Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Jenis Termometer Suhu Tubuh dan Aturan Pakai

Jenis Termometer Suhu Tubuh dan Aturan Pakai | Tips Kesehatan

Hal penting lainnya yang wajib diketahui Ibu adalah jenis termometer apa yang terbaik untuk mengukur suhu. Berikut adalah beberapa jenis termometer yang bisa Anda pertimbangkan untuk digunakan, di antaranya:

Jenis Termometer Suhu Tubuh

Termometer Digital

Termometer ini menggunakan sensor panas elektronik untuk merekam suhu tubuh. Alat ini dapat digunakan di rektum (rectal), mulut (oral), atau ketiak (axillary). Di antara ketiga bagian tubuh ini, suhu di ketiak biasanya paling akurat.

Termometer Digital Telinga (Tympanic Membrane)

Termometer ini menggunakan pemindai inframerah untuk mengukur suhu di dalam saluran telinga. Perlu diketahui, kotoran telinga atau saluran telinga kecil yang melengkung dapat mengganggu keakuratan suhu.

Termometer Arteri Temporal

Termometer ini menggunakan pemindai inframerah untuk mengukur suhu arteri temporal di dahi. Jenis termometer ini dapat digunakan bahkan saat anak sedang tidur. Meski dapat memberi hasil yang cepat, tingkat akurasi termometer ini belum setara dengan termometer digital biasa.

Termometer Merkuri / Air Raksa

Meskipun alat termometer air raksa ini terlihat jadul karena tidak menggunakan teknologi seperti alat termometer yang lainnya, namun beberapa ahli memaparkan bahwa termometer air raksa ini jauh lebih akurat dibanding dengan termometer digital.

Aturan Penggunaan Termometer Suhu Tubuh

Sebelum menggunakan termometer untuk mengukur suhu normal bayi, Anda harus membaca dengan cermat setiap instruksi yang biasanya disertakan di dalam bungkusnya. Agar mendapatkan hasil yang akurat, dalam beberapa kasus, penggunaan termometer harus disesuaikan dengan umur.

Usia 0 hingga 3 bulan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa termometer arteri temporal pada dahi bisa menunjukkan suhu normal bayi yang akurat pada bayi yang baru lahir.

Usia 3 hingga 4 tahun

Pada rentang usia ini, Anda dapat menggunakan termometer digital untuk mengukur suhu dubur, ketiak, atau menggunakan termometer arteri temporal.

Usia 4 tahun ke atas

Pada usia ini, sebagian besar anak-anak dapat memegang termometer digital di bawah lidah untuk waktu yang singkat guna mendapatkan pembacaan suhu dari mulut. Anda juga dapat menggunakan termometer digital untuk mengukur suhu ketiak, termometer arteri temporal, atau termometer telinga digital.

Jika bayi berusia 3 hingga 12 bulan demam mungkin merupakan tanda penyakit, maka temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Tindakan segera ke dokter juga diperlukan jika pengukuran suhu dari dubur menunjukkan angka 38 derajat Celcius atau lebih.

Artikel terkait Jenis Termometer Suhu Tubuh dan Aturan Pakai

  • Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

    Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

    Apa saja manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan? di dalam madu terkandung fruktosa, glukosa, sukrosa, maltosa, air yang bermanfaat bagi...

  • Kandungan Gizi Paprika Bermanfaat Untuk Kesehatan

    Kandungan Gizi Paprika Bermanfaat Untuk Kesehatan

    Kandungan gizi paprika bermanfaat untuk kesehatan, buah paprika mengandung banyak antioksidan dan vitamin C (150 – 250 mg/100 g) juga...

  • Bahaya Asap Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan

    Bahaya Asap Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan

    Tahukah anda kalau ternyata asap obat nyamuk bakar lebih berbahaya daripada asap rokok? Badan kesehatan dunia bahkan sudah melarang penggunaan...

  • Fakta Hubungan Perokok Dengan Kejadian Hipertensi

    Fakta Hubungan Perokok Dengan Kejadian Hipertensi

    Hipertensi merupakan bagian dari gangguan organ jantung yang disebabkan oleh perilaku individu yang kurang menjaga kesehatan. Menurut teori Blum mengatakan...

  • Pengertian PAP SMEAR dan Frekuensi Pemeriksaan

    Pengertian PAP SMEAR dan Frekuensi Pemeriksaan

    Pap smear adalah Prosedur skrining yang dilakukan seorang wanita untuk test kehadiran sel-sel prakanker atau kanker pada serviks (leher rahim)....

Jenis Termometer Suhu Tubuh dan Aturan Pakai by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Jenis Termometer Suhu Tubuh dan Aturan Pakai via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status