Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Cara Mengukur Suhu Tubuh Bayi Dengan Termometer

  • 105
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Cara Mengukur Suhu Tubuh Bayi Dengan Termometer yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Ibu baru mungkin bertanya-tanya, berapa suhu normal bayi? Timbul banyak kekhawatiran ketika sikecil mulai panas, namun Anda tidak perlu panik. Mari kita pelajari bersama, semoga dapat menambah wawasan bagi Ibu baru khusunya.

Suhu badan normal bayi adalah sekitar 36,5 hingga 37 derajat Celcius. Seorang anak dikatakan memiliki suhu yang tinggi saat suhu tubuhnya menunjukkan angka 38 derajat Celcius atau lebih. Selain berpatokan pada suhu, tanda bahwa suhu tinggi terjadi pada bayi adalah:

  • Dahi, punggung, atau perut terasa lebih panas dari biasanya
  • Mengeluarkan keringat berlebih
  • Pipi memerah

Anda dapat mengukur suhu tubuh anak dengan menggunakan termometer. Cara ini dapat membantu orang tua untuk mempertimbangkan perlu tidaknya mengambil tindakan medis.

Perlu diketahui juga bahwa suhu yang tinggi pada tubuh bayi adalah respons alami tubuh untuk melawan infeksi seperti batuk dan pilek, juga dapat disebabkan oleh cacar air, radang amandel, hingga vaksinasi.

Cara Mengukur Suhu Normal Bayi

Sebelum menggunakan termometer untuk mengukur suhu tubuh normal bayi, cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan menyentuh dahi, pipi, perut, dan punggung. Namun, untuk mengetahui suhu secara pasti Anda memerlukan termometer. Berikut adalah beberapa cara mengukur suhu menggunakan termometer yang harus dipahami, di antaranya:

Mengukur Suhu dari Dahi

Termometer arteri temporal atau termometer dahi dapat memberikan hasil yang cepat dibanding perangkat lainnya. Namun, termometer ini memiliki harga yang paling mahal dibanding dengan lainnya.

Mengukur Suhu dari Ketiak

Saat Anda meletakkan termometer di bawah ketiak anak, pastikan termometer menyentuh kulit sepenuhnya. Saat perangkat sedang membaca suhu, Anda bisa memeluk anak sambil mempertahankan posisi termometer tetap di tempatnya.

Mengukur Suhu dari Mulut

Letakkan ujung termometer di bawah lidah anak ke arah belakang dan minta anak untuk menutup mulutnya. Lepaskan termometer ketika menandakan bahwa pengukuran suhu sudah selesai. Jika anak makan atau minum sebelum pengukuran, tunggu 15 menit sebelum dilakukan pengecekan.

Mengukur Suhu dari Telinga

Tempatkan termometer dengan lembut di telinga anak. Ikuti petunjuk penggunaan untuk memastikan Anda memasukkan termometer ke jarak yang tepat di saluran telinga. Pegang termometer sampai memberi sinyal bahwa pengukuran suhu sudah selesai.

Mengukur Suhu dari Dubur

Nyalakan termometer digital dan lumasi ujung termometer dengan petroleum jelly. Baringkan anak, kemudian angkat pahanya, dan masukkan termometer (1 hingga 2,5 cm) ke dalam dubur. Jika cara ini sulit dilakukan, Anda bisa mencoba cara lain yaitu memangkunya kemudian menempatkan termometer pada duburnya. Pegang termometer di tempatnya sampai termometer memberi tanda bahwa pengukuran suhu sudah selesai.

Penting untuk diketahui, sebelum dan sesudah mengukur suhu normal bayi, pastikan termometer dalam keadaan bersih. Bersihkan dengan lap yang mengandung alkohol. Hal ini bertujuan agar termometer bersih dari kuman dan tidak menyebarkan penyakit.

Jika bayi Anda berusia di bawah 3 bulan dan mengalami demam, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter, walaupun kondisinya tidak menunjukkan tanda-tanda sakit.

Cara Mengukur Suhu Tubuh Bayi Dengan Termometer

Temukan informasi dan tips seputar Cara Mengukur Suhu Tubuh Bayi Dengan Termometer melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel Terkait

DMCA.com Protection Status