Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Efek Samping Kehamilan Ektopik

Efek Samping Kehamilan Ektopik | Tips Kesehatan

Wanita yang pernah atau sedang mengalami hamil diluar kandungan (kehamilan ektopik) banyak yang khawatir dan takut jika kejadian buruk akan menimpa setelahnya. Mereka bertanya-tanya apa saja yang menjadi dampak atau efek samping dari kehamilan ektopik ini.

Berikut ini berbagai dampak yang akan terjadi jika mengalami kehamilan ektopik :

1. Masalah Kesuburan

Masalah kesuburan harus diwaspadai oleh wanita pasca mengalami kehamilan ektopik. Wanita yang pernah mengalami hamil ektopik akan kembali subur hanya sebanyak 60%, Namun sebanyak 10% akan mengalami masalah kesuburan.

Masalah kesuburan ini akan terjadi pada wanita yang mengalami dua kali kehamilan ektopik yang terlambat dideteksi sehingga menyebabkan kedua saluran tuba pecah, sehingga masalah kesuburan pun akan terjadi.

2. Trauma Kehamilan

Kehamilan ektopik ini hanya dapat bertahan sampai trimester pertama atau tiga bulan saja, setelah itu janin tidak akan bisa berkembang lagi.

Jika petugas medis tidak cepat bertindak terhadap kehamilan ektopik terganggu (KET) melebihi trimester pertama, hal itu bisa sangat membahayakan nyawa ibu karena terjadi perdarahan akibat saluran tuba pecah (jika penempelan terjadi pada saluran tuba). 

Sayangnya, dokter ahli kebidanan tidak bisa mendeteksi adanya kehamilan ektopik ini terutama dokter atau bidan yang tidak dilengkapi dengan USG.

Jika hal ini terjadi biasanya dokter UGD lah yang mengetahui bahwa ibu telah terkena kehamilan ektopik. Ibu yang tidak terdeteksi bahwa terkena kehamilan ektopik akan mengalami kondisi gawat darurat dan harus masuk ke UGD.

Artikel terkait Efek Samping Kehamilan Ektopik

  • Penatalaksanaan Kehamilan Ektopik Terganggu (KET)

    Penatalaksanaan Kehamilan Ektopik Terganggu (KET)

    Penatalaksanaan kehamilan ektopik terganggu (KET) tergantung pada lokasi kehamilan dan tampilan klinis. Perlu dibedakan antara kehamilan ektopik yang belum terganggu...

  • Makanan Penyubur Untuk Pria dan Wanita Agar Cepat Hamil

    Makanan Penyubur Untuk Pria dan Wanita Agar Cepat Hamil

    Makanan penyubur untuk pria dan wanita agar cepat hamil tauge atau kecambah? Iya Tauge, tumbuhan tauge sangat dipercaya dari ratusan...

  • Waspada Jenis Komplikasi Kehamilan

    Waspada Jenis Komplikasi Kehamilan

    Komplikasi kehamilan adalah gangguan kesehatan yang dialami ibu atau janin selama kehamilan, bisa timbul saat hamil atau dari sebelum hamil....

  • Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Bakso?

    Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Bakso?

    Bolehkah ibu hamil makan bakso? Mari simak selengkapnya di DuniaBidan.Com mengenai dampak negatif mengkonsumsi bakso bagi ibu hamil dan janin.

  • Penyebab dan Faktor Risiko Kehamilan Ektopik

    Penyebab dan Faktor Risiko Kehamilan Ektopik

    Siapa saja yang berisiko mengalami kehamilan ektopik (hamil diluar kandungan)? Cari tahu penyebab dan faktor risiko kehamilan ektopik pada artikel...

Efek Samping Kehamilan Ektopik by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Efek Samping Kehamilan Ektopik via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status