Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Jenis Pembalut Wanita

  • 150
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Jenis Pembalut Wanita yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Pembalut merupakan barang wajib bagi wanita yang pasti akan digunakan setiap periode ketika menstruasi atau pasca melahirkan/keguguran. Selama ini, rata-rata wanita mengenal 1 jenis pembalut saja, entah itu bersayap atau tanpa sayap, padahal ada banyak sekali jenis pembalut yang dapat digunakan. Akan tetapi, anda harus berhati-hati atas bahan dan kandungan dalam pembalut sebelum menggunakannya. Sembarangan memilih pembalut dapat meningkatkan risiko iritasi dan infeksi pada vagina. Mari kenali jenis pembalut wanita berikut ini:

Jenis Pembalut Wanita

1. Pembalut Sekali Pakai

Jenis ini paling terkenal di masyarakat Indonesia, selain mudah didapat, cara penggunaannya pun mudah. Namun beberapa waktu yang lalu sempat menjadi perbincangan hangat mengenai keamanan bahan dari jenis pembalut ini, disinyalir mengandung bahan kimia yang berbahaya.

tipskesehatan.org

Dibalik isue pembalut sekali pakai ini berbahaya, para produsen pembalut sekali pakai membuat produk pembalut dengan bahan herbal yang diklaim lebih sehat karena tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya.

Meski jenis pembalut ini banyak diperbincangkan karena keamanannya, namun masih banyak wanita lebih memilih jenis pembalut ini karena beberapa kemudahan diantaranya:

  • Mudah didapatkan, baik di toko kecil maupun di supermarket
  • Mudah digunakan, dengan cara melepas perekat, lalu menempelkannya pada celana dalam.
  • Mudah dibersihkan, bisa langsung dibuang setelah dibersihkan, namun sampahnya ini akan tertimbun dan sulit terurai karena beberapa material terbuat dari plastik. 

2. Pembalut Kain / Menstrual Pad (Reusable)

tipskesehatan.org

Pembalut kain kini semakin dikenal oleh wanita sebagai pembalut yang lebih sehat, karena bahannya terbuat dari kain dan tidak melibatkan bahan kimia apapun dalam produknya. Selain itu, pembalut kain atau menstrual pad lebih ekonomis karena dapat dicuci dan digunakan kembali.

Kekurangan dari pembalut kain ini adalah ketika musim hujan, mungkin akan sedikit merasa kesulitan untuk mengeringkan nya karena tidak ada bantuan sinar matahari untuk menjemurnya, namun bisa disiasati dengan Anda menyetok banyak pembalut kain agar jika yang dijemur belum kering, masih ada pembalut kain yang bisa dipakai.

Kini Anda dapat dengan mudah mendapatkan jenis pembalut kain ini, karena sudah banyak produsen mengembangkan pembalut kain dari harga murah sampai yang mahal. Jika anda menginginkan pembalut kain dengan kualitas no.1 dengan harga ekonomis, bisa membelinya DISINI hanya Rp 75000 - Rp 165000 sesuai varian dengan Tehnologi Silver+ bersertifikasi Jerman.

3. Menstrual Cup

Mentrual Cup atau cup untuk menstruasi, bagi sebagian orang mungkin terdengan asing, namun di Luar negeri sudah populer dan banyak digunakan oleh gadis yang belum menikah. Bantuk nya seperti corong dan terbuat dari karet silicon yang lentur dan nyaman digunakan. Cara pengunaannya adalah dengan memasukannya ke vagina, jadi bagian corongnya itu untuk menampung darah, dan yang panjang diujung itu untuk memudahkan menariknya keluar. 

tipskesehatan.org

Menstrual Cup dapat digunakan selama delapan jam dengan nyaman. Namun, satu hal yang harus para ladies ingat adalah darah yang tertampung tidak bisa sembarang dibuang. Sebelum digunakan juga harus dicuci bersih dan dilakukan sterilisasi terlebih dahulu sebelum digunakan kembali agar tidak terjadi infeksi. Jika anda sedang mencari produk menstrual cup bagus namun harga masih terjangkau, silahkan klik DISINI hanya Rp 65000.

4. Tampon 

tipskesehatan.org

Jenis pembalut ini mungkin kurang populer di Indonesia, namun wanita di Luar negeri banyak yang menggunakan jenis pembaut ini, bahkan beberapa juga dilengkapi dengan gel dan obat anti-kram saat menstruasi. Tampon ini akan diletakkan di dalam Miss V, dekat dengan mulut rahim. Namun karena ini berbahan sama seperti pembalut sekali pakai lainnya, maka tampon juga dapat membahayakan rahim.

Ok ladies, kamu sekarang masih ingin menggunakan pembalut biasa atau beralih jenis pembalut? Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda.

Jenis Pembalut Wanita

Temukan informasi dan tips seputar Jenis Pembalut Wanita melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel Terkait

  • Apa Itu Difteri Penyebab Gejala Penularan Dan Mengobati

    Apa Itu Difteri Penyebab Gejala Penularan Dan Mengobati

    Apa Itu Difteri? infeksi yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium, Tanda gejala paling menonjol pada tenggorokan terdapat selaput berwarna abu, penularan...

  • Apa Itu Kanker Darah Leukemia

    Apa Itu Kanker Darah Leukemia

    Apa Itu Kanker Darah Leukemia? Leukemia berasal dari bahasa yunani "Leucos" yang memiliki arti putih dan "aima" yang memiliki arti...

  • Diagnosa Serta Penanganan Asma Dan Bronkitis

    Diagnosa Serta Penanganan Asma Dan Bronkitis

    Ketahui Diagnosa dan Penanganan Asma dan Bronkitis, meskipun memiliki tanda dan gejala yang sama, namun keduanya berbeda ditinjau dari penyebab...

  • Faktor Pemicu Difteri Dan Komplikasi

    Faktor Pemicu Difteri Dan Komplikasi

    Bagi beberapa orang, difteri bisa merenggut nyawa bahkan setelah diobati sekalipun. Apa saja faktor yang meningkatkan risiko seseorang terkena difteri?...

  • Pantangan Makanan Untuk Penderita Asam Urat

    Pantangan Makanan Untuk Penderita Asam Urat

    Ada banyak pentangan makanan untuk penderita asam urat diantaranya kacang-kacangan, jeroan, seafood, dendeng olahan, sayuran berwana putih, daun singkong, dan...

DMCA.com Protection Status