Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Manfaat dan Bahaya Makan Jeroan Bagi Ibu Hamil

Manfaat dan Bahaya Makan Jeroan Bagi Ibu Hamil | Tips Kesehatan

Seperti yang kita tahu bahwa jeroan merupakan salah satu jenis makanan yang berasal dari bagian dalam hewan yang sudah disembelih mulai dari usus, hati, ampela, otak, jantung dan sebagainya. Jeroan memang sangat enak dan juga lezat untuk dimasak ataupun dijadikan cemilan. Sayangnya, banyak yang tidak tahu bahwa mengkonsumsi jeroan dalam porsi yang cukup banyak dapat meningkatkan penumpukan lemak pada tubuh yang menjadi satu gejala munculnya penyakit kolesterol.

Lantas, bolehkah ibu hamil mengonsumsi jeroan? Apa manfaat yang didapatkan ibu hamil serta bahaya yang akan timbul nantinya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut tentunya kami sajikan beberapa alasan boleh atau tidaknya ibu hamil makan jeroan. 

Terlepas dari boleh atau tidaknya mengonsumsi jeroan selama kehamilan. Tentunya, ini menjadi rambu-rambu bagi ibu hamil dan berkaitan dengan kepercayaan dari masing-masing individu. Sebagian besar pendapat mengatakan bahwa jeroan tidak berbahaya dan boleh dikonsumsi dalam batas yang wajar. Sedangkan sebagian yang lain sangat melarang ibu hamil untuk mengonsumsi jeroan dan memang benar-benar harus dihindari sebisa mungkin.

Jeroan memang mengandung beberapa vitamin dan juga nutrisi yang memang dibutuhkan tubuh. Bagian tubuh dalam dari hewan tentunya memiliki berbagai nutrisi dan gizi yang akan kita dapatkan nantinya. Nutrisi dan juga gizi yang terkandung di dalam jeroan diantaranya: Lemak, Protein, Karbohidrat, Fosfor, Vitamin A, Vitamin B12 dan B5, Zat besi, Magnesium, Kalium, Asam folat dan omega, Selenium dan tembaga.

Setelah kita mengetahui akan kandungan gizi dan juga nutrisi yang ada pada jeroan. Tentunya, ini menjadi sebuah bukti bahwa ibu hamil memang diperbolehkan untuk mengonsumsi jeroan. Namun, hal yang perlu Anda ingat bahwa kandungan gizi dan juga nutrisi yang ada pada jeroan tidak boleh berlebihan. Anda harus membatasi konsumsi jeroan hewan sebaik dan sebisa mungkin.

Sebaiknya, ibu hamil mengonsumsi jeroan berupa ati ayam, usus, ginjal, ampela dan juga otak sapi. Karena beberapa sumber makanan tersebut memang memiliki kandungan gizi dan juga nutrisi yang memang dibutuhkan oleh ibu hamil seperti zat besi, vitamin A dan juga vitamin B. Beberapa vitamin tersebut tentunya dapat mencegah seseorang dari terkena gejala anemia pada kehamilan. Baca Juga : Anemia Pada Kehamilan (Definisi, Penyebab, Gejala, Cara mengatasi)

Manfaat Jeroan Bagi Ibu Hamil

Mengonsumsi jeroan bagi ibu hamil memang tidak dilarang selama dalam batas wajar. Beberapa dokter menjelaskan manfaat yang dapat diambil dari konsumsi jeroan bagi ibu hamil,diantaranya:

1. Mendukung pembentukan otak janin

Perkembangan otak janin memang menjadi hal yang diinginkan oleh setiap ibu hamil. Otak janin yang berkembang tentunya tergantung dari asupan makanan, gizi dan juga nutrisi dari seorang ibu hamil. Jika asupan gizi dan juga nutrisi kurang, maka janin akan mengalami perkembangan otak yang lambat. Maka, untuk meningkatkan perkembangan otak janin, sebaiknya ibu mengonsumsi jeroan berupa ati ayam. Kandungan asam folat yang ada pada ati ayam sangat mendukung dalam pembentukan sel otak janin sehingga si kecil akan tumbuh menjadi anak yang cerdas.

2. Memenuhi kebutuhan protein harian, mineral dan vitamin

Kandungan protein yang terdapat dalam jeroan hewan seperti ginjal, babat, lidah dan juga jantung memiliki kadar protein yang cukup tinggi  dapat membantu seorang ibu dalam memenuhi kebutuhan protein harian tanpa kadar lemak yang cukup banyak. Selain itu, Jeroan mengandung setidaknya vitamun A, B5, B12 dan juga E.

