Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Ciri Anak Mengalami Alergi Susu Sapi

Ciri Anak Mengalami Alergi Susu Sapi | Tips Kesehatan

Alergi susu sapi adalah suatu reaksi alergi yang tidak diinginkan yang diperantarai secara imunologis terhadap protein susu sapi. Pada umumnya, anak di bawah usia enam bulan yang mengalami jenis alergi ini. Ciri-ciri alergi susu sapi pada anak yaitu muntah, diare, atau timbul bintik merah.

Jika si kecil mengalami ini, maka perlu waspada dan segera konsultasikan ke dokter anak. Penting untuk mengetahui ciri-ciri anak mengalami alergi susu sapi, untuk deteksi dini gejala supaya tidak timbul hal yang tidak diinginkan, jadi moms dapat menghentikan pemberian susu sapi kepada anak jika anak menunjukan gejala alergi susu sapi. Simak Penjelasanya berikut ini:

Ciri Anak Mengalami Alergi Susu Sapi

Gejalanya yang timbul pada anak berbeda -beda, biasanya bisa muncul dalam hitungan menit, hitungan jam, adapun timbul gejala alergi setelah beberapa hari mengkonsumsi susu sapi atau olahannya. Gejala atau ciri alergi susu sapi pada anak umumnya terdiri dari:

1. Ruam pada Kulit, Sekitar 70% bayi dengan alergi protein susu sapi mengalami ruam atau bintik merah pada wajah, namun bisa juga muncul di area tubuh lain. Kondisi ini membuat bayi atau anak menjadi sangat tidak nyaman, sehingga si kecil akan menggaruk tanpa henti.

2. Gatal di Area Wajah, Beberapa anak akan merasakan gatal dan kesemutan di area sekitar bibir atau mulut. Selain akan menggaruk biasanya bayi akan menjadi lebih rewel daripada biasanya.

3. Pembengkakan di Area Wajah, Pada umumnya terjadi pembengkakan pada bibir, lidah, atau tenggorokan. Pembengkakan ini bisa terjadi di salah satu atau beberapa bagian wajah.

4. Batuk Terus-menerus, Perlu diketahui bahwa batuk terus-menerus pada bayi di bahwa usia 3 bulan menandakan kondisi tertentu dan salah satunya adalah alergi susu sapi.

5. Mengi (Napas Berbunyi), Penyebab mengi adalah adanya reaksi alergi pada saluran pernapasan bayi. Kondisi ini menghasilkan banyak lendir pada gangguan pernapasan, sehingga menyebabkan gangguan napas.

6. Muntah, Muntah pada bayi sering dikaitkan dengan kondisi alergi. Alasannya yaitu karena hampir 50% bayi dengan yang sering muntah dapat didiagnosis memiliki kondisi alergi protein susu sapi.

7. Perut kembung, Sebenarnya semua bayi bisa mengalami kembung, namun jika diiringi dengan gejala lain, maka bisa memandakan alergi terhadap susu sapi. Kondisi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan, sendawa, atau kentut

8. Diare, Pada beberapa kasus, anak yang alergi protein susu sapi akan mengalami buang air besar terus-menerus atau diare. Jika kondisinya cukup parah, maka kotoran mungkin mengandung darah. Jangan tunggu sampai hal tersebut terjadi moms, segera periksa ke dokter jika anak mengalami diare yang terus menerus.

9. Kolik, Apabila bayi menangis terus-menerus setelah mengonsumsi protein susu sapi selama lebih dari 3 jam dalam kurun waktu 3 hari, kemungkinan bayi mengalami kolik, maka perlu periksa ke dokter.

Apakah anak Anda memiliki salah satu indikasi alergi yang ada di atas?

Anak bisa mengalami salah satu atau beberapa dari gejala-gejala tersebut. Perlu melakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui apakah anak mengalami alergi atau tidak. Tidak jarang timbul reaksi alergi yang parah secara tiba-tiba. Apabila timbul reaksi alergi yang parah, segera periksakan anak ke dokter untuk mendapatkan tindakan medis lanjutan.

Artikel terkait Ciri Anak Mengalami Alergi Susu Sapi

  • Faktor Penyebab ASI Sedikit

    Faktor Penyebab ASI Sedikit

    Untuk mengatasi kekeringan ASI, payudara harus dipompa setiap hari untuk mengaktifkan kelenjar susu. Manajemen ASI yang buruk mengakibatkan sedikitnya pasokan...

  • Menu & Jadwal Pemberian MP-ASI Bayi Usia 6-9 Bulan

    Menu & Jadwal Pemberian MP-ASI Bayi Usia 6-9 Bulan

    MP-ASI hanya makanan pendamping, ASI harus tetap diberikan sampai usia 2 tahun. Berikut Penjelasan Menu dan jadwal pemberian MP-ASI untuk...

  • Tips Agar ASI (Air Susu Ibu) Keluar Banyak & Lancar

    Tips Agar ASI (Air Susu Ibu) Keluar Banyak & Lancar

    Tips Agar ASI (Air Susu Ibu) Keluar Banyak & Lancar, salah satunya dari makanan & perilaku ibu menyusui sehari-hari. Pastikan...

  • Kapan Memberikan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI)

    Kapan Memberikan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI)

    Makanan pendamping ASI atau MP-ASI merupakan makanan tambahan dari berbagai jenis makanan yang diberikan kepada bayi mulai umur 6-24 bulan,...

  • Menu & Jadwal Pemberian MP-ASI Bayi Usia 9-12 Bulan

    Menu & Jadwal Pemberian MP-ASI Bayi Usia 9-12 Bulan

    Menu MP-ASI bayi usia 9-12 bulan bisa mengikuti menu dewasa namun rasanya disesuaikan dan cara karena indra pengecapnya semakin terlatih,...

Ciri Anak Mengalami Alergi Susu Sapi by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Ciri Anak Mengalami Alergi Susu Sapi via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status