Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Kb Susuk Implant Cara Kerja Dan Efektivitas

  • 5K
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Kb Susuk Implant Cara Kerja Dan Efektivitas yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Jenis kontrasepsi temporer (sementara) selanjutnya yang akan dibahas adalah KB implant (KB susuk). Kenapa KB susuk implant disebut kontrasepsi temporer? Karena KB susuk implant dapat kembali mendapatkan masa subur setelah pelepasan.

Apa Itu KB Susuk (KB implant)?

Pengertian KB susuk atau KB implan adalah alat kontrasepsi berupa tabung plastik kecil dan fleksibel seukuran korek api yang mengandung levonogestrel dibungkus dalam kapsul silastik silicon (polydimethyl siloxane) berbentuk tabung yang berisi hormon golongan progesteron dengan cara dimasukkan dibawah kulit lengan kiri atas bagian dalam untuk mencegah kehamilan.

KB implan cocok untuk wanita yang sering lupa minum pil KB setiap hari, atau bagi anda yang ingin mencegah kehamilan dengan jarak. Dengan pemakaian yang benar, sekali pasang KB implan dapat mencegah kehamilan selama 3 tahun dan 5 tahun.

Cara Kerja KB Susuk Implant

Susuk yang sudah ditanam ke dalam kulit kemudian melepaskan hormon progestin dengan kadar rendah untuk mencegah kehamilan atau mencegah ovulasi yakni pelepasan sel telur dalam siklus bulanan. Jadi jika seorang wanita dipasang kontrasepsi susuk implant. ia tidak akan mengalami ovulasi, ia tidak bisa hamil karena tidak ada sel telur untuk dibuahi.

Selain itu, hormon progestin dalam KB implan juga akan menebalkan lendir di sekitar leher rahim (serviks), hal tersebut membuat sp3rma kesulitan berenang ke dalam rahim. Kemudian hprmon progestin juga akan menipiskan lapisan dinding rahim, sehingga jika ada sp3rma yang berhasil membuahi sel telur, telur tersebut akan sulit menempel pada dinding rahim.

Efektivitas KB Susuk Implan

Menurut catatan, dalam satu tahun tak sampai 1 dari 100 pengguna KB implan yang tetap kebobolan hamil. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor seperti: setelah habis 3 tahun belum diganti, posisi pemasangan yang tidak benar.

Untuk dapat bekerja dengan baik, implan harus berada dalam posisi yang benar serta harus diganti jika sudah habis waktunya. Kejadian kebobolan tersebut biasanya terjadi jika Anda menggunakan KB susuk implan selama 3 tahun dan tidak segera dileoas atau diganti dengan impan yang baru.

Maka dari itu, penting untuk mengingat dan mencatat kapan KB implan Anda dipasang, dan kapan anda harus mengganti KB impan tersebut.

Jika masa kerja implan anda habis namun anda jauh dengan fasilitas kesehatan, sebaiknya anda membeli kond0m atau pil di Apotek terdekat sebagai upaya mencegah kehamilan.

Baca Juga: Jenis KB Susuk Implant
Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan KB Susuk Implan
Baca Juga: Kontraindikasi, Syarat Pemasangan KB Susuk Implant
Baca Juga: Efek Samping KB Susuk Implant

Kb Susuk Implant Cara Kerja Dan Efektivitas

Temukan informasi dan tips seputar Kb Susuk Implant Cara Kerja Dan Efektivitas melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel Terkait

DMCA.com Protection Status