Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Diagnosa Serta Penanganan Asma dan Bronkitis

Diagnosa Serta Penanganan Asma dan Bronkitis | Tips Kesehatan

Secara singkat, Asma dan Bronkitis sama-sama merupakan jenis penyakit yang menyebabkan infeksi atau peradangan pada saluran pernapasan. Berdasarkan penjelasan tentang gejala Asma dan Bronkitis, juga telah diketahui penyebab Asma dan Bronkitis,  jika gejala tersebut terus menerus terjadi, ada baiknya kamu langsung menghubungi dokter terkait untuk memeriksakan keadaan tubuh dengan detil.

Diagnosis Asma dan Bronkitis

Berikut adalah perbedaan diagnosis asma dan bronkitis:

Diagnosis Asma

Dokter akan bertanya pada Anda tentang gejala yang dialami. Anda akan diminta menjelaskan kapan gejala memburuk dan membaik. Selain itu, dokter juga akan bertanya tentang riwayat kesehatan Anda.

Setelah itu, dokter akan melakukan tes pernapasan untuk melihat kemungkinan asma. Jenis tes yang paling umum disebut dengan tes spirometri. Tes ini mengharuskan Anda meniup sensor yang dapat mengukur seberapa cepat dan keras Anda menghembuskan napas.

Pada penderita asma, kekuatan menghembuskan napas biasanya akan berkurang.

Jika Anda mengalami batuk yang hilang, namun kambuh kembali, dokter akan mempertimbangkan asma dibandingkan dengan bronkitis. Namun, Anda juga dapat sering mengalami batuk yang kambuh apabila mengalami bronkitis kronis dan bila Anda merokok.

Diagnosis Bronkitis

Dokter akan memulai diagnosis bronkitis dengan cara sebagai berikut ini:

  • Melihat riwayat medis secara keseluruhan
  • Mendengarkan paru-paru
  • Melihat gejala yang dialami
  • Dokter juga kemungkinan akan memesan rontgen dada untuk memastikan gejala tidak berhubungan dengan pneumonia. Jika gejala tidak membaik dalam waktu 1 atau 2 minggu, dokter mungkin akan menyarankan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk mendeteksi asma.

Cara Mengatasi Asma dan Bronkitis

Apabila bronkitis disebabkan oleh virus, dokter akan menyarankan Anda untuk istirahat, minum banyak cairan, dan meresepkan pereda nyeri untuk meringankan gejala. Bronkitis kronis dan asma memiliki penanganan yang sama. Tujuan dari perawatannya adalah untuk membuka saluran udara dan membantu bernapas lebih mudah. Obat yang sama dapat digunakan untuk mengobati asma dan bronkitis.

Bronkodilator adalah sejenis obat yang melemaskan otot di sekitar saluran udara agar terbuka dan memudahkan pernapasan. Obat jenis ini juga membantu mengurangi lendir yang diproduksi paru-paru. Bronkodilator biasanya tersedia dalam bentuk inhaler. Bronkodilator jangka pendek bekerja dalam beberapa menit untuk dapat meredakan batuk dan sesak napas.

Contoh bronkodilator jangka pendek adalah seperti:

  • Albuterol
  • Levalbuterol
  • Ipratropium

Bronkodilator kerja panjang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bereaksi. Namun, efek dari obat ini biasanya dapat bertahan hingga beberapa jam. Obat ini biasanya harus dikonsumsi setiap hari.

Contoh bronkodilator kerja panjang adalah seperti:

  • Formoterol
  • Salmeterol
  • Tiotropium

Itu dia persamaan dan perbedaan asma dan bronkitis yang perlu diketahui. Jika Anda mengalami gejala yang mengindikasikan kedua gejala ini, segera konsultasikan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga informasi ini bermanfaat!

Artikel terkait Diagnosa Serta Penanganan Asma dan Bronkitis

  • Perbedaan Gejala Asma dan Bronkitis

    Perbedaan Gejala Asma dan Bronkitis

    Meskipun memiliki beberapa gejala yang sama, namun batuk pada bronkhitis dan asma berbeda. Jika Anda mengalami bronkhitis, batuk akan menghasilkan...

  • Cara Mengatasi dan Mencegah Kaki Kram Saat Tidur

    Cara Mengatasi dan Mencegah Kaki Kram Saat Tidur

    Cara mengatasi kaki kram dengan meregangkan otot, melenturkan kaki, pegang jari-jari kaki dan tarik ke arah Anda. Berikut upaya pencegahan...

  • Tips Lancar Puasa Bagi Penderita Maag

    Tips Lancar Puasa Bagi Penderita Maag

    Penyakit Maag adalah penyakit yang menyerang lambung dikarenakan kelebihan asam pada lambung sehingga terjadi luka iritasi atau peradangan pada lambung....

  • Kandungan Gizi Paprika Bermanfaat Untuk Kesehatan

    Kandungan Gizi Paprika Bermanfaat Untuk Kesehatan

    Kandungan gizi paprika bermanfaat untuk kesehatan, buah paprika mengandung banyak antioksidan dan vitamin C (150 – 250 mg/100 g) juga...

  • Gejala dan Penyebab Osteoporosis

    Gejala dan Penyebab Osteoporosis

    Osteoporosis adalah suatu kondisi berkurangnya kepadatan tulang, sehingga tulang menjadi keropos dan lemah. Gejala Osteoporosis : Nyeri Punggung, tubuh membungkuk,...

Diagnosa Serta Penanganan Asma dan Bronkitis by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Diagnosa Serta Penanganan Asma dan Bronkitis via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status