Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Gumoh Bayi Muntah Setelah Diberi Asi

  • 1K
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Gumoh Bayi Muntah Setelah Diberi Asi yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Gumoh pada bayi bukanlah masalah serius yang perlu dikhawatirkan. Pada usia 0-3 bulan, bayi Anda mungkin akan mengalami gumoh dengan sangat sering, namun kondisi tersebut akan berangsur-angsur membaik, hingga pada usia 7-8 bulan bayi tak akan mengalami gumoh lagi.

Istilah kedokteran untuk gumoh adalah gastroesophageal reflux, terjadi karena pergerakan otot di bagian atas perut yang belum sempurna. Gumoh sering terjadi pada bayi baru lahir dan berkurang setelah bayi menginjak usia 1 tahun.

Salah satu alasan kenapa bayi sering gumoh karena sistem pencernaan yang belum matang, sehingga memudahkan isi perut mengalir kembali ke kerongkongan (esofagus) lalu keluarlah sebagai gumoh.

Gumoh adalah muntah ringan atau regurgitasi makanan (tapi berbeda dengan muntah), cairan yang keluar biasanya hanya sedikit, seperti mengalir, atau mungkin hanya menetes berupa susu yang baru saja di minum dan bercampur dengan air liur.

Kapan saja bayi sering gumoh?

Umumnya bayi gumoh setelah diberikan ASI atau makanan ke dalam mulutnya, berikut beberapa statistik kejadian kapan saja bayi mengalami gumoh:

  • Muncul seketika setelah bayi minum susu atau ASI, tetapi juga dapat terjadi 1-2 jam setelahnya.
  • Setengah dari semua bayi yang berusia 0-3 bulan, gumoh setidaknya sekali per hari.
  • Bayi sering gumoh biasanya puncaknya pada 2-4 bulan.
  • Bayi sudah mulai jarang gumoh pada usia 7-8 bulan.
  • Bayi tidak gumoh lagi atau berhenti total pada usia 12 bulan.

Samakah gumoh dan muntah pada bayi?

Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Baik gumoh dan muntah pada bayi merupakan pengeluaran isi lambung. Namun, Gumoh berbeda dengan muntah.

Bedanya, gumoh terjadi seperti illustrasi air yang mengalir ke bawah, bisa sedikit (seperti meludah) atau cukup banyak, bersifat pasif dan spontan. Sedangkan muntah lebih cenderung dalam jumlah banyak dan dengan kekuatan dan atau tanpa kontraksi lambung.

Keduanya merupakan hal biasa (normal) dan tidak menandakan suatu hal yang serius yang terjadi pada bayi Anda. Hanya sebagian kecil kasus muntah bayi (muntah patologis) yang menjadi indikasi gangguan serius. Meskipun normal, Gumoh yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang akan mengganggu pertumbuhan bayi.

Apakah Gumoh pada Bayi Berbahaya?

Pada umumnya gumoh tidak berbahaya, tetapi bila terjadi hal-hal berikut ini, segeralah ke dokter :

  • Terdapat darah pada susu yang keluar ketika gumoh
  • Membuat bayi tersedak
  • Membuat bayi menjadi biru
  • Cairan yang keluar terlalu banyak (yaitu muntah)
  • Bila mengganggu kenaikan berat badan atau terjadi penurunan berat badan

Gumoh yang Tergolong Normal

Selain mengeluarkan cairan susu atau makanan, gumoh juga bisa diiringi sendawa, batuk atau cegukan beberapa saat, tersedak, menolak makan atau menangis saat menyusu atau diberi makan. Sebenarnya bayi sering gumoh bukan kondisi yang mengkhawatirkan apabila tidak mengganggu tumbuh-kembang Si Kecil dan tidak memerlukan penanganan khusus.

Kondisi bayi sering gumoh yang tergolong normal dapat dinilai dari beberapa hal berikut:

  • Bayi tetap tumbuh dan berkembang dengan baik.
  • Bayi tetap terlihat nyaman dan tidak rewel.
  • Sistem pernapasan bayi tetap berfungsi tanpa gangguan.

Hubungi segera dokter jika bayi mulai muntah menyembur keluar dari mulut dan banyak. Ini bisa menjadi tanda dari suatu kondisi yang disebut stenosis pilorus, di mana otot-otot di bagian bawah lambung menjadi menebal dan mencegah jalannya makanan dari lambung ke usus kecil. Biasanya hal ini diketahui pada bayi usia 1 bulan pertama.

Baca Juga: Penyebab Gumoh dan Cara Mengatasi Gumoh Pada Bayi
Baca Juga: Gejala yang Perlu Diwaspadai Saat Bayi Gumoh

Gumoh Bayi Muntah Setelah Diberi Asi

Temukan informasi dan tips seputar Gumoh Bayi Muntah Setelah Diberi Asi melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel terkait Gumoh Bayi Muntah Setelah Diberi Asi

  • Daftar Makanan Untuk Melancarkan Asi

    Daftar Makanan Untuk Melancarkan Asi

    Makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui akan mempengaruhi kualitas produksi ASI. Berikut Daftar Makanan yang dikenal dapat membantu untuk melancarkan...

  • Menu & Jadwal Pemberian Mp Asi Bayi Usia 9 12 Bulan

    Menu & Jadwal Pemberian Mp Asi Bayi Usia 9 12 Bulan

    Menu MP-ASI bayi usia 9-12 bulan bisa mengikuti menu dewasa namun rasanya disesuaikan dan cara karena indra pengecapnya semakin terlatih,...

  • Menu & Jadwal Pemberian Mp Asi Bayi Usia 6 9 Bulan

    Menu & Jadwal Pemberian Mp Asi Bayi Usia 6 9 Bulan

    MP-ASI hanya makanan pendamping, ASI harus tetap diberikan sampai usia 2 tahun. Berikut Penjelasan Menu dan jadwal pemberian MP-ASI untuk...

  • 5 Resep Bubur Bayi Usia 6 9 Bulan

    5 Resep Bubur Bayi Usia 6 9 Bulan

    Setelah sebelumnya membahas menu dan jadwal pemberian MP-ASI untuk si kecil, pada artikel kali ini dibahas resep bubur bayi homemade...

  • Tips Agar Asi Air Susu Ibu Keluar Banyak & Lancar

    Tips Agar Asi Air Susu Ibu Keluar Banyak & Lancar

    Tips Agar ASI (Air Susu Ibu) Keluar Banyak & Lancar, salah satunya dari makanan & perilaku ibu menyusui sehari-hari. Pastikan...

DMCA.com Protection Status