Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Khasiat Dan Manfaat Sirsak Bagi Kesehatan

Khasiat Dan Manfaat Sirsak Bagi Kesehatan | Tips Kesehatan

Sirsak masuk ke Indonesia diperkirakan pada Abad XIX. Nama sirsak berasal dari bahasa Belanda, zuurzak. Zuur artinya asam dan zak berarti kantong. Jadi secara harfiah sirsak memiliki arti buah yang berasa asam. Bisa jadi ini didasari kombinasi rasa buahnya yang manis dan asam. Selain daunnya, hampir sekujur bagian tanaman sirsak juga memiliki manfaat untuk pengobatan. Buahnya, batangnya, bahkan bijinya pun memiliki manfaat yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Di Indonesia tanaman ini memiliki beberapa nama, yaitu nangka sebrang dan nangka londo (Jawa), nangka walanda dan sirsak (Sunda), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), deureuyan belanda (Aceh), durio ulondro (Nias), serekaja (Bugis), jambu landa (Lampung), dan durian betawi (Minangkabau).

Saat ini di Indonesia dikenal dua varietas sirsak yang dibedakan berdasarkan rasanya. Varietas sirsak yang rasanya manis dikenal juga dengan sirsak ratu. Varietas ini berbuah kecil, lengket di lidah, dan bijinya sedikit. Varietas lainnya adalah sirsak yang memiliki rasa asam. Jenis ini berukuran lebih besar dan mempunyai banyak biji. Sirsak jenis ini tersebar luas di Indonesia. Tanaman sirsak belum dibudidayakan secara besar-besaran, tetapi umumnya ditanam secara terbatas di halaman atau pekerangan rumah.

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya, buah sirsak diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah sirsak yang perlu Anda ketahui:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat di dalam buah sirsak berperan sebagai antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh serta mengurangi risiko untuk terkena penyakit kronis, seperti diabetes dan hipertensi.
Selain itu, kandungan nutrisi pada buah sirsak juga diketahui dapat menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat melawan penyakit infeksi.

2. Meredakan peradangan

Ekstrak buah sirsak diketahui memiliki efek antiradang. Efek ini dipercaya baik untuk meringankan peradangan dan penyakit yang muncul akibat peradangan, seperti asam urat (gout), hipertensi, dan arthritis.
Meski demikian, penelitian sejauh ini belum dapat menyimpulkan dengan pasti bagaimana efektivitas buah sirsak sebagai pengobatan. Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat buah sirsak yang satu ini.

3. Melancarkan pencernaan

Tingginya kandungan serat dan air di dalam buah sirsak baik untuk menjaga saluran cerna agar tetap aktif. Rutin mengonsumsi buah-buahan, termasuk buah sirsak, juga baik untuk mengatasi dan mencegah sembelit.

4. Melawan infeksi

Suatu riset di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah sirsak terlihat dapat membunuh bakteri, virus, serta parasit. Ditambah kandungan nutrisinya yang dapat memperkuat daya tahan tubuh, buah sirsak dipercaya baik untuk membantu pemulihan tubuh setelah terkena infeksi.

5. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Di dalam buah sirsak, terkandung antioksidan dan beragam zat kimia lain yang memiliki sifat antikanker. Beberapa studi di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah dan daun sirsak terlihat dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker, seperti kanker payudara, prostat, usus besar, hati, ginjal, dan mulut.

Selain dikonsumsi layaknya buah segar, sirsak juga bisa diolah menjadi makanan dan minuman. Banyak masyarakat di Indonesia membuat makanan olahan berbahan dasar sirsak seperti dodol sirsak, selai sirsak, dan jus sirsak. Jus sirsak merupakan minuman hasil olahan buah sirsak yang sehat dan menyegarkan. Bahkan dengan teknologi terkini, daun sirsak yang mengandung zat acetogenins ini diolah menjadi jus dipadukan dengan kulit manggis. Acetogenins dikenal sebagai zat yang berkhasiat untuk menumpas kanker.

Buah sirsak boleh saja dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan sehat karena memang memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Namun, bila Anda hendak menggunakan suplemen atau pengobatan herbal yang mengandung ekstrak buah, daun, atau bagian lain dari tanaman sirsak, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu terkait keamanan dan efektivitasnya.

Artikel terkait Khasiat Dan Manfaat Sirsak Bagi Kesehatan

  • Obat Tradisional Gigi Berlubang

    Obat Tradisional Gigi Berlubang

    Langkah menyembuhkan sakit gigi, nyatanya bisa anda menggunakan obat tradisional sehingga tidak harus dengan memakai obat-obat kimia seperti asam mefenamat...

  • Alami dan Herbal Mengobati Asam Urat

    Alami dan Herbal Mengobati Asam Urat

    Salah satu penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat dengan tidak terkontrolnya konsumsi makanan dan minuman adalah asam urat....

  • Obat Herbal Mata Minus

    Obat Herbal Mata Minus

    Mata minus dikenal sebagai rabun jauh atau myopia. Dengan masalah penglihatan ini, umumnya penderita mengalami kesulitan dalam melihat objek-objek atau...

  • Tanaman Herbal untuk Hipertensi dari Buah dan Sayuran

    Tanaman Herbal untuk Hipertensi dari Buah dan Sayuran

    Tanaman herbal untuk mengobati penyakit hipertensi tidak bisa dijadikan pengobatan utama. Hidup sehat dengan produk herbal, kelebihannya tanpa efek samping...

  • Tips Mengobati Wasir Dengan Bawang Putih

    Tips Mengobati Wasir Dengan Bawang Putih

    Bawang putih memiliki 4 efek penting dalam penyembuhan wasir / ambeien yaitu sebagai antibiotik, antioksidan, menghilangkan bekuan darah dan mengurangi...

Khasiat Dan Manfaat Sirsak Bagi Kesehatan by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Khasiat Dan Manfaat Sirsak Bagi Kesehatan via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status