Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Fakta Hubungan Perokok Dengan Kejadian Hipertensi

Fakta Hubungan Perokok Dengan Kejadian Hipertensi | Tips Kesehatan

Hipertensi merupakan bagian dari gangguan organ jantung yang disebabkan oleh perilaku individu yang kurang menjaga kesehatan. Menurut teori Blum mengatakan bahwa “tingkat kesehatan individu dipengaruhi oleh keempat faktor penyebab, diantaranya yaitu perilaku, kesehatan lingkungan, genetik serta pelayanan kesehatan”.

Dari keempat faktor yang mempengaruhi tingkat kesehatan individu ini ternyata juga dapat diaplikasikan dalam prognosis suatu penyakit hipertensi. Aplikasi dari keempat faktor tersebut jika dihubungkan dengan kejadian penyakit hipertensi adalah sebagai berikut:

A. dari segi Perilaku 

Status individu sebagai perokok aktif dapat mempengaruhi kesehatan organ jantungnya. Penyempitan pembuluh darah jantung akibat kandungan karsinogenik dari rokok ini dapat menyebabkan kerja otot jantung semakin cepat dari biasanya. Jika lama kelamaan tidak segera mendapat penanganan maka akan menyebabkan gangguan aliran darah dalam tubuh. Darah yang mengalir cepat menuju organ otak kemudian mengendap disana tentunya akan menyebabkan kelumpuhan atau stroke yang tentunya berakibat fatal sekali bagi produktivitas diri anda.

Selain faktor pengaruh dari perilaku individu terhadap status kesehatannya yang ditinjau dari segi perokok, ternyata mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi (protein hewani lebih utama daripada protein nabati), kebiasaan individu yang kurang berolahraga, kebiasaan individu yang suka mengonsumsi minuman keras atau pun terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda serta faktor perilaku lainnya. Untuk itu, jika anda memang benar-benar menginginkan tubuh yang sehat maka sebaiknya anda perlu melakukan tindakan preventif lebih dini sebelumnya serangan penyakit menyerang anda.

B. dari segi genetik

Penyakit hipertensi adalah gangguan klinis yang termasuk dalam penyakit tidak menular sehingga perkembangan penyakit ini hanya dapat didasarkan atas pengaruh faktor genetik. Menurut beberapa ilmuwan medis, kejadian penyakit hipertensi memang menjadi bagian dari pengaruh susunan gen dalam DNA nya. Oleh sebab itu penyakit hipertensi ini juga disebut sebagai penyakit herediter atau penyakit turunan.

C. dari segi lingkungan

Lingkungan menjadi bagian dari faktor eksternal individu yang mempengaruhi terjadinya gangguan penyakit hipertensi. Kondisi lingkungan yang mendukung peningkatan prevalensi penyakit hipertensi salah satunya yaitu adanya asap rokok dari para perokok aktif.

Anda yang berada disekitar perokok aktif ternyata juga berisiko terganggu dengan penyakit hipertensi ini meskipun anda bukan pelaku utamanya. Untuk itu, sebenarnya perlu adanya kawasan tanpa rokok yang memberikan kemudahan serta tempat sehat untuk orang lain atau para perokok pasif.

Dalam hal ini tentunya butuh kesadaran serta dukungan yang kuat terhadap para perokok aktif untuk bisa menempatkan dirinya sehingga tidak merugikan orang lain disekirtarnya apalagi para orang tersayang didekatnya.

D. dari segi layanan kesehatan

Stastus kesehatan individu tidak lepas kaitannya dengan penyedia layanan kesehatan. Ketersediaan layanan kesehatan serta akses layanan kesehatan yang terjangkau ini yang memungkinkan individu untuk memperoleh status kesehatan yang memadai. Pada intinya, ingin sehat? Jadilah para pengguna serta para pelaksana layanan kesehatan yang peka dan professional.

Namun, meskipun keempat faktor tersebut saling mendukung terjadinya penyakit hipertensi ternyata faktor dari segi perilakulah yang mempengaruhi paling kuat terhadap terjadinya kejadian penyakit hipertensi. Terutama para perokok aktif maupun perokok pasif yang memiliki intesitas tinggi untuk terpapar asap rokok ini. Untuk itu, anda yang memiliki kebiasaan perilaku diatas alangkah baiknya anda perlu membatasi perilaku tersebut agar terhindar dari bahaya gangguan penyakit hipertensi.

Artikel terkait Fakta Hubungan Perokok Dengan Kejadian Hipertensi

  • Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

    Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

    Apa saja manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan? di dalam madu terkandung fruktosa, glukosa, sukrosa, maltosa, air yang bermanfaat bagi...

  • Cara Mengatasi dan Mencegah Kaki Kram Saat Tidur

    Cara Mengatasi dan Mencegah Kaki Kram Saat Tidur

    Cara mengatasi kaki kram dengan meregangkan otot, melenturkan kaki, pegang jari-jari kaki dan tarik ke arah Anda. Berikut upaya pencegahan...

  • Perbedaan Gejala Asma dan Bronkitis

    Perbedaan Gejala Asma dan Bronkitis

    Meskipun memiliki beberapa gejala yang sama, namun batuk pada bronkhitis dan asma berbeda. Jika Anda mengalami bronkhitis, batuk akan menghasilkan...

  • Pengertian PAP SMEAR dan Frekuensi Pemeriksaan

    Pengertian PAP SMEAR dan Frekuensi Pemeriksaan

    Pap smear adalah Prosedur skrining yang dilakukan seorang wanita untuk test kehadiran sel-sel prakanker atau kanker pada serviks (leher rahim)....

  • Apa Itu Kanker Darah Limfoma?

    Apa Itu Kanker Darah Limfoma?

    Apa Itu Kanker Darah Limfoma? Limfoma merupakan kanker darah pada sistem limfatik. Kanker limfoma adalah kanker yang dimulai pada sel-sel...

Fakta Hubungan Perokok Dengan Kejadian Hipertensi by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Fakta Hubungan Perokok Dengan Kejadian Hipertensi via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status