Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Gejala dan Penyebab Osteoporosis

Gejala dan Penyebab Osteoporosis | Tips Kesehatan

Osteoporosis adalah suatu kondisi berkurangnya kepadatan tulang, sehingga tulang menjadi keropos dan lemah. Normalnya bagian dalam tulang memiliki lubang-lubang kecil (seperti sarang lebah). Sedangkan saat Anda terkena osteoporosis, pada lubang-lubang kecil di dalam tulang akan membesar yang menyebabkan tulang kehilangan kekuatan dan kepadatannya. Selain itu, tulang bagian luar tumbuh semakin lemah dan tipis.

Gejala Osteoporosis

Pada tahap awal pengeroposan tulang, kondisi ini biasanya tidak menunjukkan gejala apa pun. Akan tetapi, begitu pelemahan tulang terjadi Anda mungkin memiliki tanda dan gejala seperti:

  • Nyeri punggung, ini disebabkan oleh tulang belakang yang retak atau hancur
  • Kehilangan tinggi badan seiring waktu
  • Postur tubuh membungkuk
  • Kuku yang lemah dan rapuh

Penyebab Osteoporosis

Kondisi ini disebabkan oleh tulang yang kehilangan kepadatan kalsium dan mineral lainnya. Meski begitu, saat seseorang memasuki usia sekitar 35 tahun kepadatan tulangnya akan menurun secara alami.

Sedangkan seseorang yang mengalami kondisi ini, kepadatan tulangnya hilang lebih cepat dari seharusnya. Perlu diketahui juga, kesehatan tulang adalah kondisi yang bisa menurun dalam keluarga. Jika orang tua atau saudara pernah menderita kepadatan tulang yang rendah, Anda berisiko mengalaminya juga.

Kapan Waktu yang Tepat untuk ke Dokter?

Dalam banyak kasus, penderita tidak menyadari bahwa dirinya mengalami pengeroposan tulang sampai mengalami patah tulang. Konsultasi dengan dokter diperlukan jika Anda mengalami menopause dini, mengonsumsi kortikosteroid selama beberapa bulan, atau jika memiliki riwayat orang tua dengan kondisi ini.

Artikel terkait Gejala dan Penyebab Osteoporosis

Gejala dan Penyebab Osteoporosis by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Gejala dan Penyebab Osteoporosis via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status