Hamil dan Janin | Tips Kesehatan

Berbagai jenis makanan atau suplement yang mengandung DHA biasanya laris diburu konsumen, pasalnya kandungan DHA dipercaya mampu mencerdaskan otak. Begitupun dengan ibu hamil yang menyertakan suplement DHA ini masuk kedalam list suplement yang wajib dikonsumsi saat masa kehamilan. Namun apakah DHA ini benar-benar diperlukan untuk ibu hamil? Mari kita bahas selengkapnya.

Jumlah DHA yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari adalah sekitar 220 mg sehari dan bisa didapatkan dari ASI, susu, telur, dan juga ikan. Apabila jumlah DHA yang dikonsumsi tubuh minim, maka Anda dapat menambahnya dengan mengkonsumsi suplemen DHA yang mengandung 200 mg DHA. Pastikan Anda benar-benar melihat daftar yang tertera pada suplemen mengandung 200 mg DHA bukan sekadar mengandung DHA saja.

Manfaat DHA bagi ibu hamil dan Janin

Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3, EPA dan DHA yang penting untuk menunjang metabolisme tubuh. Namun bagi ibu hamil, mengkonsumsi suplemen DHA lebih disarankan daripada mengonsumsi daging ikan. Sebab ikan dikhawatirkan mengandung merkuri yang berisiko tinggi bagi janin. Merkuri dapat tersimpan di dalam daging atau protein ikan, tapi tidak dapat terkandung dalam lemak yang mana minyak ikan atau suplemen DHA berasal.

1. Manfaat mengkonsumsi DHA bagi Ibu hamil

  • Mencegah preeklamsia
  • Mencegah postpartum depression

2. Manfaat mengkonsumsi DHA bagi Janin

  • Mendukung perkembangan otak
  • Mendukung perkembangan mata
  • Mencegah janin lahir prematur

Untuk menentukan jenis suplemen dan pola makan yang mengandung DHA, Bumil dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan. Saat berkonsultasi, dokter akan menentukan jenis dan dosis suplemen DHA yang dapat Bumil konsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing.

Artikel terkait Manfaat DHA bagi Ibu Hamil dan Janin

Manfaat DHA bagi Ibu Hamil dan Janin by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Manfaat DHA bagi Ibu Hamil dan Janin via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status