Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Makanan Dan Minuman Yang Perlu Dibatasi Ibu Hamil

  • 1K
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Makanan Dan Minuman Yang Perlu Dibatasi Ibu Hamil yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Keinginan makanan yang besar pada trimester 2 dan 3 kadang tidak dapat ditahan, tetapi perlu disiasati agar pertambahan berat badan ibu hamil tetap terkontrol, serta janin yang ikut mengkonsumsi makanan yang ibu makan mendapatkan manfaat baiknya bukan resiko.

Makanan dan minuman yang perlu dibatasi ibu hamil, diantaranya: 

Jajanan tidak sehat

Bukan tidak boleh jajan, namun ibu hamil harus lebih selektif memilih jenis jajanan yang akan dikonsumsi. Pastinya ngiler yaa kalo ada bakso, mie ayam, siomay dan lainnya lewat ke depan rumah, apalagi itu adalah jajanan favorit.

Namun ketika sedang hamil anda harus memastikan jajanan tersebut bebas mengunakan pengawet, pengenyal atau MSG, karena bahan tersebut dikhawatirkan dapat mengganggu pertumbuhan janin.

Jangan sungkan untuk bertanya kepada si amang penjual mengenai apakah memakai bahan pengawet, pengenyal dan MSG pada jajanan yang dijual nya.

Fast Food (Makanan Cepat Saji)

Lemak Jenuh untuk mengolah fastfood menyebabkan kelebihan kolesterol dan menimbulkan risiko penyakit jantung.

Daging Tidak Matang

Usahakan memasak bahan daging dan ikan dengan matang sempurna. Daging ayam/sapi/ikan yang mentah atau setengah matang bisa mengandung vakteri, virus, serta parasit dan membawa resiko toksoplasmosis, literia dan salmonela.

Makanan Laut (Seafood) Yang Tercemar

Beberapa ikan laut seperti marlin, hiu, tengiri besar dan tuna sirip biru diduga telah terkontaminasi merkuri. Kadar merkuri yang tinggi dalam darah ibu hamil berbahaya untuk perkembangan otak dan sistem syaraf si kecil.

Makanan Asin

Garam dibutuhkan oleh tubuh meskipun jumlahnya sedikit karena kekurangan garam akan membuat ibu hamil hilang kesadaran. Jadi pakai garam sewajarnya saja, kemudian batasi konsumsi garam berlebih terutama pada trimester ketiga untuk menghindari hipertensi dan preeklamsia. 

Sayur Mentah yang Tidak Dicuci Bersih

Sayur segar baik bagi kesehatan, tetapi pastikan anda sudah mencuci dengan bersih agar terhindar dari risiko toksoplasmosis. Namun, untuk jenis sayur tauge lebih baik dimasak dulu sebab bakteri yang masuk kedalam tauge sangat sulit dibersihkan.

Minuman Kafein dan Soda

Batasi minum minuman mengandung kafein dan soda sebab kafein sulit dicerna oleh sistem metabolisme janin. Selain itu, minuman soda banyak mengandung gula, asam fosfat/karbonat/soda, bahan pengawet dan kafein. Risiko yang timbul akibat terlalu banyak mengkonsumsi soda adalah obesitas dan hipertensi.

Makanlah makanan utama 3 kali sehari atau lebih dengan porsi sedikit namun sering, ditambah selingan buah-buahan yang banyak seratnya atau kacang-kacangan dan biji-bijian yang dipanggang sebanyak 2 kali dalam sehari.

Makanan Dan Minuman Yang Perlu Dibatasi Ibu Hamil

Temukan informasi dan tips seputar Makanan Dan Minuman Yang Perlu Dibatasi Ibu Hamil melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel terkait Makanan Dan Minuman Yang Perlu Dibatasi Ibu Hamil

DMCA.com Protection Status