Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Manfaat Daun Sirih Dan Cara Mengolahnya

  • 2K
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Manfaat Daun Sirih Dan Cara Mengolahnya yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Daun sirih dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan. Cara mengkonsumsinya pun beragam, ada yang langsung dikunyah, ada juga dengan cara direbus lalu airnya diminum.

Tanaman bernama latin piper batle l. tersebut dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat karena mengandung minyak atsiri, kavikol, gula, seskuiterpen, zat samak, pati, dan juga minyak terbang atau betlephenol. Banyak sekali manfaat dari tanaman hijau yang menjalar dan masuk dalam keluarga piperaceae ini.

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun sirih yang banyak dirasakan oleh masyarakat:

1. Menyembuhkan penyakit asma

Asma merupakan jenis penyakit yang sangat merepotkan, walaupun bukan merupakan jenis penyakit kronis, seperti diabetes dan jantung. Asma sendiri akan menimbulkan efek dan gejala yang sangat mengganggu aktivitas, seperti: sesak nafas, Sulit melakukan kegiatan yang berat dalam jangka waktu yang lama, Nafas terasa pendek dan tersenggal – senggal.

2. Mengobati Radang Tenggorokan

Anda dapat membuat rebusan dari daun sirih, dengan cara yang sama persis dengan pengobatan asma, namun minumlah air rebusan tersebut hanya ketika merasakan sakit tenggorokan saja. Air rebusan dari daun sirih dapat melegakan tenggorokan anda dan menghilangkan gejala sakit tenggorokan, seperti: Suara yang terasa serak, Batuk, Rasa perih saat menelan, Sulit berbicara.

3. Mengobati sakit dan iritasi pada mata

Manfaat daun sirih yang cukup dikenal adalah untuk mengobati iritasi dan sakit mata. Rebus 1-2 lembar daun sirih dalam 1 gelas air, tunggu sampai dingin. Gunakan air rebusan tersebut untuk mengompres atau sebagai obat tetes.

4. Melancarkan haid

Bagi anda para wanita yang sering mengalami masalah ketika haid atau menstruasi, jumlah darah yang terlalu banyak keluar dapat menyebabkan timbulnya nyeri saat datang bulan. Oleh sebab itu, campurkan daun sirih dengan kunyit dan gambir, rebus, lalu minum airnya. Siklus datang bulan yang tidak teratur juga bisa diminimalisir dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih. Anda juga boleh menambahkan mahkota dewa serta umbi dewa ke dalam air rebusan sirih tadi.

5. Menghilangkan bau mulut

Terkadang bau mulut mengaganggu lancarnya aktivitas ketika diharuskan berhadapan dengan seseorang atau banyak orang, terutama setelah mengkonsumsi makanan yang menimbulkan bau mulut, sangatlah mengganggu. Maka dari itu, anda dapat mencoba menggunakan rebusan dari daun sirih untuk menghlangkan bau mulut anda.

6. Membersihkan rongga mulut dari kuman

Manfaat ini sama seperti manfaat dari rebusan daun sirih yang mampu menyegarkan dan menghilangkan bau mulut. berkumurlah dengan menggunakan rebusan daun sirih tersebut setelah makan dan sikat gigi. cara membuat rebusan daun sirih untuk membersihkan rongga mulut dari kuman adalah Rebus 4-5 lembar daun sirih dengan 4 gelas air. Gunakan air rebusan untuk berkumur terutama setelah makan

7. Obat untuk [email protected] yang membengkak

Caranya, ambil beberapa lembar daun sirih, kemudian bakar sampai layu. Lalu, tempelkan pada payuda** yang bengkak saat masih hangat.

8. Mengobati demam berdarah

Rebus 5-6 daun sirih dalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum air rebusan 2 kali sehari secara rutin.

9. Mengobati batuk

Manfaat daun sirih lainnya adalah untuk mengobati batuk. Rebuslah 5 daun sirih merah dalam 300 ml air, minum rebusannya 2 kali setiap hari secara teratur.

10. Mengobati penyakit Bronchitis

Untuk mengobati penyakit ini, yang Anda butuhkan adalah 6–10 daun sirih yang direbus dengan 300 ml air hingga tersisa setengahnya saja. Minum rebusan tersebut 3 kali sehari secara teratur.

Manfaat Daun Sirih Dan Cara Mengolahnya

Temukan informasi dan tips seputar Manfaat Daun Sirih Dan Cara Mengolahnya melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel Terkait

DMCA.com Protection Status