Pada 100 gram ati ayam tentunya mengandung lebih dari 40% kebutuhan protein dan juga 50% kebutuhan zat besi pada kebutuhan harian ibu hamil. Oleh karena itu, Anda sebagai ibu hamil dianjurkan untuk lebih mengonsumsi ati ayam dibandingkan dengan jeroan yang lainnya.

3. Membantu pembentukan sel darah merah

Ketika seorang wanita tengah hamil membutuhkan asupan sel darah merah yang cukup. Pasalnya, sel darah merah pada ibu hamil dibagi menjadi dua dengan janin. Maka dari itu, dengan mengonsumsi jeroan seorang ibu akan terhindar dari kekurangan sel darah merah. Jeroan berupa ati ampela dan juga jantung dipercaya dapat meningkatkan kadar sel darah merah pada tubuh ibu hamil.

Risiko Mengkonsumsi Jeroan Bagi Ibu Hamil

Terlalu banyak mengonsumsi jeroan tentunya dapat menghambat pertumbuhan janin dan juga mengancam kesehatan kehamilan karena jeroan memang mengandung lemak yang cukup banyak jika dibandingkan dengan vitaminnya.

Tidak hanya untuk ibu hamil, jeroan memang memiliki bahaya yang cukup serius bagi kesehatan tubuh manusia jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Orang yang sering mengonsumsi jeroan tentunya memiliki risiko yang lebih besar dibandingkan dengan orang yang jarang mengonsumsi.

Berikut beberapa risiko dan juga bahaya yang akan dialami oleh ibu hamil jika mengonsumsi jeroan terlalu banyak dan juga berlebihan, diantaranya:

  • Menimbulkan alergi berupa gatal-gatal yang berkepanjangan
  • Mengakibatkan sakit pinggang yang hebat
  • Menghambat pertumbuhan janin dengan cepat
  • Mengancam kesehatan ibu selama kehamilan
  • Peningkatan berat badan yang drastis bahkan berisiko obesitas
  • Meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh
  • Meningkatkan asam urat pada tubuh manusia
  • Menjaga pola makan dan juga asupan makanan serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh saat hamil memang menjadi kewajiban bagi Anda. Membatasi porsi dalam mengonsumsi jeroan memang perlu dipertimbangkan bagi Anda. Itulah beberapa fakta mengenai bolehkah ibu hamil makan jeroan. Semoga bermanfaat!

Agar ibu hamil dapat menikmati jeroan tanpa khawatir dampaknya, Anda dapat memilih Ati Ampela sebagai panganan jeroan, karena selain rasanya enak (bagi yang menyukai) juga memberikan manfaat kepada ibu hamil. Ingat untuk mengonsumsi dalam batas wajar.

Artikel terkait Manfaat dan Bahaya Makan Jeroan Bagi Ibu Hamil

  • Bolehkah ibu hamil makan seblak pedas?

    Bolehkah ibu hamil makan seblak pedas?

    Bolehkah ibu hamil makan seblak pedas? apakah ibu hamil mengetahui dampak negatif jika terlalu banyak atau sering mengkonsumsi makanan seblak...

  • Manfaat Telur Untuk Kesehatan Ibu Hamil

    Manfaat Telur Untuk Kesehatan Ibu Hamil

    Gizi yang terkandung dalam telur baik untuk tubuh, terlebih lagi untuk ibu hamil. Hasil penelitian itu menunjukan bahwa asupan tinggi...

  • Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Bakso?

    Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Bakso?

    Bolehkah ibu hamil makan bakso? Mari simak selengkapnya di DuniaBidan.Com mengenai dampak negatif mengkonsumsi bakso bagi ibu hamil dan janin.

  • Proses Terjadinya Kehamilan

    Proses Terjadinya Kehamilan

    Bagaimana proses terjadinya kehamilan? hamil terjadi ketika sel sperma pria bertemu dengan sel telur wanita. inilah yang disebut sebagai pembuahan,...

  • Kandungan Dan Manfaat Granola Untuk Ibu Hamil Menyusui

    Kandungan Dan Manfaat Granola Untuk Ibu Hamil Menyusui

    Granola merupakan campuran berbagai jenis makanan, ada buah kering, gandum, hingga kacang-kacangan. Begitu banyak kandungan serta manfaat granola bagi ibu...

Manfaat dan Bahaya Makan Jeroan Bagi Ibu Hamil by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Manfaat dan Bahaya Makan Jeroan Bagi Ibu Hamil via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status