Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Kandungan Gizi Paprika Bermanfaat Untuk Kesehatan

  • 1K
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Kandungan Gizi Paprika Bermanfaat Untuk Kesehatan yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Paprika dengan nama latin Capsicum annuum L, merupakan tumbuhan penghasil buah yang berasa manis sedikit pedas dari suku terong-terongan atau Solanaceae.

Buah paprika mengandung banyak antioksidan dan vitamin C (150 – 250 mg/100 g).Selain itu, terdapat kandungan karoten seperti lycopene yang ditemukan sembilan kali lebih banyak pada paprika merah. Paprika merah juga memiliki kandungan vitamin C dua kali lipat dari paprika hijau.TipsKesehatan.org

Buahnya memiliki macam-macam warna yaitu berwarna hijau, kuning, merah, dan orange sering digunakan sebagai campuran salad atau rujak. Berikut kandungan gizi dan manfaat buah paprika:

Kandungan Gizi Paprika

Dalam 1 buah paprika ukuran 100 gram memiliki kandungan gizi beikut ini:

Paprika mengandung 94% air, 5% karbohidrat, dan sedikit lemak dan protein. Paprika merupakan sumber vitamin C yang kaya, dan paprika merah memiliki lebih banyak kandungan vitamin C dari paprika hijau.

Selain itu dalam paprika ukuran 100 gram terdapat 20 kalori, 0.86g protein, 0.17g lemak, 1.8g serat, 3mg sodium, 4.64g karbohidrat, 2.4g gula. Sementara untuk kandungan vitamin dan mineralnya terdapat 10mg kalsium (1%), vitamin C (80.4mg), Vitamin E (0.37mg), Vitamin K (7.4 μg), Vitamin B6 (0.224 mg), Vitamin A (18 μg), beta-karoten (208 μg), dan Air (93.9 g), 

Manfaat Paprika Untuk Kesehatan

1.  Kesehatan Mata

Paprika mengandug vitamin A yang sangat tinggi yang membantu untuk mendukung penglihatan yang sehat, terutama penglihatan pada malam hari. Paprika adalah sumber yang kaya karotenoid yang disebut lutein yang membantu dalam mengurangi resiko degenerasi makula pada mata yang merupakan penyebab paling umum dari usia terkait kehilangan penglihatan. Paprika juga melindungi mata dari katarak karena tingkat tinggi beta-karoten dan juga vitamin C.

2.  Penurunan Berat Badan

Paprika memiliki aksi termogenik ringan yang meningkatkan metabolisme tanpa meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, terutama paprika merah. Oleh karena itu, mengkonsumsi paprika dapat mendukung penurunan berat badan.

3.  Mengandung Zat Anti Kanker

Kandungan paprika yaitu antioksidan dan anti-inflamasi nutrisi sehingga paprika memberikan beberapa manfaat anti-kanker. Enzim-enzim paprika membantu untuk mencegah kanker lambung dan kanker kerongkongan. Sedangkan kandungan karotenoid lycopene ditemukan efektif dalam pencegahan prostat, kandung kemih, leher rahim dan kanker pankreas.

4.  Mengandung manfaat kardiovaskular

Paprika merah kaya akan kandungan likopen yang sangat baik untuk kesehatan jantung sedangkan paprika hijau merupakan sumber serat yang baik menurunkan kolesterol.

Peningkatan kadar homocystein dapat menyebabkan risiko lebih tinggi penyakit jantung. Paprika mengandung vitamin B6 dan folat yang membantu untuk menurunkan kadar homocysteine.

Kandungan antioksidan yang tinggi, vitamin A dan C hadir dalam sayuran ini membantu untuk menghapus radikal bebas. Kalium yang terkandung dalam paprika menurunkan sekitar 162 miligram tekanan darah yang juga bermanfaat bagi jantung.

5.  Mendukung sistem kekebalan tubuh

Vitamin C sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan dapat membangun kolagen yang kuat untuk menjaga kesehatan kulit dan sendi. Hal ini berperan dalam menurunkan risiko radang sendi dan mengurangi peradangan. Vitamin K membantu dalam pembentukan bekuan darah, sangat penting untuk mengembangkan tulang yang kuat dan melindungi sel dari kerusakan oksidatif.

Kandungan Gizi Paprika Bermanfaat Untuk Kesehatan

Temukan informasi dan tips seputar Kandungan Gizi Paprika Bermanfaat Untuk Kesehatan melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel terkait Kandungan Gizi Paprika Bermanfaat Untuk Kesehatan

  • Tips Mencegah Wasir

    Tips Mencegah Wasir

    Pada kasus wasir yang parah, tindakan pembedahan atau operasi adalah satu-satunya jalan keluar. Banyak orang yang enggan untuk melakukan tindakan...

  • Apa Itu Kanker Darah Leukemia

    Apa Itu Kanker Darah Leukemia

    Apa Itu Kanker Darah Leukemia? Leukemia berasal dari bahasa yunani "Leucos" yang memiliki arti putih dan "aima" yang memiliki arti...

  • Apa Itu Kista Ovarium Gejala Dan Pencegahan

    Apa Itu Kista Ovarium Gejala Dan Pencegahan

    Kista ovarium adalah Kantong yang berisi cairan yang tumbuh baik didalam atau diluar ovarium (Indung telur). Gejala yang dirasakan gangguan...

  • Apa Itu Difteri Penyebab Gejala Penularan Dan Mengobati

    Apa Itu Difteri Penyebab Gejala Penularan Dan Mengobati

    Apa Itu Difteri? infeksi yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium, Tanda gejala paling menonjol pada tenggorokan terdapat selaput berwarna abu, penularan...

  • Pantangan Makanan Untuk Penderita Asam Urat

    Pantangan Makanan Untuk Penderita Asam Urat

    Ada banyak pentangan makanan untuk penderita asam urat diantaranya kacang-kacangan, jeroan, seafood, dendeng olahan, sayuran berwana putih, daun singkong, dan...

DMCA.com Protection Status