Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Efek Samping Kb Susuk Implant

  • 9K
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Efek Samping Kb Susuk Implant yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Susuk Implant KB merupakan alat kontrasepsi berupa tabung plastik kecil dan fleksibel seukuran korek api yang mengandung levonorgestrel berbentuk tabung dengan cara dimasukkan dibawah kulit lengan kiri atas bagian dalam. Dalam satu kali pemasangan implant KB bisa mencegah terjadinya kehamilan selama 3 sampai 5 tahun. Dibalik kelebihannya, KB susuk implant ternyata memiliki efek samping yang perlu diketahui dan diwaspadai.

Berikut efek samping KB susuk implant:

  • Setelah implant terpasang, terlihat menonjol di kulit sehingga kadang mengganggu penampilan jika menggunakan pakaian lengan pendek.
  • Beberapa saat setelah pemasangan menyebabkan rasa mual, muntah, sakit kepala dan perubahan mood.
  • Pada beberapa orang terjadi amenorea.
  • Perdarahan bercak (spotting)
  • Ekspulsi (Pelepasan kembali sendiri)
  • Menimbulkan bekas luka sayatan akibat pemasangan dan pelepasan alat kontrasepsi tersebut.
  • Menyebabkan komplikasi seperti riwayat kolesterol tinggi, penggumpalan darah, kanker payudara, penyakit jantung, penyakit kandung empedu dan siklus haid tidak teratur.
  • Terjadi efek pada sistem reproduksi namun jarang terjadi, sekitar 1 dari 10% pemakaian KB susuk implant.
  • Bertambahnya resiko kehamilan ektopik, namun tidak memiliki efek samping buruk pada bayi dalam kandungan maupun bayi yang sedang menyusui.

Penanganan efek samping KB susuk implant:

1. Penanganan efek Samping Implant KB Atau Susuk : Amenorea

Sebaiknya sebulum berniat memasang KB susuk implant, anda melakukan pengecekan apakah hamil atau tidak. Jika ditemukan kehamilan dan akan diteruskan proses kehamilanya maka implant harus dilepas agar tidak membahayakan pada bayi dalam kandungan. Jika pasien tidak cocok dengan implant KB maka angkatlah implant dan gantilah dengan menggunakan alat kontrasepsi lain.

2. Penanganan efek samping implant KB atau susuk : Pendarahan Bercak Ringan (Spoting)

Jika klien mengalami perdarahan bercak (spotting) dan ingin diteruskan memakai implant maka akan diberikan pil kombinasi siklus 3 x 800 mg untuk 5 hari. Setelah pil habis maka akan terjadi pendarahan.

Apabila pendarahan keluar banyak maka akan diberikan 2 pil untuk 7 hari dan dilanjutkan dengan siklus pil kombinasi etinilestradiol 50 mg ataupun estrogen equin 1,25 mg untuk 21 hari.

3. Efek Samping Implant KB Atau Susuk : Ekplusi (pelepasan sendiri)

  • Apabila terkena eksplusi periksalah apakah kapsul masih di tempat.
  • Jika sudah tidak ditemukan kapsul implant, anda bisa memasang kapsul baru pada tempat yang berbeda.
  • Apabila terkena infeksi pada area pemasangan saat ini, maka cabutlah semua kapsul dan pasang 1 kapsul pada lengan yang satunya. Atau pindah menggunakan alat kontrasepsi yang lain.

Itulah beberapa efek samping KB susuk implant, semoga dapat menjadi masukan untuk anda sebelum memutuskan untuk melakukan pemasangan implant KB. dan jangan lupa selalu konsultasikan kepada dokter atau Bidan terlatih.

Baca Juga: KB Susuk Implant, Cara Kerja dan Efektivitas
Baca Juga: Jenis KB Susuk Implant
Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan KB Susuk Implan
Baca Juga: Kontraindikasi, Syarat Pemasangan KB Susuk Implant

Efek Samping Kb Susuk Implant

Temukan informasi dan tips seputar Efek Samping Kb Susuk Implant melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel Terkait

DMCA.com Protection Status