Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Ciri Vaksin Rusak Palsu Kadaluarsa

  • 1K
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Ciri Vaksin Rusak Palsu Kadaluarsa yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Jenis penyakit menular yang saat ini menjadi program imunisasi adalah TBC, difteri, pertusis, polio, campak, tetanus dan hepatitis B.

Masa Kadaluarsa Vaksin atau Expiration Date Vaccine adalah satu waktu yang ditentukan oleh pabrik pembuat vasin tersebut yang menentukan bahwa vaksin tersebut sejak tanggal dibuat maka harus dipergunakan dalam tenggang waktu tertentu, biasaanya antara 1 tahun hingga yang paling lama yaitu 3 tahun kemudian, ini tergantung jenis vaksinnya apakah vaksin hidup yang lebih singkat waktu kadaluarsanya atau vaksin mati yang biasanya akan lebih panjang masa kadaluarsanya.

Ciri ciri Vaksin wajib (hepatitis, BCG dan campak) palsu, Pediacel dan Tripacel

  1. Vaksin Palsu kemasannya tidak sesempurna aslinya.
  2. Nomor batch dan expired date tidak jelas dan kabur.
  3. Vaksin Pediacel DPaT HiB palsu tampak tutup botol vial vaksin warna biru lebih pudar. Kotak kemasan  putih lebih buram atau lebih tidak cerah. Tulisan dalam kemasan lebih kabur. Pada leaflet atau brosur keterangan obat lambang vaksin lebih gelap dan tidak halus.
  4. Harganya yang tertulis di kemasan tidak sesuai dengan harga yang dikeluarkan distributor resmiPerbedaan harga dari yang asli bisa mencapai 200 – 400 ribu rupiah.

Bagaimana cara membaca Masa Kadaluarsa Vaksin atau Expiration Date Vacciine ?

  • Bila pada kemasan vaksin hanya tercantum bulan dan tahun saja, misalnya 10-2018, ini berarti bahwa vaksin ini layak dan baik dipergunakan hingga AKHIR OKTOBER 2018, yakni hingga 31 Oktober 2018.
  • Bila pada kemasan vaksin tercantum tangggal-bulan-tahun, misalnya 25-July-2018, ini berarti bahwa vaksin ini jangan dipergunakan lagi pada tanggal 26 July 2018.
  • Bila vaksin yang dipergunakan adalah vaksin kombinasi, misalnya kombinasi antara vaaksin DTP dan vaksin Hib, yang masing-masing mempunyai masa kadaluarsa yang berbeda, misalnya untuk vaksin DTP masa kadaluarsanya adalah 17 November 2018, yang akan digabung menjadi vaksin kombinasi dengan vaksin Hib yang mempunyai masa kadaluarsa 05 Agustus 2018, dalam hal ini, maka masa kadaluarsa yang harus kita pakai adalah yang terpendek yang terdapat pada vaksin Hib, yaitu 05 Agustus 2018.

Semua vaksin yang telah dibuka, atau yang telah disiapkan dalam jarum suntik, harus segera digunakan, tidak dianjurkan untuk disimpan dalam lemari pendingin untuk dipakai pada kesempatan berikutnya.

Ciri Vaksin Rusak Palsu Kadaluarsa

Temukan informasi dan tips seputar Ciri Vaksin Rusak Palsu Kadaluarsa melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel Terkait

  • Apa Itu Posyandu

    Apa Itu Posyandu

    Apa itu posyandu? Posyandu merupakan singkatan dari Pos pelayanan terpadu, biasanya 1 RW memiliki 1 Posyandu, petugasnya terdiri dari 5...

  • Tips Menggunakan Obat Yang Tepat Baik Dan Benar

    Tips Menggunakan Obat Yang Tepat Baik Dan Benar

    Gunakan obat dengan bijak, perhatikan tips menggunakan obat yang tepat, baik dan benar berikut ini

  • Pengertian Gejala Dan Penyebab Menopause

    Pengertian Gejala Dan Penyebab Menopause

    Pengertian menopause adalah suatu fase pada siklus wanita yakni dengan berhenti mendapatkan menstruasi akibat penurunan hormon juga usia. Ketahui juga...

  • Cara Cuci Tangan 7 Langkah Yang Baik & Benar

    Cara Cuci Tangan 7 Langkah Yang Baik & Benar

    Mencuci tangan dengan cepat kemungkinan akan ada bagian yang terlewat. Cuci tangan dilakukan kurang lebih 45 detik saja namun efektif...

  • Hasil Pap Smear Normal Dan Tidak Normal

    Hasil Pap Smear Normal Dan Tidak Normal

    Artikel ini akan membahas mengenai hasil pemeriksaan Pap Smear (Pap Test). Ada dua kemungkinan hasil dari Pap smear yaitu normal...

DMCA.com Protection Status