Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Jadwal Pemberian Mp Asi Pertama Bayi Usia 6 Bulan

  • 1K
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Jadwal Pemberian Mp Asi Pertama Bayi Usia 6 Bulan yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

MP-ASI pertama diberikan saat bayi mencapai usia 6 bulan, pada tahap ini jangan dulu memberikan makanan berat, cukup dengan memberikan buah asli tanpa proses memasak selama 2 minggu dengan variasi bermacam-macam agar anak tidak bosan, pilih buah dengan tekstur lumat dan tidak keras seperti pisang, apel, dan alpukat. Namun jangan lupa dengan ASI, meskipun anak diberikan MP-ASI, anak tetap harus mendapatkan ASI sampai usia 2 tahun guna mendapatkan nutrisi yang lengkap dari ASI.

Jadwal MP-ASI Pertama Bayi

Kalau anak sudah terbiasa dengan MP-ASI pertama, ibu boleh menambahkan jenis buah atau sayuran, mengenalkan berbagai macam rasa buah atau sayuran sangat baik, selain dapat memperoleh gizi dan nutrisi dari makanan tersebut, ibu juga dapat mengetahui makanan kesukaan dan makanan yang menimbulkan reaksi bagi anak seperti muntah, diare, atau gatal-gatal alergi.

Hal yang harus diperhatikan untuk membuat MP-ASI bayi usia 6 bulan

  • ASI tetap diberikan
  • MP-ASI yang dibuat dari buah asli atau dengan disaring terlebih dahulu
  • Tekstur makanan harus lumat dan kental
  • Secara bertahap diberikan sampai 125 ml tiap kali makan

Jadwal pemberian MP-ASI pertama untuk bayi usia 6 bulan

Jam 6 Pagi : ASI

Jam 8 Pagi : Bubur Susu

Jam 10 Siang : Buah

Jam 12 Siang : ASI

Jam 2 Siang : ASI

Jam 4 Sore : Buah

Jam 6 Sore : Bubur susu

Jam 8 Malam : ASI

Ciri-ciri anak memerlukan MP-ASI

  • Rewel
  • Waktu menyusui lebih lama
  • Antusias melihat orang makan
  • Memasukan tangan ke mulut
  • Kemampuan refleks menelan sudah baik

Cara membuat bubur susu untuk MP-ASI bayi usia 6 bulan

1. Jangan memanaskan ASI/ Sufor

Banyak resep di internet tentang cara membuat bubur susu menyarankan untuk memanaskan susu, sebenarnya hal tersebut SALAH karena ketika ASI/Sufor dipanaskan dalam suhu 40°C nutrisii didalamnya akan rusak seperti probiotik yang sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan tubuh.

Jika ingin menambahkan ASIP/Sufor, tambahkan ketika bubur sudah sedikit dingin atau tambahkan ASI/Sufor ketika hendak disajikan pada bayi. Jika bubur susu tidak segera dihabiskan, lebih baik dibuang, jangan disimpan apalagi sampai diberikan kembali.

Tips: Memasak bubur susu jangan terlalu banyak, masak untuk sekali makan karena dilihat dari jadwal diatas, pemberian bubur susu hanya 2 atau 3 kali saja dalam 1 hari dengan jarak waktu yang panjang.

2. Jangan ditambahkan gula dan garam

Dapatkan rasa manis dari buah asli, jangan ditambahkan dengan gula meskipun gula yang dipakai adalah gula aren, dan untuk garam juga dapat ditemukan pada keju atau butter, sebaiknya dihindari untuk bayi usia 6 bulan, pengenalan gula dan garam diberikan saat bayi mencapai usia 7-8 bulan.

Jika kurang manis biar saja lebih baik lagi bila anak tidak protes, maka garam dan gula tidak diperlukan. Namun jika anak tidak mau makan, berikan dengan jumlah secukupnya karena hanya sebagai pemberi rasa saja dan jangan dibiasakan karena dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan anak untuk mengonsumsi makanan bergizi.

3. Untuk pemberian sayur, coba 1 jenis sayur

Dalam tahap perkenalan, berikan satu jenis sayur terlebih dahulu, sangat disarankan memberikan sayuran berwarna hijau atau orange pada anak seperti bayam, kacang, buncis atau wortel. 

Hindari memberikan 3 jenis sayur sekaligus agar tidak terjadi diare. Namun lanjutkan pemberian jika bayi memberikan reaksi yang baik saat mengkonsumsi berbagai jenis sayur bersamaan.

4. Pemberian Olahan setengah matang

Pemberian olahan setengah matang seperti telur setengah matang sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh bayi sebagai salah satu menu MP-ASI, karena dalam telur setengah matang dikhawatirkan mengandung bakteri salmonella typosa yang akan menimbulkan berbagai jenis penyakit karena sistem pencernaan dan kekebalan tubuhnya belum sempurna.

Jadwal Pemberian Mp Asi Pertama Bayi Usia 6 Bulan

Temukan informasi dan tips seputar Jadwal Pemberian Mp Asi Pertama Bayi Usia 6 Bulan melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel terkait Jadwal Pemberian Mp Asi Pertama Bayi Usia 6 Bulan

  • Faktor Penyebab Asi Sedikit

    Faktor Penyebab Asi Sedikit

    Untuk mengatasi kekeringan ASI, payudara harus dipompa setiap hari untuk mengaktifkan kelenjar susu. Manajemen ASI yang buruk mengakibatkan sedikitnya pasokan...

  • Daftar Makanan Untuk Melancarkan Asi

    Daftar Makanan Untuk Melancarkan Asi

    Makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui akan mempengaruhi kualitas produksi ASI. Berikut Daftar Makanan yang dikenal dapat membantu untuk melancarkan...

  • Menu & Jadwal Pemberian Mp Asi Bayi Usia 6 9 Bulan

    Menu & Jadwal Pemberian Mp Asi Bayi Usia 6 9 Bulan

    MP-ASI hanya makanan pendamping, ASI harus tetap diberikan sampai usia 2 tahun. Berikut Penjelasan Menu dan jadwal pemberian MP-ASI untuk...

  • Tips Agar Asi Air Susu Ibu Keluar Banyak & Lancar

    Tips Agar Asi Air Susu Ibu Keluar Banyak & Lancar

    Tips Agar ASI (Air Susu Ibu) Keluar Banyak & Lancar, salah satunya dari makanan & perilaku ibu menyusui sehari-hari. Pastikan...

  • Menu & Jadwal Pemberian Mp Asi Bayi Usia 9 12 Bulan

    Menu & Jadwal Pemberian Mp Asi Bayi Usia 9 12 Bulan

    Menu MP-ASI bayi usia 9-12 bulan bisa mengikuti menu dewasa namun rasanya disesuaikan dan cara karena indra pengecapnya semakin terlatih,...

DMCA.com Protection Status