Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Kandungan Dan Manfaat Granola Untuk Ibu Hamil Menyusui

Kandungan Dan Manfaat Granola Untuk Ibu Hamil Menyusui | Tips Kesehatan

Granola merupakan campuran berbagai jenis makanan, ada buah kering, gandum, hingga kacang-kacangan. Dan beberapa bahan tersebut merupakan bahan dasar granola yang nantinya akan dikukus bersama madu dan sedikit minyak, untuk kemudian menjadi renyah setelah dipanggang.

Kandungan Granola

Granola sendiri dikategorikan sebagai makanan yang memiliki gizi yang banyak sehingga sering disebut menu sarapan sehat dan lezat. Kandungan gizi yang ada di dalam granola merupakan gabungan dari berbagai zat gizi penting. Di dalam granola terdapat mineral, serat, dan vitamin. Granola cocok untuk menjadi cemilan juga bisa dibawa di dalam toples untuk campuran makan siang atau makanan lainnya.

  • Kandungan serat yang ada di dalam granola cukup tinggi. Ada sekitar 30% serat dari kecukupan serat yang ditubuhkan tubuh di setiap 100 gram granola. Di dalam granola juga terdapat beberapa vitamin diantaranya vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan juga beberapa vitamin B Kompleks.
  • Vitamin B kompleks yang ada di dalam granola yaitu asam folat, asam pantotenat, niasin, riboflavin, niasin, hingga vitamin B6. Dan juga di dalam granola ada mineral yang merupakan bagian dari kandungan zat gizi mikro.
  • Kandungan mineral yang ada di dalam granola yaitu ada fosfor, kalsium, magnesium, mangan, natrium, potassium selenium, seng, dan tembaga. Selain itu, ada zat gizi mikro seperti lemak, karbohidrat, protein yang ada setiap potongan granola.

Dengan banyaknya vitamin dan zat gizi yang sehat, granola juga cocok untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Dimana kandungan makanan di dalamnya memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Manfaat granola bagi ibu hamil, sebagai berikut:

1. Mengandung Kandungan Zat yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Kacang-kacangan dan gandum yang ada di dalam granola memiliki protein yang tinggi dan sangat menguntungkan bagi ibu hamil atau menyusui yang tidak bisa mengonsumsi protein hewani.

2. Meningkatkan Energi bagi Ibu Hamil

Granola mampu menambah energi yang ada pada ibu hamil dan ibu menyusui. Oleh karena itu pula kenapa banyak atlet yang rajin mengonsumsi granola karena terdapat kandungan energi yang jumlahnya bisa menyeimbangkan aktivitas fisik mereka sehari-hari. Selain itu juga cocok untuk kamu yang memiliki kebutuhan makanan dengan energi tinggi sekalipun kamu bukan seorang atlet.

Manfaat granola bagi ibu menyusui ,sebagai berikut:

1. Menyehatkan kandungan di Saat Masa Kehamilan

Granola menjadi salah satu makanan sehat bagi ibu hamil dan ibu menyusui, karena memiliki nafsu makan yang dinamis dan tidak terkontrol. Oleh karena itu, biasanya banyak dari mereka yang cenderung tidak bisa mendapat asupan gizi yang cukup.

Oleh karena itu, dengan mengonsumsi granola, mampu merangsang nafsu dan meningkatkan selera. Ibu hamil pun langsung bisa mendapatkan nutrisi juga kecukupan gizi untuk sang ibu dan juga janin. Asam folat yang ada di dalam granola adalah salah satu vitamin B kompleks yang penting untuk kesehatan janin dan juga bayi.

2. Meningkatkan Kekebalan Sistem Imun di Dalam Tubuh

Manfaat granola bagi ibu menyusui selanjutnya adalah mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan imun di dalam tubuh baik bagi ibu hamil dan menyusui. Kandungan vitamin C dan vitamin E yang tinggi di dalam granola membantu tubuh untuk membentuk kekebalan sistem imun. Dimana vitamin C dan E sendiri merupakan vitamin yang memiliki kandungan antioksidan didalamnya.

Vitamin anti oksidan merupakan vitamin yang bisa menangkal radikal bebas. Selain bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan serat larut yang ada di dalam granola juga mendukung bakteri probiotik serta juga berkontribusi untuk meningkatkan sistem imun kekebalan tubuh. Oleh karena itu penting bagi ibuhamil dan ibu menyusui.

3. Mengatur Kadar Tekanan Darah

Manfaat selanjutnya yaitu mampu mengatur tekanan darah yang tidak terkontrol. Hal ini dikarenakan di dalam granola terdapat kandungan mineral seperti kalium yang memiliki fungsi khusus terhadap tekanan darah. Selain itu juga, kalium memiliki kontribusi dalam pelebaran pembuluh darah.

Selain beberapa manfaat diatas, manfaat granola lainnya terutama untuk ibu hamil dan menyusui yaitu dapat meningkatkan stamina serta memperbaiki sistem pencernaan. Kandungan serat yang ada didalam granola serta kalsium dan zat besi mampu membantu sistem pencernaan menjadi lebih teratur serta menguatkan stamina bagi ibu hamil danibu menyusui.

Artikel terkait Kandungan Dan Manfaat Granola Untuk Ibu Hamil Menyusui

  • Perkembangan Janin Usia 4 Bulan (16-19 Minggu)

    Perkembangan Janin Usia 4 Bulan (16-19 Minggu)

    Usia kehamilan 4 bulan (16 minggu) merupakan moment spesial bagi ibu hamil. Sebab, janin yang ada didalam rahim kini memiliki...

  • Blighted Ovum (Kehamilan Kosong, Janin Tidak Berkembang)

    Blighted Ovum (Kehamilan Kosong, Janin Tidak Berkembang)

    Blighted Ovum (BO) adalah kondisi pada masa kehamilan yang terjadi ketika kantung kehamilan berkembang tanpa embrio (kehamilan anembryonic), kehamilan BO...

  • Tanda Gejala Ibu Hamil Mengalami Anemia

    Tanda Gejala Ibu Hamil Mengalami Anemia

    Berikut cara mengenali tanda ibu hamil mengalami anemia: kurang konsentrasi, kurang nafsu makan, pandangan berkunang-kunang, Wajah, kuku, bibir dan selaput...

  • Perkembangan Janin Usia 8 Bulan (32-35 Minggu)

    Perkembangan Janin Usia 8 Bulan (32-35 Minggu)

    Perkembangan janin usia kehamilan 8 bulan merupakan masa penting pertumbuhan janin, berat janin akan bertambah secara signifikan pada bulan ini...

  • Tips Ibu Hamil Bepergian Mudik Dengan Mobil

    Tips Ibu Hamil Bepergian Mudik Dengan Mobil

    Tips ibu hamil bepergian mudik dengan mobil mungkin lebih nyaman daripada menggunakan transportasi umum, karena lebih bebas mengatur keberangkatan dan...

Kandungan Dan Manfaat Granola Untuk Ibu Hamil Menyusui by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Kandungan Dan Manfaat Granola Untuk Ibu Hamil Menyusui via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status