Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Gejala & Tanda Persalinan (Melahirkan Sudah Dekat)

Gejala & Tanda Persalinan (Melahirkan Sudah Dekat) | Tips Kesehatan

Akhirnya setelah sekian lama ibu mengandung, kini saatnya ibu mendapatkan hadiah yang paling berharga yaitu kelahiran sang jabang bayi. Nah sebelum masuk ke proses persalinan, ibu wajib mengetahui Gejala & Tanda Persalinan (Melahirkan Sudah Dekat), supaya ibu dapat mempersiapkan segalanya.

Pertanda Melahirkan Sudah Dekat (Persalinan Kehamilan) yang Wajib Ibu Hamil ketahui.

#1. Timbul rasa sakit atau panas pada pinggang

Disebabkan karena Otot-otot ligament ibu yang tertarik karena bayi semakin turun ke bagian bawah panggul ibu. Cara mengatasi rasa sakit atau panas pada pinggang adalah: Memijat atau mengusap bagian pingang ibu, meskipun sifatnya bukan menyembuhkan namun ibu akan merasa nyaman dan rasa sakit akan berkurang.

#2. Sulit untuk tidur

Mendekati persalinan ibu hamil akan merasakan sulit tidur dikarenakan pergerakan bayi yang semakin aktif, rasa sakit pada punggung dan perut terasa kencang, atau ibu merasa khawatir menngadapi persalinan. Banyak sekali penyebab lainnya.

Cara mengatasi Sulit tidur untuk ibu akan melahirkan adalah :

  • Usahakan untuk tidur siang
  • Buat minuman hangat supaya lebih relax
  • Temani ibu mengobrol, biasanya suka ngantuk

#3. Sering Buang air kecil

Frekuensi urinase yang semakin sering disebabkan oleh tekanan kepala bayi yag semakin masuk ke bagian bawah panggul ibu menekan kandung kemih.

Cara mengatasi sering Buang air kecil pada ibu melahirkan adalah: untuk mengatasinya mungkin akan sulit karena buang air kecil merupakan proses alamiah, namun ibu dapat mencegah sengan membatasi frekuensi minum ibu dan menghidari minumal manis terlalu banyak.

#4. Kontraksi palsu (Braxton hicks)

Kontraksi palsu atau Braxton hicks adalah terjadi pengencangan perut yang datang dan pergi. Namun pengencangannya tidak sekuat kontraksi sungguhan ketika melahirkan. Biasanya kontraksi ini berlangsung 30 hingga 120 detik. Braxton Hicks dapat hilang ketika Anda berpindah posisi atau relaks.

Kontraksi ini akan Anda rasakan sebelum mengalami kontraksi sungguhan. Perbedaan lainnya yaitu kontraksi Braxton Hicks hanya terasa di daerah perut atau panggul, sementara kontraksi sungguhan biasanya terasa di bagian bawah punggung kemudian berpindah ke bagian depan perut.

#5. Keluar lendir bercampur darah dari jalan lahir

Tanda selanjutnya adalah adanya lendir berwarna bening yang bercampur darah dari jalan lahir. Hal tersebut normal, ibu tidak usah khawatir jika mengalami hal seperti ini, berarti ibu semakin mendekati proses persalinan. Keluarnya lendir bercampur darah dari jalan lahir disebabkan oleh kepala bayi yang semakin turun ke jalan lahir ibu, sehingga serviks ibu meregang dan mengeluarkan darah.

#6. Jaringan pada serviks

Semakin mendekati persalinan, maka tubuh ibu mengalami banyak perubahan termasuk jaringan pada serviks ibu. Serviks ibu terjadi peregangan atau biasa disebut pembukaan dari pembukaan 1 sampai pembukaan lengkap. pembukaan jalan lahir tersebut berbeda-beda dari setiap ibu tergantung riwayat persalinan ibu sebelumnya.

Jika ibu hamil yang sebelumnya pernah bersalin disebut multipara,  biasanya akan melansungkan persalinan dengan rentang waktu yang cepat  karena sistem reproduksi ibu hamil yang sebelumnya perna meregang. Sedangkan jika ibu belum pernah melansungkan persalinan disebut primipara biasanya proses persalinan ibu terjadi agak lama.

#7. Pecah air ketuban

Pecah ketuban beberapa saat sebelum ibu memasuki proses persalinan merupakan hal yang wajar, namun pada beberapa kasus ditemukan bahwa selaput ketuban itu pecah sebelum waktunya ibu melairkan.

air ketuban normal berwarna jernih kadang bercampur darah, jika ditemukan air ketuban yang berwarna kuning atau hijau, ibu perlu waspada dan segera periksa sebab air ketuban keruh mengindikasikan kondisi janin dalam keadaan tidak normal, ibu perlu mendapatkan pertolongan segera sebelum terlalu lama dan mengakibatkan janin stress bahkan lebih menakutkan lagi dapat menimbulkan kematian janin.

Baca Juga: Tanda Persalinan/Melahirkan Sudah Dekat
Baca Juga: Persiapan Persalinan

Artikel terkait Gejala & Tanda Persalinan (Melahirkan Sudah Dekat)

  • Proses Persalinan (KALA I/1, II/2, III/3, IV/4)

    Proses Persalinan (KALA I/1, II/2, III/3, IV/4)

    Proses persalinan normal terdiri dari beberapa fase diantaranya kala 1 pembukaan, kala 2 persalinan (kelahiran bayi), kala 3 pengeluaran plasenta,...

  • Mekanisme Penurunan Kepala Saat Proses Melahirkan Normal

    Mekanisme Penurunan Kepala Saat Proses Melahirkan Normal

    Adapun gerakan-gerakan janin dalam proses persalinan yang biasa disebut dengan mekanisme penurunan kepala saat proses melahirkan normal, diantaranya: Penurunan kepala...

  • 5 Jenis Persalinan Menurut Usia Kehamilan

    5 Jenis Persalinan Menurut Usia Kehamilan

    Jenis Persalinan Menurut Usia atau Umur Kehamilan: Persalinan Abortus (Keguguran), Persalinan Imatur/ Immaturus, Persalinan ​Prematur (kurang bulan), Persalinan Matur/...

  • Penyebab Kenapa Terasa Nyeri Saat Melahirkan

    Penyebab Kenapa Terasa Nyeri Saat Melahirkan

    Agar mampu mengatasi rasa nyeri persalinan, ibu hamil perlu mengetahui faktor-faktor penyebab terasa nyeri saat melahirkan. Sebanyak 90% penyebab rasa...

  • HIS atau Kontraksi Persalinan

    HIS atau Kontraksi Persalinan

    Seperti apa rasanya His atau kontraksi persalinan? Berikut panduan untuk tahu jenis HIS kontraksi persalinan sejati atau kontraksi palsu (braxton...

Gejala & Tanda Persalinan (Melahirkan Sudah Dekat) by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Gejala & Tanda Persalinan (Melahirkan Sudah Dekat) via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status